ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Tips aman berkendara di jalan tol

Beda medan, biasanya beda pula pressure seseorang ketika mengendarai mobil. Apalagi kalau Anda tergolong sebagai pengemudi baru. Jalan tol adalah salah satu track yang bagi kebanyakan dari mereka cukup menegangkan. Sebab bagi pemula yang baru bisa mengemudikan kendaraan roda empat, biasanya masih hati-hati ketika memacu mobilnya. Karakter ini bisa bermasalah ketika tengah melintasi jalan bebas hambatan ini, dimana kendaraan biasa melaju cepat.

Banyak hal yang memang harus diwaspadai ketika mengemudi di sepanjang jalan tol dimana semua mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Bagaimana tips aman berkendara di jalan tol bagi pemula?

1. Siapkan Uang Tol

Tips aman berkendara di jalan tol bagi pemula yang pertama adalah siapkan uang tol. Ketika akan melewati jalan tol, maka kita harus mengambil karcis di gerbang masuk jalan tol. Sementara untuk membayar, bisa di gerbang masuk atau juga di gerbang keluar. Untuk itu, maka sangat disarankan agar Anda sudah menyiapkan uang untuk melakukan pembayaran. Di beberapa gerbang tol, juga sudah tersedia fasilitas penggunaan kartu e-toll/e-money. Baiknya kartu maupun uang disiapkan sebelum Anda akan memulai perjalanan. Dengan begitu, maka Anda tetap fokus menyetir dan tidak perlu berlama-lama di gerbang tol untuk mencari uang di dompet Anda.

2. Pastikan Anda Mengetahui Rute Jalan Tol

Selanjutnya, ketahui dahulu kemana tujuan Anda saat melalui jalan tol. Sebisa mungkin jangan sampai salah jalan karena tidak ada jalur putar balik di tol. Bila perlu tanyakan arah dan tujuan Anda ke petugas jalan tol yang sedang bertugas. Selain itu, jalan tol juga memiliki rambu yang harus Anda patuhi seperti kecepatan minimum dan kecepatan maksimum, larangan mendahului di lajur kiri, larangan berhenti di jalan tol, dan larangan melaju di bahu jalan tol.

3. Jaga Jarak

Tips aman berkendara di jalan tol yang ketiga, jaga jarak. Ada banyak teori mengenai jarak aman di jalan tol yang intinya adalah supaya Anda bisa berhenti dengan aman di belakang mobil yang berhenti mendadak. Saat mengemudi dengan kecepatan 100 km/jam, baiknya Anda menjaga jarak aman sekitar 100 m dengan kendaraan di depan Anda sehingga jika mobil di depan mengalami masalah dan mengerem mendadak, Anda masih memiliki jarak yang cukup untuk berhenti di belakang mobil tersebut tanpa menabraknya.

4. Ambil Jalur Tengah

Sandi Susandi, Founder Imperium Driving School mengatakan jalur terbaik bagi pemula yang mengemudi dengan kecepatan yang tidak tinggi ada di jalur tengah, khususnya tol dengan tiga lajur atau lebih. Tips aman berkendara di jalan tol dengan posisi ini dipastikan tidak akan mengganggu mobil yang cepat dan bisa memungkinkan ketika ingin bermanuver.

5. Lepas Semua Gadget

Usahakan untuk tidak  menjawab telepon, mengetik pesan singkat atau sms, mencari lagu di mp3 player, dan melakukan kesibukan lainnya dengan gadget Anda. Jika Anda bersama penumpang lain, biarkan ia yang melakukannya. Ingat, beberapa kasus kecelakaan yang pernah terjadi kebanyakan disebabkan oleh menggunakan gadget selagi mengemudi, lho!

Jadi, tak perlu lagi ragu berkendara di jalan tol walau Anda tergolong masih pemula. Anda bisa mengikuti kelima tips aman berkendara di jalan tol pada artikel ini dan pastinya teruslah berhati-hati. Untuk ketenangan dalam berkendara, asuransikan kendaraan Anda. Keuntungan mempunyai asuransi kendaraan adalah Anda dan kendaraan terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi saat Anda berkendara  seperti kerugian Anda akibat kecelakaan, kerugian pihak ketiga akibat kecelakaan, juga kehilangan mobil dan bencana alam seperti banjir ataupun terorisme. Mau tahu asuransi kendaraan yang paling tepat untuk Anda? Kunjungi www.pasarpolis.com sekarang dan bandingkan harga serta manfaat berbagai perusahaan asuransi terkemuka.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *