Mengapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret?
Berita

Mengapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret?

Mar 09, 2018 No Comment

Sahabat Pasarpolis, mungkin banyak orang yang belum tahu tentang fakta dibalik penetapan Hari Musik Nasional Indonesia yang diperingati tiap 9 Maret. Ternyata pada tanggal 9 Maret juga bertepatan dengan hari lahir Wage Rudolf Soepratman, Pencipta Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”. W.R. Soepratman lahir pada 9 Maret 1903 dan wafat pada 1938. Sayangnya beliau tak sempat menyaksikan lagu ciptaannya dikumandangkan pada hari pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945.

Beliau dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional atas jasanya menciptakan lagu kebangsaan yang hingga saat ini kita dengar dan nyanyikan. Berangkat dari jasa W.R. Supratman, para pegiat musik lalu merayakan hari musik setiap tanggal 9 Maret bahkan sebelum diresmikan

Sejarah Hari Musik Nasional

Rencana untuk menjadikan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sendiri telah disusun sejak tahun 2003, di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Namun butuh waktu hampir satu dekade untuk membuat rancangan penetapan Hari Musik Nasional tersebut diresmikan. Hari Musik Nasional Indonesia sendiri diresmikan pada tahun 2013 silam oleh Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Makna dan Tujuan penetapan Hari Musik Nasional ini adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional. Oleh sebab itu, di setiap peringatan Hari Musik Nasional biasanya ada penghargaan bagi insan musik Indonesia baik yang masih hidup atau yang telah wafat.

Diharapkan dalam peringatan Hari Musik Nasional Indonesia ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musisi Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

Uniknya, penetapan Hari Musik Nasional Indonesia ini sempat menimbulkan kontroversi. Sebab tanggal lahir WR Supratman diperdebatkan, berdasarkan penelusuran sejarah ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa WR Supratman justru dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 bukan pada tanggal 9 Maret 1903.

Lalu seperti apa fakta yang special di Hari Musik Nasional kita??

  1. Ternyata di Indonesia, musik sudah dikenal sejak sebelum tahun masehi dan dalam perjalananya, musik dan komposisi dari musik indonesia bergaya modern, sangat mendapat pengaruh dari pengalaman musikal para musisi dari setiap masa.
  2. Indonesia lekat dengan music dangdut. Meskipun bisa di bilang dangdut identik dengan musik Melayu dan India, dimana yang menjadi ciri khasnya adalah bunyi gendang, yang jika didengar, akan keluar bunyi dang dan dut. Karena itu juga lah musik ini dinamakan musik dangdut. Unik kan? Dan nyatanya dangdut adalah musik yang sangat merakyat bagi bangsa Indonesia sejak jaman berdirinya negara Indonesia. Musik Dangdut berakar dari Musik Melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940 an.
  3. Music adalah bahasa dunia yang nyaman saat kamu sedih, menangis ataupun marah. Musik mampu membuat kita mengenang masa lalu. Menimbulkan harapan dan lain sebagainya.
  4. Koes Plus, Legenda Musik Indonesia ternyata pernah masuk penjara, karena dituduh oleh Ir. Soekarno membawakan lagu yang mirip-mirip The Beatles. Ir. Soekarno sangat membenci musik berbau “barat”. Mendengar ancaman dari Ir. Soekarno, Benyamin S. juga hampir masuk penjara, dan akhirnya Benyamin S. mengganti aliran musiknya yaitu musik Betawi.

Terlepas dari kontroversi tersebut, yang terpenting adalah bagaimana kita terus berkarya dan mengembangkan musik tanah air. Selamat Hari Musik Nasional! Jaya Terus Musik Tanah Air!!

You Might Also Like

Tidak Perlu Ke Jepang Lihat Sakura, 5 Tempat Sakura Ini Ada di Indonesia Loh

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Sejarah Tahun Baru Imlek

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface Terbaik 2018 GO-JEK

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

5 Jajanan Gorengan Hits yang Lagi Ngetrend Saat Ini

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Simak apa saja asuransi khusus perempuan modern masa kini

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Perbandingan Handphone Oppo F7 dan Vivo V9

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Behind the Brand: Citilink

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Bagaimana membedakan berita hoax atau yang asli