ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

perencanaan membeli rumah

Rumah adalah salah satu harta benda yang termasuk kedalam kebutuhan primer seseorang. Memiliki rumah ideal dengan harga yang memadai saat ini diakui cukup sulit terutama bila lokasi yang diinginkan strategis seperti dekat dengan transportasi umum atau letaknya di daerah yang perkembangannya pesat. Selain tak mudah menemukan hunian yang tepat, harga rumah pun relatif lebih mahal dan tiap tahun harganya terus saja naik. Untuk memenuhi kebutuhan papan tersebut, tentu seseorang perlu melakukan perencanaan membeli rumah sematang mungkin. Terlebih jika pendapatan per bulan yang diterima tidak terlalu besar.

Dalam menyusun perencanaan membeli rumah, ada dua hal yang harus diperhatikan, yakni mempersiapkan uang muka dan cicilan tiap bulan. Kebijakan terbaru mengatakan bahwa pembeli perlu mempersiapkan uang muka minimum 15 persen untuk rumah pertamanya. Maka itu, jika Anda hendak membeli rumah yang harganya Rp 300 juta, berarti Anda perlu menyiapkan dana awal setidaknya Rp 45 juta. Perlu diingat bahwa semakin besar uang muka pembelian rumah, maka cicilan bulanan akan lebih ringan. Begitu juga sebaliknya. Ketika memiliki keinginan untuk membeli rumah, jangan lupa juga untuk melindungi rumah Anda dengan asuransi properti terbaik.

Mempelajari Perencanaan Membeli Rumah

Selain hal paling esensial di atas, perencanaan membeli rumah seperti apa lagi yang harus Anda susun dari sekarang? Berikut ini tipsnya untuk Anda:

1. Manfaatkan KPR

Memang tidak mudah membeli rumah dengan uang tunai, terlebih bila saat ini kemampuan keuangan Anda cenderung pas-pasan. Satu-satunya cara adalah memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR). Bank biasanya meloloskan pengajuan KPR bila besar cicilan maksimal sepertiga dari penghasilan rutin Anda. Sebagai ilustrasi, misalnya gaji Anda saat ini adalah Rp 5 juta per bulan. Jadi, kemampuan cicilan bulanan Anda maksimal sebesar Rp 1,5 juta per bulan.

2. Cari Rumah Sesuai Kemampuan

Carilah rumah dengan harga yang terjangkau dengan kemampuan kocek Anda saat ini. Sembari membuat perencanaan membeli rumah, mulailah cari hunian yang Anda ingini namun juga sesuai dengan kemampuan. Hindari besar pasak daripada tiang, seperti membeli rumah yang nilainya di luar budget, karena di kemudian hari hanya akan menyusahkan Anda.  Setelah mengetahui kebutuhan uang muka KPR, tugas Anda selanjutnya adalah fokus mengumpulkan dana tersebut.

3. Buat Perencanaan Detail

Membuat perencanaan membeli rumah yang lebih detail pada dasarnya akan sangat membantu Anda dalam mengatur pengeluaran setiap bulan. Contohnya, rumah yang Anda incar saat ini seharga Rp 200 juta. Maka, besar kebutuhan uang muka KPR adalah 20% x Rp 200 juta = Rp 40 juta. Uang sebesar itu bisa dapat Anda kumpulkan dengan menyisihkan 35% dari penghasilan bulanan sebesar Rp 1,75 juta selama 24 bulan.

4. Jangan Berhutang

Agar impian memiliki rumah cepat terealisasi, maka hal terpenting yang harus Anda hindari adalah berhutang. Jika Anda memiliki hutang, maka prioritas akan beralih ke hutang-hutang yang harus segera Anda lunasi. Dengan begitu, terganggulah penyisihan dana kredit rumah Anda. Ingatlah bahwa semakin banyak hutang, maka semakin sulit pula Anda membagi penghasilan untuk membayarnya.

5. Berhemat

Sudah menentukan rumah yang akan dibeli dan membuat perencanaan membeli rumah? Kini saatnya ‘mengencangkan ikat pinggang’ alias berhemat demi masa depan Anda dan keluarga di rumah tersebut. Semakin banyak yang bisa Anda tabung, semakin cepat pula dana uang muka pembelian rumah terkumpul. Jalankan hidup hemat dan tekan dulu kebutuhan-kebutuhan tersier seperti hang out, wisata kuliner, makan di luar, belanja gadget, dan lain sebagainya.

Pentingnya Memiliki Perlindungan untuk Rumah Anda

Setelah mendapatkan rumah dengan susah payah, tentunya rumah Anda yang berharga harus dilindungi jika sewaktu-waktu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi rumah tersebut. Manfaat terpenting dari memiliki asuransi jenis ini adalah terjaminnya segala kerusakan yang terjadi pada rumah karena petir, ledakan, kebakaran, kerusuhan, huru-hara, perbuatan jahat, dan hal lain.

Ketahui lebih lanjut mengenai kepemilikan asuransi rumah atau properti melalui Pasarpolis.com dan dapatkan asuransi properti terbaik hanya di e-commerce asuransi terpercaya di Indonesia. Untuk info lebih lanjut, hubungi PasarPolis di nomor whatsapp 0877 0017 8000, telephone (021) 3044 8080 dan online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, lalu tentunya email di [email protected] Tunggu apa lagi?

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *