Penjelasan dan Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan
Asuransi

Penjelasan dan Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

Jan 15, 2018 No Comment

Berbeda dari para turis Eropa, kebanyakan dari turis Indonesia masih sering tidak menggunakan asuransi ketika sedang bepergian dan tentu saja mereka juga tidak tahu cara klaim asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan pada dasarnya adalah asuransi yang berguna untuk memberikan Anda perlindungan selama melakukan perjalanan. Meskipun asuransi perjalanan tidak dimasukkan sebagai asuransi yang wajib Anda miliki, namun ini akan sangat berguna bagi Anda yang suka melakukan perjalanan baik keluar kota bahkan keluar negeri.

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana sedih dan repot nya jika liburan Anda mengalami masalah terkait perjalanan? Sebagai contoh, beberapa saaat lalu kita mendengar bahwa Gunung Agung di Bali meletus dan otomatis seluruh penerbangan tertunda bahkan tidak sedikit yang dibatalkan karena Bandara Ngurah Rai dinyatakan tutup selama beberapa hari.

Bagi mereka yang bepergian di dalam negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa ada 2.175 kejadian bencana di Indonesia dari awal tahun hingga Desember 2017. Kejadian-kejadian tersebut terdiri dari:

  1. Banjir (737 kejadian)
  2. Puting beliung (651 kejadian)
  3. Tanah longsor (577 kejadian)
  4. Kebakaran hutan dan lahan (96 kejadian)
  5. Banjir dan tanah longsor (67 kejadian)
  6. Kekeringan (19 kejadian)
  7. Gempa bumi (18 kejadian)
  8. Gelombang pasang (8 kejadian)
  9. Letusan gunung api (2 kejadian)

Kerap kali juga ada beberapa turis yang malah di perjalanan mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan. Baik bencana alam maupun kecelakaan ataupun kehilangan dokumen travel seperti passport, bagaimana dengan semua biaya yang dikeluarkan bila hal ini terjadi?

Asuransi perjalanan adalah jawabannya. Bahkan, beberapa negara mengharuskan agar turis nya mempunyai asuransi perjalanan sebelum memproses visa, contohnya visa Schengen untuk negara-negara Eropa. Anda juga dapat memilih asuransi perjalanan sesuai kebutuhan. Misalnya Anda hanya sesekali bepergian, maka pilihlah asuransi perjalanan harian. Tetapi bila Anda sering bepergian, baiknya memilih asuransi perjalanan tahunan jadi Anda bisa berhemat dan tidak perlu repot untuk membeli asuransi tiap kali mau travel.

Apa saja yang ditanggung asuransi perjalanan?

Nah, dengan mempunyai asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan manfaat yang menyeluruh, antara lain pelindungan diri dari risiko kecelakaan, perlindungan ganda untuk kecelakaan pesawat, penggantian biaya pengobatan darurat, evakuasi medis, perlindungan bagasi dan barang pribadi, perlindungan terhadap penundaan perjalanan yang biasanya mengalami keterlambatan, pemulangan jenazah jika terjadi risiko kematian serta perawatan anak dan kunjungan duka pada satu orang kebarat atau keluarga, dan juga perlindungan rumah jika saja terjadi apa-apa selama Anda bepergian.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Perjalanan?

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor menyebutkan bahwa premi yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan. “Buat mereka yang traveling, itu preminya hanya sepersekian persen. Tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan mereka,” tutur Julian.

Klaim Asuransi Perjalanan Terbagi Dalam Dua Jalur:

Worldwide Provider

Apabila perusahaan tersebut termasuk dalam worldwide provider. Contohnya saat kecelakaan, Anda harus menunjukkan asuransi tesebut kepada pihak rumah sakit tapi tidak semua perusahaan asuransi menyediakan layanan ini.

Penggantian Biaya (Reimburse)

Kebanyakan dari klaim asuransi perjalanan adalah menggunakan jalur ini. Jika Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, Anda bisa berobat dulu di tempat tersebut. Selanjutnya, Anda harus meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti bahwa ketika Anda ingin mengajukan klaim untuk menggantikan uang yang sudah Anda keluarkan.

Nah, jika Anda akan mengajukan asuransi perjalanan, yang paling penting dilakukan adalah teliti dengan seluruh fasilitas yang ditawarkan. PasarPolis hadir sebagai portal online pertama di Indonesia yang akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam memilih perusahaan mana yang sebaiknya Anda percayakan asuransi perjalanan Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah bandingkan dan pilih asuransi yang diinginkan, maka e-polis asuransi Anda akan di email dalam beberapa detik saja.

Tak hanya kemudahan ketika membeli polis asuransi perjalanan, PasarPolis pun melakukan inovasi untuk proses klaim secara otomatis. PasarPolis dan maskapai Citilink bersama dengan Asuransi Simas Net menjadi pencetus pertama teknologi mutakhir yang mengintegrasikan sistem informasi jadwal penerbangan Citilink dengan sistem IT untuk klaim otomatis. Jadi jika jadwal penerbangan tertunda lebih dari 4 jam, maka penumpang Citilink akan mendapatkan notifikasi secara otomatis dan uang klaim akan ditransfer setelah penumpang memberikan nomor rekening. Penumpang tidak perlu lagi mengurus proses klaim yang panjang dan menunggu lama untuk uang pertanggungan nya di transfer.

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi Customer Service PasarPolis yang selalu sedia untuk melayani 24 jam 7 hari seminggu via WhatsApp, WebChat, telephone dan email di pasarpolis.com.

You Might Also Like

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Masa Depan Keluarga Tak Lengkap Tanpa Perlindungan Menyeluruh

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Saat Mudik

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

7 Kegiatan Ngabuburit Seru Ini Wajib Anda Coba!

Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Pilih yang Mana?

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

7 Alasan Pentingnya Asuransi untuk Masa Depan

Begini Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Layanan Asuransi Terbaik Secara Online? Simak Penjelasan Berikut

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek

Jangan Biarkan Zika Merusak Liburanmu!

5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan Untuk Proteksi Diri Sedini Mungkin

Manfaat dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

5 Keuntungan Membeli Asuransi Online

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Ketika Mudik, Lindungi Rumah Anda dengan 4 Cara Ini

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

5 Kiat Jitu Melancong Irit ke Singapura

Liburan Pintar Menjelang Akhir Tahun

Asuransi Penyakit Kritis, Seberapa Penting?

Kecelakaan? Tidak Perlu Khawatir Bila Anda Punya Perlindungan

Apa Itu Insurance Fraud? Pelajari Contoh Kasusnya di Sini

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Berikut Adalah Resolusi Penting di 2018 Untuk Perlindungan Keluarga Anda

Tata Cara Klaim Asuransi Kesehatan di Indonesia, Pasti Diterima!

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga, Ketahui Hal Ini!