Kiki Challenge: Tantangan Viral di Media Sosial
Uncategorized

Kiki Challenge: Tantangan Viral di Media Sosial

Aug 01, 2018 No Comment

Kiki Challenge belakangan ini menjadi fenomena yang mengundang media untuk membahasnya, baik di televisi mau pun di media sosial. Kamu pasti pernah menonton aksi – aksi netizen yang mencoba melakukan Kiki Challenge di media sosial Instagram atau Youtube. PP People tau gak sih? Sebenarnya tagar atau hashtag Kiki Challenge bukanlah hashtag asli challenge ini.

Banyak orang yang menamakan challenge ini dengan nama Kiki Challenge karena pada lirik lagu yang dibawakan oleh penyanyi asal Kanada yakni Drake itu terdengar kata “Kiki do you love me…”. Sebetulnya hashtag untuk challenge yang dilakukan dengan joget dan direkam dari dalam mobil yang berjalan tersebut dinamai #InMyFeelingsChallenge sesuai dengan judul lagu yang dinyanyikan oleh Drake, yang berjudul In My Feelings.

In My Feelings – Drake

Sebenarnya #KikiChallenge atau #InMyFeelingsChallenge itu apa sih PP People? Tantangan Kiki sendiri sama seperti tantangan viral lainnya yang ada di media sosial, terutama di Instagram. Kiki Challenge merupakan sebuah tantangan untuk seorang yang sedang duduk menjadi penumpang di dalam mobil dengan kecepatan yang relatif lambat, lalu orang yang memegang kemudi merekam orang yang menjadi penumpang di sebelahnya keluar pintu dan berjoget mengikuti lagu dari rapper yang lahir pada 24 Oktober 1986. Jika melihat tantangan ini dari sisi kreativitas, tantangan ini unik karena menunjukan kreativitas dari netizen karena banyak yang berpartisipasi dengan banyak ragam dan setiap netizen memiliki konsep yang berbeda – beda.

Sumber: Dingo Youtube Channel

PP People apakah masih ingat dengan salah satu challenge yang viral tahun 2017 lalu? Yup,  Mannequin Challenge merupakan salah satu tantangan yang viral pada tahun lalu. Tantangan tersebut telah dilakukan hampir 144 juta pengguna Instagram yang diunggah di Instagram Story dan Feed pada akun masing – masing. Konsep dari Mannequin Challenge dengan In My Feelings Challenge hampir sama, yaitu dengan mengkombinasikan antara lagu dengan gerakan. Perbedaanya adalah Mannequin Challenge tidak menggunakan gerakan joget, namun hanya beberapa orang yang terdiam bagaikan patung direkam dengan pergerakan kamera yang menyorot masing – masing orang yang terdiam dengan berbagai macam posisi. Kreatif sekali bukan? Satu kata yang mungkin bisa menggambarkan para pencetus challenge tersebut pas sekali dengan kata kreatif. Tapi tahu kah kamu siapa yang pertama kali mencetuskan tagar atau hashtag #InMyFellingsChallenge?

Pencetus #InMyFeelingsChallenge Adalah Komedian Asal Amerika Serikat

Bermula dari unggahan di Instagram dari akun @theshiggyshow pada 29 Juni 2018 lalu, unggahan tersebut berubah seketika menjadi semacam wabah yang mendominasi salah satu bagian pada Instagram yaitu Explore. Konsep pertama yang dilakukan oleh komedian tersebut sangat berbeda dengan konsep unggahan Kiki Challenge yang kamu lihat sekarang ini. @theshiggyshow melakukan #InMyFeelingsChallenge tanpa menggunakan mobil atau bahkan turun dari mobil saat mobil sedang berjalan. Shiggy hanya berjoget di ruang terbuka dan terlihat seperti di jalanan yang sepi saat malam hari dengan menggunakan lagu yang merupakan bagian dari album Scorpion.

#Mood : KEKE Do You Love Me ? 😂😂😂 @champagnepapi #DoTheShiggy #InMyFeelings

A post shared by Shoker🃏 (@theshiggyshow) on

Sumber: Instagram @theshiggyshow

Menurut PP People, lebih baik challenge dengan konsep yang sekarang viral atau seperti yang dilakukan oleh Shiggy? Konsep yang selama ini viral di media sosial tersebut sebenarnya merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan netizen agar bisa memancing lebih banyak perhatian dan likes serta comment.

Awalnya Shiggy melakukan Kiki Challenge untuk memperkenalkan gaya tarian “shiggy” yang seperti mengendarai mobil namun tidak ada mobil yang sesungguhnya. Lalu ide kreatifnya muncul untuk berimprovisasi merubah tariannya untuk lebih memaknai dari lirik lagu Drake tersebut. Seperti saat liriknya berbunyi “Kiki, do you love me … “ Shiggy melakukan gerakan seperti membentuk hati dengan kedua tangannya di dada. Dengan komposisi seperti itu, netizen merasa terhibur dengan gerakan yang dilakukan oleh komedian asal Amerika Serikat tersebut. Ritme dan ketukan pada lagu In My Feelings juga sangat menyenangkan dan mudah diingat, sehingga menambah kekuatan komposisi tantangan ini dan menjadi ajang tantangan baru yang bisa dilakukan netizen khusunya generasi milenial.

#InMyFeelingsChallenge di Kalangan Selebritis Dunia

Kiki Challenge ternyata juga menarik perhatian banyak selebritis terkenal dunia. Banyak dari mereka yang mengikuti tren tantangan ini dengan turut serta membuat video dengan gaya mereka masing – masing dan mengunggahnya di media sosial. Salah satu selebritis dunia yang turut mengikuti tantangan ini adalah aktor film action yang juga jago menari, yaitu Will Smith. Di akun pribadinya, dia mengunggah satu video yang menunjukkan dirinya sedang menaiki salah satu bangunnan tinggi di Budapest, lalu menari dengan diiringi lagu In My Feelings. Konsepnya yang “out of the box” membuat netizen tertarik untuk menonton hasil karyanya dan memberikan banyak likes dan komentar di akun Instagramnya.

Untuk merekam aksinya, Will Smith menggunakan kamera mirorless yang biasa dipakai untuk video blogging atau yang dikenal dengan istilah Vlog, dan dua kamera drone yang mendukung Will Smith untuk mengambil gambar dari udara. Transisinya sangat halus untuk sebuah video tantangan di Instagram. Pemilihan tempat yang tidak biasa oleh Will Smith membuat daya tarik tersendiri untuk video tantangannya. Kemampuan editing yang terlihat dari hasil pada video ini juga bisa memanjakan mata saat melihatnya.

Sumber: Instagram @willsmith

Sampai artikel ini ditulis, sudah ada hampir 240.000 pengguna Instagram yang mengunggah video dengan hashtag #KikiChallenge atau #InMyFeelingsChallenge. Ditambah juga dengan akun – akun terkenal yang memiliki pengikut segudang dan melakukan re-post, sehingga menjadikan tantangan ini semakin akrab di telinga masyarakat. PP People tau gak sih seberapa besar antusias masyarakat Indonesia untuk #KikiChallenge atau #InMyFeelingsChallenge ini?

Kiki Challenge di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge ini sudah banyak sekali yang melakukannya, mulai dari anak – anak yang duduk di sekolah dasar, remaja, hingga dewasa serta dengan konsep yang bervariasi juga. Namun, konsep yang paling banyak banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia adalah konsep turun dari mobil ketika mobil sedang berjalan lalu menari seiring mobil melaju dengan lambat. Tantangan seperti Kiki Challenge sendiri sebetulnya memiliki nilai keunikan dan kreativitas tersendiri, namun disisi lain masalah keselamatan juga menjadi perhatian dari banyak pihak.

Banyak cerita atau video Kiki Challenge dengan konsep yang viral sekarang, berbuah menjadi kecelakaan yang membahayakan pelaku dari tantangan tersebut. Tidak hanya di luar negeri, kecelakaan ini juga terjadi di Indonesia. Kecelakaan akibat tantangan ini menarik perhatian Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal. Dikutip dari Tirto, Iqbal menyatakan, bahwa melakukan adegan turun dari mobil saat mobil masih melaju merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan dilarang oleh hukum lalu lintas. Hal ini tertera pada UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), jika melakukan tantangan tersebut sambil berkendara bisa dikenakan Pasal 283 Pasal 106 ayat 1 UU 22/2009 dengan denda maksimal Rp750.000,- atau kurungan maksimal selama tiga bulan.

Kecelakaan yang terjadi di berbagai belahan dunia ketika melakukan Kiki Challenge menjadi peringatan untuk kamu yang ingin mencoba melakukan #KikiChallenge atau #InMyFeelingsChallenge. Tetap utamakan aspek keselamatan ya PP People sebelum akhirnya menentukan konsep video tantangannya. Tidak hanya beresiko kecelakaan, tapi juga berisiko mendapatkan sanksi kurungan penjara selama 3 bulan loh!

Agar hidup kamu bisa menjadi eksis dengan mengikuti semua tren yang viral di media sosial, berikan perlindungan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. PP People bisa pilih asuransi yang sesuai hanya di PasarPolis.

 

 

Written by: Harold Jeremy
Edited by: Aliya Sofia

You Might Also Like

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Film Venom