Properti

Ketahui Penyebab Utama Banjir dan Cara Menanggulanginya

Aug 09, 2017 No Comment

Penyebab utama banjir

Banjir, bencana alam yang satu ini memang paling sering ‘menyapa’ berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Tak tanggung-tanggung, banjir tersebut bahkan bisa menggenangi banyak lokasi dengan ketinggian yang bisa mencapai 1 meter. Penyebab utama banjir dari segi alam, secara sederhana dikarenakan meluapnya air dari sungai akibat curah hujan yang tinggi. Selain luapan, penyebab utama banjir lainnya juga datang dari genangan air yang menumpuk dan sulit meresap ke tanah.

Menilik penyebab utama banjir yang lain, sebenarnya masih banyak terutama dari sisi ulah manusia.

Apa sajakah penyebab utama banjir yang lainnya?

1. Pendangkalan Sungai Akibat Sampah

Penyebab utama banjir yang paling parah berasal dari pendangkalan sungai akibat sampah yang menumpuk. Sungai-sungai yang dulunya dalam, lama-lama menjadi dangkal akibat pembuangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sungai yang dangkal menyebabkan meluap ke pemukiman pada saat hujan deras.

2. Perusakan Lahan

Seperti yang terjadi di beberapa wilayah, banyak kejadian banjir dan tanah longsor karena ulah perusakan lahan untuk penambangan liar. Tanah yang seharusnya jadi penahan air menjadi tergerus dan menyebabkan banjir.

3. Penebangan Hutan

Hutan berfungsi sangat penting sebagai daerah resapan air, menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut. Jika penyebab utama banjir ini dibiarkan terus terjadi dengan skala besar, maka ada kemungkinan menyebabkan tanah longsor.

4. Pemukiman Liar

Penyebab utama banjir dari sisi ulah manusia yang terakhir adalah banyaknya pemukiman liar di sekitar sungai. Akibatnya, aliran sungai pun terhambat dan terjadilah banjir. Seperti rumah-rumah di bantaran yang juga telah lama menjadi ‘penyumbang’ sampah terbesar yang menyumbat aliran sungai di Jakarta.

Usir Banjir, Ikuti Cara Penanggulangan Ini

Banjir yang hampir setiap setahun sekali terjadi ini tak bisa dibiarkan terus menerus. Butuh penanggulangan berarti hingga akhirnya banjir tidak muncul lagi. Entah itu dari diri sendiri atau melalui pencanangan pemerintah, berikut ini adalah wujud pencegahan banjir yang bisa dilakukan:

Pertama, sungai atau selokan sebaiknya dipelihara dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Sungai ataupun selokan untuk tidak digunakan untuk membuang sampah atau tempat pembuangan sampah. Kebersihan dan deras arusnya harus di pantau secara berkala, bukan hanya mengamati jika terjadi banjir.

Kedua, hentikan pembangunan rumah penduduk di sepanjang sungai. Tanah di pinggiran sungai tidak seharusnya digunakan untuk pemukiman penduduk karena menyebabkan banjir dan tatanan masyarakat tidak teratur.

Ketiga, laksanakan program tebang pilih dan reboisasi. Pohon yang telah ditebang sebaiknya ada penggantinya. Menebang pohon yang telah berkayu kemudian di tanam kembali tunas pohon yang baru. Hal ini ditujukan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak menjadi gundul.

Keempat, gunakan alat pendeteksi banjir sederhana. Agar dapat mengetahui datangnya banjir diperlukan alat yang mendeteksi banjir yang sederhana yang masyarakat dapat mengetahui cara pembuatnya.

Banjir juga sering mengakibatkan kerusakan pada rumah. Contohnya saja cat tembok yang terkelupas dan menjadi kuning. Belum lagi perabotan dari kayu yang tak terselamatkan yang pada akhirnya rusak terendam banjir. Hal ini patut diwaspadai dengan sesegera mungkin mengasuransikan rumah Anda dengan asuransi properti. Apalagi kalau rumah Anda tergolong daerah yang rawan banjir. Manfaat terpenting dari memiliki asuransi properti adalah terjaminnya berbagai kerusakan yang terjadi pada rumah karena bencana alam, petir, ledakan, kebakaran, kerusuhan, huru-hara, perbuatan jahat, dan hal lain.

Ketahui lebih lanjut mengenai kepemilikan asuransi properti tersebut melalui PasarPolis. Dapatkan asuransi properti terbaik dengan terlebih dahulu membandingkan lalu membelinya secara online hanya di e-commerce asuransi pertama di Indonesia ini! Untuk info lebih lanjut, hubungi PasarPolis di nomor whatsapp 0877 0017 8000, telephone (021) 3044 8080 dan online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, lalu tentunya email di [email protected]. Tunggu apa lagi?

You Might Also Like

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan Anda!

Cegah Musibah Tidak Terduga dengan Manfaat Asuransi Properti

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Manfaat yang Didapat dari Asuransi Properti dengan Paket Gempa Bumi

Leave a Reply