Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia
Berita BPJS

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Nov 30, 2017 No Comment

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Predikat tersebut masih pantas diberikan kepada guru sampai kapanpun. Betapa tidak, coba hitung berapa ilmu yang pernah diajarkan kepada para murid selama masa aktif mengajar? Tentu saja tak terhingga. Untuk mengingat jasa-jasanya tersebut, itulah mengapa Hari Guru Nasional diperingatkan setiap tahunnya pada tanggal 25 November. Dalam rangka memperingati Pekan Guru Nasional di akhir bulan November, marilah kita membahas tentang asal usul Hari Guru ini.

Jika menilik catatan masa lalu, momentum ini bermula dari Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Di dalam kongres inilah, pada seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Dengan semangat pekik “merdeka” bertalu-talu, di tengah bau mesiu pemboman oleh tentara Inggris atas studio RRI Surakarta, mereka serentak bersatu untuk mengisi kemerdekaan dengan tiga tujuan:

  • Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  • Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
  • Membela hak dan nasib buruh umumnya, Guru pada khususnya.

Berdasarkan kongres dan terbentuknya PGRI saat itu, ketetapan pun dibuat bahwa peringatan Hari Guru Nasional akan diadakan setiap 25 November.  Sebagai wujud penghargaan dari pemerintah, tanggal hari guru ini pun secara resmi didukung melalui Kepres No 78 Tahun 1994 yang tercantum pada UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Serunya Tradisi Perayaan Hari Guru

Bukan sekedar formalitas, tanggal hari guru juga sering menjadi perayaan yang cukup meriah di beberapa sekolah. Umumnya perayaan tersebut diawali dengan upacara, menyanyikan lagu Hymne Guru, sampai persembahan hadiah untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas. Nah bagaimana caranya membuat acara yang tak terlupakan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa kita? Simak beberapa ide berikut:

4 Ide Acara Menarik di Tanggal Hari Guru

Ada banyak hal yang bisa dilakukan anak Anda untuk merayakan hari guru. Dari sekarang, coba share 4 ide ini kepadanya:

1. Menghias Kelas

Peringatan hari guru adalah kesempatan bagi anak Anda untuk berkreasi dengan menghias kelas dengan dekorasi yang menarik seperti menulis pesan khusus di papan tulis dan dekorasi balon/pita pada dinding. Bila perlu, beri ia berbagai pilihan dessert untuk mengisi meja-meja kelas yang kosong agar lebih terasa perayaannya.

2. Buat Pertunjukan Seni

Tunjukkan talenta anak dan teman-temannya dengan mengadakan sebuah pertunjukkan seni di sekolah. Misalnya, menampilkan band performance, drama singkat mengenai kehidupan kelas, atau membacakan puisi. Agar lebih seru, ia juga bisa mengajak guru untuk bernyanyi bersama untuk mengakhiri pertunjukan.

3. Adakan Games Seru

Selain membuat pertunjukan seni, berikan ide lain seperti mengadakan beberapa games antara murid dengan guru, misalnya lomba sepak bola, komunikata, atau lomba memasak. Games tersebut tak ayal dapat mempererat hubungan antar guru dan murid.

4. Memberikan Hadiah

Selain melakukan ketiga hal di atas, kalau Anda punya uang lebih yang bisa dibelanjakan, ajak anak untuk memberikan gurunya hadiah yang berkesan tapi tetap bermanfaat. Tapi, ada baiknya untuk juga menyertakan pesan seperti ucapan terimakasih atas kebaikan yang ia berikan selama ini.

Seperti itulah serba-serbi ide untuk memperingati Hari Guru Nasional. Dengan perayaan tersebut, jasa para pahlawan tanpa tanda jasa ini selalu bisa dikenang seumur hidup.

Jika Anda mempunyai profesi seorang guru, Anda bisa mendaftarkan diri dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tidak hanya profesi formal atau kantoran saja yang dapat memiliki BPJS Ketenagakerjaan, tetapi sektor informal atau jasa seperti guru, dokter, dan pelayan jasa lainnya pun memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Dapatkan manfaat seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT)  yang dapat memberikan perlindungan uang pertanggungan kepada ahli waris, beasiswa pendidikan anak sebesar Rp. 12.000.000, hingga manfaat tambahan lainnya seperti kredit kepemilikan rumah.

Yuk, daftar sekarang juga untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di PasarPolis. Cukup mengisi form secara online dan Anda sudah terdaftar dalam 3 menit. Gratis loh! Tunggu apa lagi? Lindungi masa depan Anda dan keluarga dengan BPJS Ketenagakerjaan.

You Might Also Like

Sejarah Tahun Baru Imlek

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Ketahui Apa Saja Layanan Tambahan BPJS Ketenagakerjaan di Sini

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Apakah Pekerja Bukan Kantoran Bisa Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Inilah Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Negara

Kenapa sektor informal perlu perlindungan BPJS Ketenagakerjaan?

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Adakah BPJS Ketenagakerjaan untuk Perorangan?

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Inilah Cara Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Anda Ketahui

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya