ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Sesak napas pada anak

Sesak napas adalah keadaan yang bisa menjadi gawat dan dapat terjadi pada setiap orang, termasuk anak-anak. Penyebab penyakit yang dapat mengancam jiwa ini sangat bervariasi, bisa karena infeksi, alergi saluran pernapasan termasuk asma, tersedak benda asing, atau kelainan bawaan saluran napas. Sesak napas atau dyspnea umumnya muncul secara mendadak, serta ditandai dengan gejala napas yang lebih cepat dari biasanya. Keadaan sesak napas ini menjadi lebih kompleks bila yang mengalami adalah anak-anak. Sebab, anak-anak terutama balita, belum mampu menunjukkan kepada lingkungan sekitarnya bila mereka mengalami sesak napas.

Sebagai orangtua, berikut cara untuk mengobati sesak napas pada anak:

1. Longgarkan Pakaiannya

Cara mengatasi sesak napas pada anak yang pertama adalah dengan melonggarkan pakaiannya. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa merasa lebih lega saat bernapas. Kemudian, pijitlah secara perlahan daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (lebih tepatnya di antara jempol dan jari telunjuk kaki). Bila perlu, berikan bronchodilator seperti salbutamol untuk meringankan sesaknya. Namun jika hal ini tidak membuat kondisi anak Anda menjadi lebih baik, maka segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang lebih tepat.

2. Beri Tempat Nyaman

Segeralah mencari tempat senyaman mungkin jika anak Anda mulai mengalami sesak napas. Bila perlu, bawalah si kecil ke tempat tidur atau di ruangan manapun yang dapat membuat anak Anda beristirahat dengan tenang. Suasana yang nyaman dapat membantu mengembalikan kondisi si kecil dari gangguan sesak napas pada anak.

3. Atur Posisi Duduk Anak

Jika Anda sudah menempatkan Anak di lokasi yang nyaman, maka segera posisikan anak Anda dalam keadaan duduk atau setengah duduk. Bila mungkin, sandarkan anak Anda ke bantal. Tapi jangan pernah memposisikan anak Anda yang sesak nafas dengan posisi tidur karena hal ini justru akan menyumbat saluran pernafasannya dan membuat keadaan asma menjadi semakin parah.

4. Sejukkan Kamar

Cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi sesak napas pada anak adalah dengan menyejukkan kamar tidurnya. Sebab, ruangan yang panas justru semakin memperburuk rasa sesak tersebut, lho. Nyalakan AC atau kipas angin dengan suhu yang cukup sehingga sesak napas pada anak bisa reda.

5. Jangan Panik

Saat menghadapi anak yang sesak napas, sebisa mungkin jangan pernah merasa panik. Panik yang dilihat anak justru akan membuatnya merasa semakin cemas akan apa yang sedang dialami. Lebih baik, ajaklah anak Anda berbicara untuk mengalihkan perhatiannya terhadap rasa sesak tersebut. Anda juga bisa memberi si kecil air putih hangat, jangan panas, yang dipercaya juga mampu menenangkan perasaannya.

Sayangi Anak, Miliki Asuransi Kesehatan Untuknya

Tak hanya sesak napas saja, nyatanya belakangan ini cukup banyak penyakit yang rentan menyerang anak-anak. Untuk mengantisipasinya selain dengan memberi asupan gizi yang tepat dan lingkungan yang sehat, sebagai orangtua Anda pun disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan untuk anak. Apa sajakah manfaat memiliki asuransi kesehatan? Salah satu manfaat utamanya yakni perlindungan terhadap berbagai bentuk pengobatan seperti rawat inap, berobat jalan, biaya dokter dan rumah sakit, serta pembelian obat-obatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tak perlu berpikir dua kali, terutama soal biaya, dan segera membawa Anak ke dokter terbaik demi penanganan yang tepat dan berkualitas. Demi kesehatan sang buah hati, lakukan apapun semaksimal mungkin, termasuk dengan memiliki asuransi kesehatan.

Bagaimana cara mendapatkan asuransi kesehatan? Bandingkan asuransi kesehatan terbaik di PasarPolis. Sebagai penyedia jasa asuransi online di Indonesia, PasarPolis telah menjalin kerjasama dengan sekitar 30 perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia, diantaranya AXA, Zurich, Chubb, Sinarmas, Jaga Diri, Lippo Insurance, Equity, dan lain sebagainya. Jadi Anda tinggal ke www.pasarpolis.com untuk membandingkan berbagai jenis asuransi yang manfaat dan harganya sesuai dengan Anda dan keluarga. Untuk info lebih lanjut, hubungi PasarPolis di nomor whatsapp 0877 0017 8000, telephone (021) 3044 8080 dan online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, lalu tentunya email di [email protected]. Tunggu apa lagi?

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Cara Mengobati Sesak Napas Pada Anak

Leave a Reply