Manfaat perluasan manfaat bencana alam untuk Asuransi Rumah
Properti

Manfaat perluasan manfaat bencana alam untuk Asuransi Rumah

Dec 18, 2017 No Comment

Sejak beberapa waktu yang lalu, Gunung Agung di Bali terus aktif mengeluarkan lahar dan abu di sekitarnya, sehingga mengganggu kehidupan masyarakat maupun kegiatan ekonomi seperti bisnis pariwisata. Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Bali, jumlah pengungsi hingga kini mencapai 43.358 jiwa yang tersebar di 229 titik pengungsian.

Banyak rumah yang mengalami kerusakan hingga tak lagi layak untuk dihuni karena bencana tersebut. Menilik dari kasus ini, memiliki asuransi rumah tentu ibarat “sedia payung sebelum hujan” yang paling dibutuhkan. Jika tidak, bagaimana kelanjutan hidup mereka yang kehilangan rumah dan tak mampu untuk mengganti nya?
Bagi Anda yang belum tahu, asuransi rumah bencana alam adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat terjadinya kebakaran, tindak pencurian, atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam. Meski tak sepopuler asuransi lain, berikut ini manfaat asuransi rumah berdasarkan jenis resiko yang diperluas:

Perkenalkan, Asuransi Rumah dengan Paket Jaminan yang Diperluas

Jenis asuransi ini merupakan polis asuransi yang diperluas (force majeure). Artinya, manfaat asuransi rumah jenis ini tak hanya memberi perlindungan kerusakan pada bangunan rumah karena bencana alam saja, tapi risiko lain, seperti:

  • Kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru hara.
  • Banjir, angin topan, badai dan kerusakan karena air.
  • Tanah longsor.
  • Kemalingan.
  • Business interuption (kehilangan keuntungan).

Adanya perluasan tambahan polis ini jelas membuat beberapa risiko yang pernah dikecualikan dapat menjadi risiko yang terjamin. Dengan begitu, manfaat asuransi rumah bencana alam bisa lebih membantu Anda menanggulangi masalah dari A-Z. 

Pada intinya, asuransi properti akan memberikan perlindungan terhadap lima hal (kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap) tetapi Anda juga bisa mengambil perluasan resiko lainnya seperti perlindungan dari banjir, pencurian, aksi mogok, kerusuhan dan huru-hara yang sesuai dengan definisi Dewan Asuransi Nasional.

Perlindungan yang lebih luas tersedia dengan cakupan ‘resiko umum’ dan ‘resiko khusus’  yang diatur dalam kontrak asuransi berupa penambahan manfaat. Tentu saja, hal ini akan mempengaruhi biaya perlindungan properti Anda.

Cara Terbaik Memilih Asuransi Rumah Bencana Alam

Semakin tertarik dengan manfaat asuransi rumah? Simak tips memilihnya berikut ini

1. Bandingkan

Pertama, cobalah sebanyak mungkin melakukan perbandingan. Otomatis, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui mana perusahaan asuransi yang paling tepat. Untuk menghemat waktu dan biaya dalam melakukan perbandingan, cobalah untuk melakukan perbandingan secara online misalnya di pasarpolis.com 

2. Teliti Lagi Cakupan Jaminannya

Tanyakan bagaimana perusahaan asuransi yang akan Anda daftar tersebut memandang terjadinya risiko ini. Dengan begitu, Anda pun akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang memang dijamin oleh perusahaan asuransi tersebut, karena sebab apa risiko tersebut bisa dijamin, dan risiko apa yang tidak dijamin. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.

3. Ketahui Proses Klaim

Jangan lupa juga untuk memperhatikan secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di perusahaan asuransi rumah bencana alam yang Anda inginkan supaya Anda jelas apa yang harus dilakukan ketika pengurusan klaim bila risiko yang tidak diinginkan menimpa rumah Anda suatu hari nanti.

4. Lihat Detail Seluruh Biaya

Hal inilah yang biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda. Pastinya Anda akan menghitung berapa biaya yang harus Anda bayarkan dan keluarkan, dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan. Nilai pertanggungan inilah penggantian yang akan Anda terima saat klaim.

Kabar baiknya, mendapatkan asuransi rumah secara online bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui Pasarpolis. Anda bisa membandingkan asuransi rumah atau asuransi properti sesuai dengan kebutuhan Anda bahkan sampai tahap pembelian dan pengiriman polis pun bisa selesai dalam sekejap di e-commerce asuransi terbaik di Indonesia tersebut. Tunggu apa lagi? Jangan biarkan rumah tercinta Anda berdiri tanpa perlindungan.

You Might Also Like

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Cegah Musibah Tidak Terduga dengan Manfaat Asuransi Properti

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Manfaat yang Didapat dari Asuransi Properti dengan Paket Gempa Bumi

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

Ketahui Penyebab Utama Banjir dan Cara Menanggulanginya