Inilah Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Negara
BPJS

Inilah Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Negara

Oct 20, 2017 No Comment

Semua orang tentu ingin memiliki hidup terjamin, baik untuk kesehatan hingga kehidupan hari tua mereka. Sadar akan pentingnya kebutuhan tersebut, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. BPJS Ketenagakerjaan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan yang terjangkau oleh siapapun.

Perlu Anda ketahui, BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dikelola oleh PT. Jamsostek (Persero). Namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Jamsostek diubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014. Pada hakikatnya, setiap orang yang sudah aktif bekerja wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, sudahkah Anda memilikinya dan merasakan sendiri manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Mekanisme Kepemilikan BPJS Ketenagakerjaan

Semua pekerja di Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, baik mereka yang bekerja di sektor formal maupun sektor non formal. Bagi Anda yang bekerja di sektor formal (perusahaan swasta maupun negeri), biasanya pihak perusahaan akan mendaftarkan Anda dan para pegawai tetap nya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, para pegawai perusahaan tidak perlu membayar seluruh iuran secara penuh sebab tanggung jawab tersebut dipegang oleh perusahaan untuk membayar iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebesar 3,7% dari gaji Anda per bulan.

Sedangkan untuk Anda yang tergolong Bukan Penerima Upah (BPU) atau para pekerja di sektor non formal, maka iuran setiap bulannya adalah sebesar 2% dari penghasilan pribadi.

Berbicara mengenai iuran, ada 3 besaran persentase iuran yang dibedakan berdasarkan jenis jaminannya, yakni:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja            : 1%
  2. Jaminan Hari Tua                            : 2%
  3. Jaminan Kematian                           : 0,3%

Persentase iuran di atas adalah nominal yang harus Anda bayarkan dari gaji per bulan. Nilai ini sudah disesuaikan dengan Upah Minimum Rakyat (UMR) di setiap provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia.

3 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang Membuat Anda Harus Memilikinya

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan pastinya banyak. Beberapa manfaat BPJS Ketenagakerjaan di antaranya bahkan tidak hanya untuk diri sendiri. Berikut ini adalah 3 manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang membuat Anda harus memilikinya:

1. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Diri Sendiri

Untuk diri sendiri, manfaat BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai hal yang mungkin Anda khawatirkan akan dijamin sepenuhnya. Mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, sampai jaminan kematian. Memiliki BPJS Ketenagakerjaan pun tak harus menjadi pegawai suatu perusahaan. Bahkan seorang pekerja lepas (freelancer), pengusaha, pengemudi angkot atau ojek, petani, pembantu rumah tangga, tukang kebun, dan lain-lain, bisa turut merasakan berbagai manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

2. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Keluarga

Di hari tua nanti, pertimbangan yang paling besar sudah pasti bagaimana keluarga Anda bisa tetap bertahan hidup, terlebih saat Anda sudah tidak berpenghasilan sama sekali. Dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengambil ‘tabungan’ selama Anda kerja ini dengan ketentuan seperti:

  • Diambil max 10% dari total saldo sebagai persiapan pada usia pensiun.
  • Diambil max 30% dari total saldo untuk membiayai

Apabila peserta meninggal dunia, maka dapat diwakilkan ke ahli waris dengan urutan sebagai berikut: 1. Janda/duda, 2. Anak, 3. Orang tua, cucu, 4. Saudara kandung, 5. Mertua, 6. Pihak yang ditunjuk dalam wasiat dan 7. Jika tidak ada ahli waris wasiat, JHT akan dikembalikan ke Balai Harta Peninggalan.

3. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Negara

Setiap tahunnya, BPJS Ketenagakerjaan selalu menargetkan dana yang harus mereka peroleh. Misalnya hingga akhir tahun, dana akhir yang ditargetkan adalah Rp297 triliun. Jika target ini tercapai, dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur negara seperti proyek bandara dan jalan tol.

Jika Anda merupakan Bukan Penerima Upah dan belum memiliki BPJS Ketenagakerjaan, daftarkan diri Anda sekarang juga melalui PasarPolis atau hubungi customer service PasarPolis yang siap melayani 24 jam via whatsapp, online chat, telephone dan email. Lebih praktis dan cepat, percayakan solusi dalam memilih asuransi yang terbaik hanya di PasarPolis!

You Might Also Like

Apakah Pekerja Bukan Kantoran Bisa Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Adakah BPJS Ketenagakerjaan untuk Perorangan?

Kenapa sektor informal perlu perlindungan BPJS Ketenagakerjaan?

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Inilah Cara Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Anda Ketahui

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Ketahui Apa Saja Layanan Tambahan BPJS Ketenagakerjaan di Sini