ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

mau renovasi rumah manfaatkan bpjs ketenagakerjaan andaApakah Anda termasuk peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)? Jika iya, Anda bisa menggunakan layanan untuk 3 fasilitas yaitu fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP). Mau membuat rumah semakin indah? Anda bisa melakukan renovasi meskipun tidak memiliki uang tunai dengan pinjaman dana dari BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan membuat program fasilitas pembiayaan perumahan pekerja untuk peserta sebagai bentuk Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang bertujuan untuk mendukung program sejuta rumah pemerintah dan ditujukan dari sisi ketersediaan rumah (supply) dan permintaan (demand).

Bagaimana prosedur pengajuan fasilitas pembiayaan perumahan pekerja untuk merenovasi rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan? Berikut penjelasannya.

  1. BPJS akan berkerjasama dengan bank dan memberikan rekomendasi serta surat keterangan kepada bank. Lalu bank nantinya akan melakukan pengecekan dan analisis kemampuan kredit.
  2. Kirimkan surat permohonan kredit dan foto copy kartu peserta atau sertifikat ke BPJS Ketenagakerjaan.
  3. BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi kepersertaan dan mengirimkan formulir persetujuan ke bank.
  4. Setelah disetujui, maka realisasi untuk Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) bisa dilakukan dan dana dapat dicairkan oleh peserta.

Sebelum Anda mengajukan permohonan untuk melakukan renovasi rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan, sebaiknya Anda mengetahui juga apa saja kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu:

  1. Min 1 tahun terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Tertib administrasi dan kepesertaan.
  3. Memiliki iuran yang aktif.
  4. Telah direkomendasikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Memiliki rumah yang nantinya akan direnovasi.
  6. Memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank penyalur dan OJK.
  7. Maksimal peminjaman yaitu Rp 50 juta dengan jangka waktu pembayaran maksimal 10 tahun.

Ketahui juga bahwa layanan pinjaman renovasi dengan BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sudah tersedia dengan layanan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dan besaran dana yang bisa dicairkan yaitu 30% dari dana JHT milik peserta yang sudah terkumpul dan dana tersebut bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan renovasi maupun untuk uang muka kredit perumahan untuk peserta yang belum memiliki rumah. Pencairan dana tersebut dapat dilakukan oleh pekerja yang masih bekerja di perusahaan tempat ia bekerja saat ini dan telah memasuki masa kepesertaan/keanggotaan di BPJS Ketenagakerjaan selama 10 tahun lamanya.

Menarik sekali bukan? Anda bisa melakukan renovasi rumah dengan BPJS Ketenagakerjan dan membuat rumah Anda menjadi semakin bagus dan nyaman baik untuk merenovasi pagar, cat tembok, keramik lantai dan lain sebagainya. Jika Anda belum terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sekaranglah waktunya Anda mendaftar secara gratis hanya dalam waktu 3 menit di website PasarPolis.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!