Berita

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Aug 11, 2017 No Comment

gaya hidup sehat

Kemerdekaan menurut arti singkatnya bebas dari aturan yang diatur atau diperintah dari orang lain. Namun, kemerdekaan untuk seseorang sangatlah berbeda artinya dengan kemerdekaan Indonesia. Betapa tidak, setelah berabad-abad lamanya negara ini diduduki, dikuasai dan dijajah bangsa asing mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris, Verenigde Oostindische Compagnie (VOC), Belanda, hingga Jepang, akhirnya di tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia bisa merdeka dari kecaman para penjajah tersebut.

Itulah mengapa, setiap tahunnya 17 Agustus selalu menjadi hari besar di Indonesia yang tak pernah absen untuk dirayakan. Kisah perjuangan yang tak kenal batas, begitu menginspirasi banyak orang untuk terus pantang menyerah dalam memperoleh haknya. Makna kemerdekaan tersebut juga turut direpresentasikan oleh berbagai lomba yang kerap diadakan pada bulan Agustus ini. Seperti apa saja perlombaan dan makna kemerdekaan yang tersimpan di dalamnya? Ini dia!

1. Tarik Tambang

Ada makna tersendiri dalam lomba tarik tambang ini. Melalui lomba tarik tambang, kita belajar bahwa kita harus bersatu bila ingin mengalahkan lawan. Terkadang tambang akan bergeser ke kiri dan ke kanan untuk menuju tujuan kemenangan. Kekompakan tim dan strategi yang tepat menjadi faktor besar untuk memenangkan pertandingan. Hal ini serupa dengan persatuan bangsa untuk menarik “tambang kemerdekaan” bersama-sama dari tangan penjajah.

2. Panjat Pinang

Pada perlombaan panjat pinang, peserta harus memanjat batang pinang yang sudah dilumuri oli atau pelumas untuk dapat merebut hadiah-hadiah yang tergantung di puncak. Lomba ini mengajarkan pada kita bahwa dibutuhkan kerja sama dan gotong royong untuk dapat mencapai tujuan. Peserta yang berkali-kali terjatuh karena licin namun terus memanjat juga mengajarkan pada kita untuk tidak mudah menyerah. Apapun situasi negara tercinta kita saat ini, jangan pernah menyerah untuk mengharumkan nama bangsa.

3. Balap Karung

Balap karung mengingatkan kita akan perihnya masa penjajahan, terutama pada saat penjajahan jepang. Pada masa itu, penduduk Indonesia begitu miskin hingga tak mampu membeli kebutuhan sandang. Akibatnya, mereka pun harus mengenakan goni yang kasar sebagai pengganti pakaian. Lomba balap karung ini juga memiliki filosofi betapa sulitnya berjalan bila kaki kita terkungkung. Mencoba melompat sejauh apa pun terasa sulit, bahkan kita bisa terjerembap. Jika kita masih dalam kungkungan penjajah, sekeras apa pun kita berusaha, akan sangat sulit bagi bangsa Indonesia untuk mengalami kemajuan.

4. Makan Kerupuk

Pada lomba makan kerupuk, peserta harus berusaha menghabiskan secepat mungkin kerupuk yang tergantung-gantung pada sebuah tali panjang. Dengan kondisi tangan terikat, membutuhkan perjuangan tersendiri untuk bisa menghabiskannya dengan cepat. Lomba makan kerupuk pun mengingatkan kita akan pedihnya masa penjajahan, saat rakyat tak mampu memenuhi kebutuhan pangan.

Arti Lain Kemerdekaan di Masa Kini: Merdeka dari Penyakit, Merdeka dari Hutang Biaya Medis

Selain perlombaan khas 17 Agustus, kemerdekaan nyatanya juga bisa dimaknai dari gaya hidup kita sehari-hari. Sudah sepantasnya gaya hidup sehat dilakukan agar tubuh merdeka dari serangan berbagai penyakit. Seperti apa gaya hidup sehat yang dimaksud? Penerapan gaya hidup sehat tersebut bisa dimulai dengan mengubah pola makan, berolahraga teratur, dan menghindari stress.

Selain gaya hidup sehat, arti lain dari kemerdekaan di masa kini adalah merdeka dari hutang biaya medis. Walau segala upaya sudah di lakukan untuk mendukung gaya hidup sehat, terkadang penyakit tetap menjangkiti. Maka, gaya hidup sehat ini pun akan lebih baik jika didukung oleh asuransi kesehatan. Besarnya peran asuransi kesehatan bahkan mampu memerdekakan setiap penggunanya dari biaya medis saat jatuh sakit. Sehingga dengan bermodalkan gaya hidup sehat dan asuransi kesehatan, maka rakyat Indonesia bisa merdeka pula dari penyakit atau hutang biaya medis karenanya.

Miliki asuransi kesehatan sekarang juga! Bandingkan mana produk asuransi kesehatan yang paling baik dari berbagai brand. Ketahui manfaat dan premi yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga, dan proseslah pembelian Anda dengan simple dan cepat secara online melalui Pasarpolis! Untuk info lebih lanjut, hubungi PasarPolis di nomor whatsapp 0877 0017 8000, telephone (021) 3044 8080 dan online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, lalu tentunya email di [email protected] Tunggu apa lagi? Raihlah kemerdekaan yang sesungguhnya!

You Might Also Like

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Leave a Reply