ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

penyebab osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana kualitas kepadatan tulang mulai menurun yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rentan mengalami keretakan. Seperti retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang adalah kasus yang paling banyak ditemui pada penderita osteoporosis.

Umumnya, osteoporosis lebih banyak dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause. Meski begitu, osteoporosis juga dapat terjadi pada pria, wanita yang  berusia lebih muda, bahkan anak-anak. Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab kasus-kasus osteoporosis di Indonesia.

Di peringatan Hari Osteoporosis Dunia pada tanggal 20 Oktober ini, Anda akan diajak untuk lebih memahami penyebab osteoporosis, gejala, hingga cara mengatasinya dengan tepat.

Waspada, Seperti Ini Penyebab Osteoporosis!

Penyebab osteoporosis sangatlah beragam. Secara umum, kronologi penyebab osteoporosis diawali dengan massa tulang akan terus bertambah hingga usia akhir 20-an. Namun proses ini melambat seiring dengan pertambahan usia manusia. Kemudian secara perlahan, kepadatan tulang ikut berkurang pada usia 35 tahun.

Selain itu, tahukah Anda kalau penyebab osteoporosis antara pria dan wanita pun berbeda? Berikut ini beberapa penyebab osteoporosis yang dibedakan atas jenis kelamin tersebut:

Penyebab Osteoporosis Pada Wanita

  • Tidak mengalami siklus menstruasi dalam waktu lama (lebih dari enam bulan) akibat olahraga atau diet yang berlebihan.
  • Mengalami menopause dini (sebelum usia 45).
  • Menjalani histerektomi (operasi pengangkatan rahim) sebelum usia 45, terutama jika kedua ovarium juga diangkat.

Penyebab Osteoporosis Pada Pria

  • Mengonsumsi minuman keras berlebihan.
  • Konsumsi obat-obatan seperti glukokortikoid atau obat-obatan steroid selama lebih dari tiga bulan.
  • Kondisi yang menyebabkan kadar testosteron lebih rendah dari kadar normal (hipogonadisme).

Perhatikan Gejala Osteoporosis Ini

Umumnya, tidak ada tanda-tanda terjadinya osteoporosis di awal masa menurunnya kepadatan tulang. Namun beberapa kondisi berikut dapat menjadi gejala penyebab  osteoporosis, antara lain:

1. Tulang Rapuh

Penderita osteoporosis mengalami peningkatan dalam kerapuhan tulang. Jika Anda belum pernah didiagnosis dengan penyakit ini, lebih baik segera temui dokter Anda.

2. Tinggi Berkurang

Walaupun banyak orang cenderung semakin pendek ketika usianya bertambah, namun kehilangan massa di tulang belakang akibat osteoporosis dapat menyebabkan berkurangnya tinggi secara signifikan. Jika Anda khawatir kalau hal ini menjadi masalah, coba biarkan dokter Anda tahu sehingga mereka dapat memantau tinggi badan Anda setiap tahun.

3. Nyeri Pada Otot dan Sendi

Hal ini bisa menjadi gejala dalam berbagai hal, salah satunya osteoporosis. Jika Anda merasakan nyeri di otot dan sendi, disarankan untuk mencatat kapan nyeri tersebut muncul. Jika hal ini menjadi masalah dan mengganggu aktivitas, Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan evaluasi kepadatan tulang.

4. Sakit Punggung

Tulang yang lemah akibat osteoporosis, dapat menyebabkan tulang belakang patah atau retak, sehingga membuat nyeri punggung. Jika Anda merasakan sakit punggung yang tidak jelas akibatnya, segera temui dokter Anda agar tulang diperiksa. Tanda-tanda penyebab osteoporosis ini jangan sampai dihiraukan karena akan berakibat cukup fatal untuk Anda.

Osteoporosis pada dasarnya bisa dicegah. Misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan mengandung kalium dan vitamin K agar kalsium dalam tulang tidak terkikis. Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina, kekuatan, postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan membantu mencegah keroposnya tulang. Terakhir, perbanyak minum suplemen jika asupan kalsium dan vitamin D3 masih kurang di dalam tubuh.

Selain upaya mencegah, setiap orang pun disarankan memiliki asuransi kesehatan sebagai jaminan apabila sewatu-waktu terserang suatu penyakit. Jaminan tersebut meliputi biaya rawat jalan dan inap hingga obat-obatan. Yuk, lindungi diri Anda dari sekarang dengan memiliki asuransi kesehatan. Bandingkan dan pilih asuransi kesehatan yang tepat melalui PasarPolis sekarang juga!

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Jangan hiraukan penyebab Osteoporosis berikut ini