6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda
Investasi & Keuangan

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Sep 26, 2017 No Comment

Sebagai warga negara yang sudah aktif bekerja, Anda pasti tidak asing lagi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ya, program jaminan dari pemerintah yang dulu nya di kenal dengan nama Jamsostek ini memang wajib diberikan kepada semua pekerja di Indonesia baik Pekerja Penerima Upah (PU), maupun Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Yang tergolong sebagai PU biasanya adalah pekerja kantoran, sedangkan BPU terdiri dari para pekerja bukan kantoran seperti orang yang bekerja dengan berjualan online, pengusaha depot air minum, dan lain-lain. Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan PU biasanya di daftarkan oleh kantor, sedangkan BPU bertanggung jawab untuk mendaftarkan dirinya sendiri.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri memberikan perlindungan kepada pekerja melalui 4 program. Program tersebut antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Kewajiban memiliki ‘kartu sakti’ ini tentu bukan tanpa alasan.

Berikut 4 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Yang Bisa Anda Dapatkan :

1. Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Program dari BPJS Ketenagakerjaan ini diperuntukkan khusus bagi tenaga kerja yang berisiko tinggi. Dengan adanya manfaat ini diharapkan akan membantu tenaga kerja yang bisa saja mengalami hal tak diinginkan, seperti kecelakaan atau kematian. Iuran untuk program ini biasanya dibayarkan pula oleh pihak pengusaha dengan persentase tertentu.

2. Program Jaminan Pensiun

Program ini dibuat untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak khusus bagi peserta Penerima Upah (PU) dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini ialah setiap pensiunan akan menerima sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

3. Program Jaminan Hari Tua

Sebagaimana sudah dijelaskan di awal artikel, program jaminan ini diberikan ketika tenaga kerja memasuki usia pensiun dan harus berhenti bekerja. Namun sekarang, pencairan dana ini tak lagi bisa diperoleh saat usia pensiun akan tetapi juga apabila tenaga kerja di-PHK. Hal ini diterapkan mengingat beberapa tahun terakhir beberapa perusahaan mengalami masalah sehingga harus mem-PHK para karyawannya.

4. Program Jaminan Kematian

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan terakhir adalah sebagai jaminan bila tenaga kerja meninggal dunia. Prosedur yang ada dalam program ini yakni, apabila tenaga kerja meninggal maka otomatis ahli waris akan menerima sejumlah santunan baik itu berupa uang pemakaman ataupun santunan uang. Dengan begitu, keluarga yang ditinggalkan pun tidak akan terlantar dan bisa melanjutkan kehidupan mereka.

Tak hanya memberi perlindungan terhadap risiko tertentu, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki beberapa program yang didesain untuk melengkapi produktivitas tenaga kerja. Bahkan baru-baru ini, BPJS Ketenagakerjaan meresmikan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah)!

Seperti Apa Program-Program Tambahan yang Dimaksud :

1. Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Program JPK dibuat sebagai jaminan bagi tenaga kerja untuk dapat menikmati beragam layanan kesehatan di klinik kesehatan, rumah sakit ataupun beberapa layanan kesehatan ataupun beberapa alat bantuan pengobatan. Pihak tenaga kerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan Kartu Pemeliharaan Kesehatan atau KPK yang dapat digunakan sebagai bukti diri untuk memperoleh layanan kesehatan. Jadi, kesehatan Anda pun terjamin dengan manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini!

3. Program KPR BPJS

KPR BPJS merupakan salah satu Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang diatur dalam Permenaker No 35 tahun 2016, dan diperuntukkan bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan, baik mereka yang masuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ataupun kategori non-MBR. Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berminat cukup datang ke kantor bank penyalur yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa dokumen pengajuan permohonan kredit yang dibutuhkan.

Itulah manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang tentu sangat memudahkan berbagai kebutuhan primer Anda. Dengan banyaknya manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda dapat, hidup pun akan lebih terjamin. Maka itu, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Apabila Anda adalah peserta BPU (Bukan Penerima Upah) maka Anda tak perlu repot ke cabang BPJS Ketenagakerjaan dan mengantri lama lagi. Sekarang Anda hanya tinggal mendaftarkan diri secara online, gratis dan cepat di www.pasarpolis.com . Proses pendaftaran online ini gampang sekali. Anda hanya tinggal mengisi data diri di sini yang akan selesai dalam waktu kurang dari 3 menit. Segera lindungi masa depan Anda dan keluarga!

 

You Might Also Like

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil