5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Motor Terendam Banjir
Otomotif

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Motor Terendam Banjir

Nov 27, 2017 No Comment

5 perawatan motor kena banjir

Musim hujan di Jakarta sering kali berujung pada banjir. Menerobos banjir dengan kendaraan terutama motor pastinya cukup berisiko tinggi. Selain membahayakan diri dan penumpang, motor pun akan rusak seketika.

Memang sebenarnya kendaraan bermotor, khusus nya sepeda motor, tidak disarankan untuk menerobos banjir. Salah satu risiko terparahnya ketika menerobos banjir adalah air bisa masuk ke ruang pembakaran yang akan berimbas kepada kerusakan parah mesin motor. Namun, kalau mengejar waktu ke kantor sudah harus menjadi tuntutan sehari-hari, mau bagaimana lagi?

Kalau sudah begitu, Anda perlu memahami 5 hal yang harus dilakukan saat motor terendam banjir.

Berikut ini adalah tips perawatan motor kena banjir tersebut:

1. Jangan Nyalakan Motor

Perawatan motor kena banjir yang pertama, sebisa mungkin jangan langsung nyalakan motor Anda. Saat motor sudah terendam banjir, menyalakan mesinnya hanya akan membuat kotoran atau endapan lumpur lebih mudah masuk ke dalamnya hingga menyebabkan keausan. Kemungkinan tercampurnya lumpur dengan bahan bakar atau sistem pembakaran lainnya hanya akan mempersulit proses perbaikan motor tersebut.

2. Buka Mesin

Kalau tidak coba dinyalakan, lantas apa yang harus dilakukan untuk motor yang terendam banjir? Bukalah mesinnya satu per satu mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator (non injeksi). Bila sepeda motor menyimpan air dalam mesin atau karburator, tarikan motor menjadi terhambat dan bahkan mati mendadak. Kemudian, rendam semua komponen dalam bensin atau cairan penetral guna menghilangkan karat. Jika Anda kurang berpengalaman, sebaiknya serahkan ke mekanik yang berpengalaman.

3. Kuras Oli Motor

Menguras oli juga wajib Anda lakukanĀ sebagai perawatan motor kena banjir selanjutnya. Sebab jika tidak dikuras, dikhawatirkan endapan kotoran atau air masuk di sela-sela mesin juga tutup oli. Oli mesin yang sudah tercampur dengan air sudah mengalami penurunan tingkat kekentalan atau viscosity yang dapat mengganggu kinerja mesin motor.

4. Keringkan Komponen Listrik

Buka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti sakelar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam. Karena jika tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan korsleting. Apabila komponen listrik tersebut sudah dibuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, dan lakukan pengetesan.

5. Tes Rem Setelah Dicuci

Masalah yang juga sering terjadi saat motor terendam banjir yakni terkuncinya rem belakang motor. Biasanya penyebabnya akibat permukaan kanvas rem yang basah atau lembab. Kondisi demikian menyebabkan lengket ketika menempel pada permukaan teromol. Untuk itu, perawatan motor kena banjir yang wajib dilakukan usai dicuci yaitu dengan mengetes rem beberapa kali saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan teromol atau hidraulik piringan rem (disc brake).

Asuransikan Motor Anda Dari Sekarang, Kenapa Tidak?

Hidup di kota besar yang rentan bencana banjir, Anda perlu melakukan perlindungan lebih untuk kendaraan bermotor Anda. Asuransi kendaraan menjadi jawaban yang paling tepat. Tidak hanya mobil yang dapat diasuransikan, motor kesayangan Anda juga dapat diasuransikan. Bandingkan dan pilih asuransi motor yang tepat untuk Anda secara harga dan manfaat di asuransi kendaraan PasarPolis. Lakukan antisipasi yang lebih dari sekedar merawatnya saja. Asuransi kendaraan penting untuk menjamin jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau pencurian. Untuk memilih asuransi kendaraan paling tepat, kini tak perlu bingung. Konsultasikan pada e-commerce asuransi pertama di Indonesia, yakni PasarPolis yang dapat dihubungi fullĀ 24 jam 7 hari. Tunggu apa lagi?

You Might Also Like

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

5 Cara Merawat Motor Kopling yang Benar

(Bukan) Cara Keluar Go Proteksi

Seperti Ini Cara Membandingkan Asuransi Kendaraan Terbaik

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

Untung Tidak Jadi Berhenti Go Proteksi – Pengalaman Driver Sindy.M

Berbeda dari Manual, Inilah 8 Cara Merawat Mobil Matic

Tips Merawat Motor Baru Agar Awet dan Mulus

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface Terbaik 2018 GO-JEK

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

5 Persiapan Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Begini Cara Cepat Deteksi Mobil Bekas Banjir

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek