Tips Persiapan Naik Haji Agar Aman dan Nyaman
Perjalanan

Tips Persiapan Naik Haji Agar Aman dan Nyaman

Aug 16, 2017 No Comment

Tak terasa, musim Haji telah tiba. Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yakni pada rukun yang kelima yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan yang mampu dan telah memenuhi syarat. Beberapa kloter dari Indonesia sendiri bahkan telah diberangkatkan menuju tanah suci. Bagi Anda yang merupakan salah satu calon jamaah Haji tersebut, sudahkan merampungkan semua persiapan naik haji? Jangan lupa bahwa naik haji persiapannya bukan hanya berupa persiapan materi, namun juga persiapan fisik dan mental agar semua ibadah dapat dijalankan dengan baik.

Demi ibadah haji yang aman dan nyaman, tak ada salahnya mengecek ulang apakah persiapan naik haji Anda sudah 100% atau belum dari sekarang.

Apa sajakah persiapan naik haji tersebut? Berikut ini ulasannya

1. Kekuatan Fisik

Persiapan naik haji yang satu ini sangatlah penting. Mengingat akan ada banyak sekali aktivitas fisik selama 40 hari Anda beribadah di sana. Cobalah membiasakan diri untuk berjalan kaki, karena semua pondokan rombongan haji regular di Makkah letaknya cukup jauh dari Masjidil Haram, sehingga mau tidak mau jamaah harus berjalan kaki atau naik transportasi umum. Oleh karenanya, kekuatan fisik agar tahan berjalan kaki sangat dibutuhkan. Yuk, mulai latih fisik Anda dengan berjalan kaki mengelilingi komplek selama minimal setengah jam. Lakukan rutin setiap pagi hingga Anda terbiasa jalan kaki.

2. Persiapan Mental

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam merampungkan persiapan naik haji adalah soal kesiapan mental. Hilangkan perasaan dan pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi beribadah dari sekarang. Anda bisa memantapkan segala persiapan tersebut dengan melakukan kebaikan-kebaikan di bawah ini:

  • Bertaubat dari segala dosa
  • Perbanyak shalat sunnah seperti shalat taubat dan dhuha sebelum keberangkatan
  • Meminta doa restu kepada keluarga atau kerabat terdekat
  • Senantiasa berdzikir untuk membersihkan hati
  • Melatih kesabaran

3. Perlengkapan Haji

Persiapan naik haji yang dimaksud di sini meliputi busana dan barang-barang lain yang harus dibawa sebagai syarat sah haji. Tentu saja ada sedikit perbedaan bagi pria dan wanita dari segi busana yang dikenakan. Inilah perlengkapan hari yang wajib Anda cek ulang kelengkapannya:

                Laki-Laki

  • Kain Ihrom; 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Anda bisa membawa setidaknya dua set kain Ihrom
  • Ikat pinggang ihrom
  • Sandal
  • Kaos putih
  • Gunting kecil untuk Tahalul
  • Kain sarung

Perempuan

  • Baju Ihrom komplit; atasan, bawahan rok atau celana, sarung tangan dan kantungnya. Disyariatkan tidak boleh ketat atau transparan.
  • Bergo/jilbab panjang
  • Kaos kaki
  • Manset tangan
  • Kaos dalam lengan panjang
  • Celana panjang

4. Cek Kesehatan

Sudahkah Anda melakukan cek kesehatan? Daftar pemeriksaannya cukup panjang, meliputi pemeriksaan lengkap mulai dari pemeriksaan darah lengkap, kolesterol, gula darah sebelum dan setelah puasa, tes kehamilan, foto rontgen serta pemeriksaan ECG. Khusus untuk wanita, calon jamaah biasanya juga diharuskan untuk mencatat periode menstruasi beberapa bulan sebelum keberangkatan dan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan, jika ingin mengatur/mencegah haid selama pelaksanaan ibadah Haji dengan menggunakan obat atau pil KB. Hasil pemeriksaan kesehatan ini umumnya diminta dibawa saat pelaksanaan manasik haji yang pertama.

5. Memiliki Asuransi

Persiapan naik haji yang terakhir, pastikan Anda juga terproteksi oleh asuransi kesehatan selama di sana. Ini penting, sebab segala risiko yang berkaitan dengan kesehatan bisa saja terjadi. Jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit, setidaknya Anda tidak perlu banyak berpikir lagi karena biaya pengobatan ditanggung oleh asuransi.

Seperti itulah persiapan naik haji yang wajib Anda cek kembali kelengkapannya. Semua demi perjalanan ibadah haji yang aman dan nyaman, bukan? Khusus asuransi kesehatan, pilihlah yang terbaik untuk menemani ibadah haji Anda melalui PasarPolis. Memilih asuransi kesehatan pun lebih mudah dengan membandingkan dan membelinya langsung di e-commerce asuransi pertama di Indonesia ini! Untuk info lebih lanjut, hubungi PasarPolis di nomor whatsapp 0877 0017 8000, telephone (021) 3044 8080 dan online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, lalu tentunya email di [email protected]. Tunggu apa lagi?

You Might Also Like

5 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Tanpa Promo

Jangan Lewatkan! 5 Festival Menarik di Bulan Agustus Ini

Tips dan Trik Mencari Tiket Mudik Murah

5 Rekomendasi Wisata Luar Negeri di Bulan Juli

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Inilah Destinasi Wisata yang Cocok dengan Zodiak Anda!

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

“Surga Tersembunyi” di Indonesia yang Wajib Untuk Dijelajahi bagi Pleasure Seekers nih

Mau Traveling Tetap Seru di Musim Hujan? Ini Tipsnya

6 Tempat Liburan Murah Yang Dapat Anda Kunjungi Di Tanggal Tua

Meriahnya 5 Perayaan Hari Tahun Baru Islam di Pulau Jawa

Menjaga Kesehatan Selama Liburan? Ini Rahasianya!

Bosan Makan di Rumah? Yuk, Coba 8 Tempat Makan Enak di Jakarta

Jepang, Negara Tujuan Wisata di Musim Gugur

Liburan Pintar Menjelang Akhir Tahun

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Setidaknya Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

5 Kiat Jitu Melancong Irit ke Singapura

Nikmati Serunya Libur Lebaran ke 5 Negara Ini

Inilah 10 Tips Traveling Bersama Anak

5 Lokasi Wisata Pulau Jawa Terbaik di Bulan Agustus

5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan

Bebaskan Diri dari Khawatir ketika Travel ke Luar Negeri

8 Hal yang Perlu Dibawa untuk Liburan Musim Dingin

Jangan Biarkan Zika Merusak Liburanmu!

Tidak Perlu Ke Jepang Lihat Sakura, 5 Tempat Sakura Ini Ada di Indonesia Loh

7 Kegiatan Ngabuburit Seru Ini Wajib Anda Coba!

7 Destinasi Liburan Untuk Cuti Natal dan Tahun Baru Anda

Behind the Brand: Citilink

Leave a Reply