Manfaat yang Didapat dari Asuransi Properti dengan Paket Gempa Bumi
Properti

Manfaat yang Didapat dari Asuransi Properti dengan Paket Gempa Bumi

Nov 03, 2017 No Comment

Jenis asuransi untuk gempa bumi

Gempa bumi di Ambon beberapa waktu lalu cukup mengejutkan. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maluku mencatat ada 88 kali gempa sejak Selasa (31/10/2017) pukul 11.30 hingga Rabu (1/11/2017) pukul 11.30 WIT. Tipe gempa ini cukup unik, yakni mencakup gempa pendahuluan, gempa utama, dan gempa susulan. Sehingga wajar jika warga panik karena diguncang 3 kali gempa sebelum terjadi gempa utama M=6,0 SR.

Dari bencana alam ini, banyak sekali bangunan seperti mall dan rumah warga yang beruntuhan. Rugi? Sudah pasti. Terutama mereka yang harus menanggung sendiri biaya perbaikan tempat tinggalnya. Akan tetapi, tidak ada yang tahu kapan musibah terjadi.

Kalau sudah begitu, jenis asuransi yang cocok untuk gempa bumi adalah asuransi properti yang pada akhirnya yang paling bisa diandalkan. Setidaknya dengan memiliki asuransi properti dengan luas jaminan yang mencakupi bencana gempa bumi, semua kerusakan tersebut bisa ditanggung tanpa terkecuali. Asuransi properti dengan luas jaminan bencana gempa bumi dinilai sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia sendiri berada di daerah dengan rawan gempa. Jenis asuransi properti untuk gempa bumi mampu memberikan jaminan kerugian juga kerusakan. Asuransi tersebut biasanya tidak hanya memberikan jaminan kepada  yang terkena gempa bumi namun juga terkena bencana lainnya seperti letusan gunung berapi, tsunami dan kebakaran.

4 Daftar Jaminan yang Tercakup dalam Asuransi Gempa Bumi

Saat Anda memiliki jenis asuransi properti untuk gempa bumi, bencana yang terjadi selama 72 jam dan dianggap sebagai satu rangkaian peristiwa. Ini artinya nasabah hanya akan mendapatkan satu kali penggantian dan potongan klaim dalam jangka waktu tersebut. Adapun 4 daftar jaminan yang tercakup di dalamnya meliputi:

1. Kecelakaan Diri

Apabila rumah Anda terkena bencana alam seperti gempa bumi dan Anda sebagai pemilik properti terkena dampak langsung dari gempa bumi ini, tentu saja Anda akan dilindungi oleh jenis asuransi ini. Pada umumnya, tertanggung beserta keluarga tertanggung yang terdaftar di Kartu Keluarga dan pembantu yang tinggal bersama pun akan ditanggung.

2. Menjamin Ganti Rugi Uang dan Surat Berharga

Selain melindungi rumah atau properti dalam bentuk lain yang Anda miliki, penggunaan asuransi properti turut pula bertugas melindungi perabotan yang ada di dalam rumah beserta surat-surat berharga Anda. Bila Anda menggunakan fitur perlindungan money insurance, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi bagi surat-surat berharga yang hilang akibat kebakaran, kemalingan atau kebanjiran.

3. Menanggung Biaya Arsitek

Gempa bumi tentunya akan banyak merubah struktur bangunan rumah. Dalam kasus ini, asuransi properti akan menanggung biaya pembangunan untuk merenovasi rumah yang terbakar atau rusak karena gempa bumi. Selain itu, Anda pun berhak mendapat jasa arsitek tanpa mengeluarkan uang apapun.

4. Memberikan Tempat Tinggal Sementara

Sebagai pemegang polis jenis asuransi untuk gempa bumi atau asuransi properti, Anda akan mendapatkan ganti rugi berupa pemberian tempat tinggal sementara yang biayanya ditanggung oleh pihak asuransi properti. Selama rumah Anda dibangun, Anda akan mendapatkan uang tunai untuk menyewa rumah agar dapat ditinggali dalam waktu sementara.

Berminat dengan jenis asuransi untuk gempa bumi? Anda bisa memilih asuransi properti melalui PasarPolis sekarang juga! Di PasarPolis, Anda bisa menemukan informasi secara lebih lengkap. Mulai dari penjelasan dan perbandingan antara asuransi satu dengan lainnya dari manfaat produk, jenis polis, harga premi dan sebagainya.

You Might Also Like

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Ketika Mudik, Lindungi Rumah Anda dengan 4 Cara Ini

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Cegah Musibah Tidak Terduga dengan Manfaat Asuransi Properti

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Manfaat perluasan manfaat bencana alam untuk Asuransi Rumah

Ketahui Penyebab Utama Banjir dan Cara Menanggulanginya