Kenapa sektor informal perlu perlindungan BPJS Ketenagakerjaan?
BPJS

Kenapa sektor informal perlu perlindungan BPJS Ketenagakerjaan?

Jan 15, 2018 No Comment

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia merilis jumlah pekerja di sektor infomal meningkat pesat pada Februari 2017, yaitu mencapai 58,35 persen atau 131,55 juta orang dibanding sektor formal yang hanya 41,65 persen atau 124,54 juta orang. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua dari mereka punya bahkan tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan Sektor Informal.

Sektor informal di BPJS Ketenagakerjaan masuk ke dalam kategori Bukan Penerima Upah (BPU). Menurut BPJS Ketenagakerjaan, pekerja BPU ini adalah mereka yang memiliki pekerjaan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut.

Pekerja BPU ini meliputi pemberi kerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri dan pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima upah, contohnya tukang ojek, supir angkot, penjual online shop, pedagang keliling, dokter, pengacara/advokat, artis, dan lain-lain. Termasuk juga para pekerja lepas atau freelancer di industri kreatif, seperti blogger, fotografer, videografer, atau writer, Anda juga bisa mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan Sektor Informal.

Nah, kenapa sih Anda yang bekerja di sektor informal ini butuh perlindungan BPJS Ketenagakerjaan? Pada dasarnya, program ini ditujukan untuk menjamin kehidupan sosial pekerja kalau saja terjadi apa-apa.

Berikut Manfaat Khusus BPJS Ketenagakerjaan Sektor Informal:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

JKK ini terdiri dari biaya pengangkutan tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja, biaya perawatan medis biaya rehabilitasi, penggantian upah sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat tetap sebagian, santunan cacat total tetap, santunan kematian (sesuai label), biaya pemakaman, santunan berkala bagi yang meninggal dunia dan cacat total tetap.

Fasilitas yang Anda dapatkan jika harus dirawat di rumah sakit adalah fasilitas kelas satu dengan pertanggungan pengobatan minimal hingga 20 juta rupiah.

2. Jaminan Kematian (JK)

Sementara khusus untuk JK ini meliputi biaya pemakaman dan santunan berkala dan penuh yang akan dibayarkan ke ahli waris.

3. Jaminan Hari Tua (JHT)

JHT terdiri dari keseluruhan iuran yang telah disetor, beserta hasil pengembangannya. Salah satu manfaat JHT adalah Anda bisa mendapatkan uang pensiun setelah resmi bekerja.

Sementara besaran iuran yang dibayarkan tergantung pada pendapatan pekerja dan program yang diikuti. Untuk JKK sendiri nilai iurannya 1 persen berdasarkan nominal tertentu sesuai kemampuan penghasilan, JK senilai Rp. 6.800, dan JHT  sebesar 2%. Kesemua hal ini dapat Anda bayarkan secara pribadi, kecuali jika Anda memang bekerja di perusahaan, maka gaji Anda akan dipotong oleh perusahaan.

Oleh karena itu, dengan keikutsertaan Anda pada BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja karena sudah ada jaminan berupa dana yang mungkin saja Anda butuhkan jika terjadi sesuatu di luar dugaan. Masa tua pun sudah terjamin dengan dana yang terus dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, biasanya Anda harus mendaftarkan diri secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan mengisi data diri Anda, mengisi formulir F1 BPU, melakukan pembayaran ke mitra atau payment point yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk mengurusi proses pendaftaran yang ribet ini, maka Anda cukup ke www.pasarpolis.com untuk proses pendaftaran yang jauh lebih gampang dan hanya memerlukan waktu 1-3 menit saja. Cukup dengan mengisi data diri Anda di form online PasarPolis, maka sistem PasarPolis dan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tersambung akan memverifikasi data Anda dan memproses pendaftaran Anda dalam hitungan menit. Nah, Anda tinggal melakukan pembayaran di berbagai ATM, ataupun gerai indomaret dan alfamart, maka Anda sudah punya perlindungan diri sebagai pekerja lepas. Gampang kan? Bila ada yang ingin ditanyakan, Anda juga bisa menghubungi customer service PasarPolis yang selalu siap melayani 24 jam 7 hari seminggu via WhatsApp, WebChat, email, dan telephone. Tunggu apa lagi? Jangan sampai terlambat. Lindungi diri Anda sekarang!

You Might Also Like

Inilah Cara Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Anda Ketahui

Ketahui Apa Saja Layanan Tambahan BPJS Ketenagakerjaan di Sini

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Inilah Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Negara

Apakah Pekerja Bukan Kantoran Bisa Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Adakah BPJS Ketenagakerjaan untuk Perorangan?

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS