Asuransi Asuransi Indonesia

Sejarah Asuransi di Indonesia

Jul 06, 2018 No Comment
sejarah asuransi
Sejarah Asuransi

Di Indonesia, Mendengar kata asuransi mungkin bagi sebagian orang tidaklah asing terdengar. Belum lagi paparan iklan, ajakan teman untuk bergabung dalam sebuah asuransi semakin membuat kata asuransi terngiang di kepala. Lalu bagaimana sebenarnya sejarah asuransi hingga masuk ke Indonesia?

Berikut adalah sejarah  asuransi, mulai dari ditemukan sampai perkembangannya di Indonesia.

Sejarah asuransi berawal dari kota Roma. Pada masa pemerintahan raja Alexander Agung, muncul sebuah gagasan ditengah masyarakat yakni “Patungan”. Sebuah sistem yang digunakan sangatlah sederhana, dengan tujuan membantu keluarga atau kelompok masyarakat tertentu yang sedang mengalami kemalangan atau kesusahan.

Di Indonesia, Belanda mengambil peran sebagai pelopor yang memperkenalkan sistem asuransi. Inisiatif ini dikerucutkan kepada perlindungan aktifitas di sektor perkebunan dan perdagangan. Didasari oleh keunggulan Indonesia pada masa itu dengan komoditas alamnya yang berlimpah seperti Kelapa sawit, rempah-rempah, tembakau dan sebagainya. Belanda melihat satu peluang yang bisa digunakan dalam memaksimalkan eksploitasi hasil panen, jaminan resiko hingga pengiriman sampai ke negara mereka. Mereka menamakan program ini sebagai Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij di tahun 1843. Ruang lingkup yang dilindungi adalah segala resiko yang diakibatkan oleh kebakaran dan risiko pengangkutan komoditas. Setelah program pertama ini, sepuluh tahun kemudian Belanda mengembangkan gagasan ini menjadi perusahaan asuransi lain bernama N.V Assurantie Mij Nederlansche Lloyd dan Assurantie Mij Langeyeld Schroeder juga Assurantie Mij Blom van der Aa.

Proses perkembangan dan perubahan dari sejarah asuransi terus berjalan, N.V Assurantie Mij Nederlansche Lloyd kemudian membuka anak cabang yang berfokus menanggung resiko akibat kebakaran pada tanggal 1 September 1916. Anak perusahaan asuransi tersebut bernama Indische Lloyd yang sampai sekarang namanya masih bisa kita dengar yaitu PT. Lloyd Indonesia. Itulah cikal bakal asuransi kebakaran pertama di Indonesia.

Setelah masa penjajahan Jepang, perekonomian Indonesia semakin terpuruk dan berdampak pada perusahaan-perusahaan yang didirikan di masa kolonialisme Belanda. Banyak perusahaan yang akhirnya harus menelan pil pahit menerima kenyataan bahwa mereka harus gulung tikar. Singkatnya, hanya ada satu perusahaan asuransi yang masih bertahan dan selamat dari krisis besar pada masa itu. Perusahaan ini bernama O.L Mij Boemi Poetera. Saat Jepang menjajah Indonesia, mereka tidak menyenangi hal-hal yang masih bernuansa Belanda, akhirnya perusahaan tersebut merubah namanya menjadi Perseroan Tanggoeng Djiwa Boemi Poetera (PTD Boemi Poetera). Inilah perusahaan yang  saat ini kita kenal dengan Perusahaan Asuransi Bumi Putera, perusahaan ini memiliki reputasi bagus sehingga banyak orang yang memilihnya sebagai perusahaan asuransi pilihan hingga sekarang. Manfaat asuransi saat itu hanya bisa dirasakan oleh bangsa Eropa saja, sedangkan penduduk lokal Indonesia tidak bisa mendapatkan manfaatnya.

Selain asuransi kerugian (asuransi perdagangan dan kebarakan) pada masa penjajahan juga sudah didirikan asuransi jiwa. Yang pertama kali menjalankan adalah perusahaan Nederlansche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij (NILMIJ) pada tahun 1859.

Bersamaan dengan menguatnya kesadaran nasional bangsa Indonesia yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908, maka di Indonesia bermunculan perusahaan-perusahaan asuransi karya anak bangsa seperti:

O.L Mij Boemi Poetra (1912) yang sekarang terkenal dengan nama Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera. O.L Mij Boemi Poetra diprakarsai oleh R.W. Dwidjosewajo bersama kedua temannya M. Karto Hadi Soebroto dan M. Adimidjojo.

De Bataviasche Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij

  1. Indonesia

De Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij Djawa

Perusahaan-perusahaan asuransi tersebut didirikan atas semangat gotong-royong dan jiwa saling tolong-menolong antar anak bangsa. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan tersebut didirikan dalam bentuk onderling atau perusahaan bersama.

 

Asuransi Modern di Indonesia

 

Mengutip Wikipedia “ Asuransi menjadi topik paling dibicarakan di era 1980-an “ ini adalah titik awal banyak perusahaan yang akhirnya berani kembali untuk membangun pasarnya di Indonesia. Beberapa diantaranya yang masih eksis sampai sekarang adalah AIA Financial, Allianz, CIGNA, Avrist AXA Mandiri, Asuransi Sinar Mas, dan Prudential. Asuransi-asuransi tersebut sudah tidak lagi berfokus pada satu perlindungan melainkan banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan.

Pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2014, pemerintah membuktikan kinerjanya dalam melayani masyarakat khususnya di bidang proteksi jiwa dengan mendirikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang produknya saat ini menjadi produk asuransi unggulan di Indonesia yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS saat ini menggantikan fungsi Askes dan Jamsostek yang berlaku pada periode sebelumnya.

 

Asuransi Melalui Media Digital

 

Perkembangan dunia digital sangat pesat sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat modern saat ini. Segala sesuatu kini dalam genggaman yang membuat hidup lebih mudah dan tanpa batas, informasi bergerak dan menyebar sangat cepat. Ini juga merubah pola hidup masyarakat modern mnjadi lebih praktis.

Adalah PasarPolis, sebuah asuransi yang berbasis digital yang melihat peluang ini. PasarPolis mengerti bahwa terlalu melelahkan bagi masyarakat modern jika harus datang ke gerai asuransi di tempat tertentu, atau menunggu agen asuransi datang hanya untuk menawarkan pilihan asuransi-asuransi yang terkadang terbatas dan tidak sesuai kebutuhan.

Untuk itu, PasarPolis hadir dengan konsep modern, mengusung sistem digital berbasis website yang memudahkan PPpeople dalam memilih produk asuransi yang tepat dengan jenis pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan PPpeople. Ada banyak pilihan produk yang disediakan di PasarPolis, mulai dari asuransi jiwa, kendaraan, kesehatan, perjalanan dan lain lain.

Hal ini merupakan suatu inisiatif besar yang PasarPolis bisa suguhkan sebagai pelopor situs asuransi di Indonesia. PPpeople tidak harus repot dalam menentukan produk asuransi yang dibutuhkan, Semua pilihan kini ada dalam genggaman PPpeople dan siap untuk diakses kapan saja dan dimana saja. Jadi, mulai sekarang PPpeople tidak perlu khawatir dan bingung, Cukup buka website PasarPolis di www.pasarpolis.com lalu pilih, bandingkan dan beli asuransi sesuai kebutuhan.

Mudah dan praktis, hanya di PasarPolis !

 

Sumber : https://www.cermati.com/artik el/mengenal-sejarah-dan-perkembangan-asuransi-di-indonesia

You Might Also Like

(Bukan) Cara Keluar Go Proteksi

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

5 Kiat Jitu Melancong Irit ke Singapura

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface terbaik 2018 GO-JEK

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Keuntungan Membeli Asuransi Online

Apa Itu Insurance Fraud? Pelajari Contoh Kasusnya di Sini

Penjelasan dan Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

7 Alasan Pentingnya Asuransi untuk Masa Depan

Hari Asuransi Nasional dan Keuntungan Asuransi Untuk Hidup Anda

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Begini Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Asuransi Penyakit Kritis, Seberapa Penting?

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

Berikut Adalah Resolusi Penting di 2018 Untuk Perlindungan Keluarga Anda

Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Pilih yang Mana?

Tata Cara Klaim Asuransi Kesehatan di Indonesia, Pasti Diterima!

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan

Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga, Ketahui Hal Ini!

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Layanan Asuransi Terbaik Secara Online? Simak Penjelasan Berikut

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan Untuk Proteksi Diri Sedini Mungkin

Jangan Biarkan Zika Merusak Liburanmu!

Ketika Mudik, Lindungi Rumah Anda dengan 4 Cara Ini

Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Saat Mudik

Asuransi Perjalanan Itu Penting

Untung Tidak Jadi Berhenti Go Proteksi – Pengalaman Driver Sindy.M

Masa Depan Keluarga Tak Lengkap Tanpa Perlindungan Menyeluruh

7 Kegiatan Ngabuburit Seru Ini Wajib Anda Coba!

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Liburan Pintar Menjelang Akhir Tahun

Kecelakaan? Tidak Perlu Khawatir Bila Anda Punya Perlindungan

Perkembangan Insurtech dan Keuntungannya Bagi Banyak Orang

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Sejarah dan Perkembangan Asuransi Indonesia dalam Memperingati Hari Asuransi Nasional

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Manfaat dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek