Tips dan Trik Mencari Tiket Mudik Murah
Perjalanan

Tips dan Trik Mencari Tiket Mudik Murah

Jul 03, 2017 No Comment

Tradisi mudik begitu lekat dengan lebaran. Menghabiskan momen lebaran bersama keluarga di kampung halaman, seakan tak tergantingan dengan apapun. Inilah yang membuat banyak orang rela jauh-jauh pulang ke kota asal walau harus menerjang besarnya arus mudik. Menurut catatan Kementerian Perhubungan RI, jumlah pemudik yang pulang kampung dengan beragam pilihan moda transportasi diketahui mencapai 20 juta orang setiap tahunnya. Beberapa di antara mereka memilih untuk menggunakan transportasi umum seperti pesawat yang dinilai lebih praktis.

Kelebihan mudik dengan pesawat memang banyak. Salah satunya adalah cepat sampai tujuan. Namun Anda juga perlu lebih berhati-hati saat hendak membeli tiket tersebut, sebab kalau tidak dengan menggunakan trik tertentu, harga tiket tersebut bisa 2 kali lipat harganya.

Simak Trik Mencari Tiket Mudik Murah Berikut Ini:

1. Beli Tiket Jauh Sebelum Hari H

Trik mencari tiket mudik murah yang pertama tentu saja Anda harus membelinya dari jauh-jauh hari. Waktu terbaik untuk membeli tiket mudik lebaran adalah saat maskapai memberikan harga tawaran terbaik yakni 50 hari sebelum Lebaran. Pada masa ini, masih banyak tiket promo yang disediakan oleh maskapai. Oleh karena itu, manfaatkan periode tersebut dengan segera membeli tiket karena kesempatan mendapat tiket pesawat murah semakin besar.

2. Penerbangan Tengah Malam

Bukan hanya saat mudik, tapi harga tiket untuk penerbangan tengah malam atau subuh umumnya jauh lebih murah. Trik mencari tiket mudik murah ini juga bisa Anda gunakan selama periode mudik berlangsung. Jangan lupa untuk rutin mengecek harga tiket pesawat ke kota yang dituju sehingga Anda dapat memesannya langsung saat menemukan harga paling bersahabat.

3. Gunakan Promo Newsletter

Buatlah account di setiap situs penjualan tiket pesawat online dan daftarkan email Anda. Pasalnya beberapa maskapai melakukan promosi melalui cara ini. Mereka akan mengirim berbagai promo atau produk serta paket terbaru kepada Anda. Contohnya seperti potongan Rp 100 ribu dari tiket yang hendak Anda beli sebagai privilege karena telah berlangganan newsletter. Trik mencari tiket mudik murah tak pernah semudah ini.

4. Pilih Rute Transit

Demi tiket mudik murah, tidak ada salahnya Anda mencoba rute alternatif. Misalnya, Anda bisa memilih penerbangan ke kota lain yang dekat dengan kota tujuan. Atau jika biasanya Anda menggunakan penerbangan langsung, saat mudik tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan dengan transit. Harga tiket penerbangan dengan transit bisa lebih murah hingga 50% dibanding harga tiket penerbangan langsung.

5. Pesan Tiket di Malam Hari

Trik mencari tiket mudik murah selanjutnya, lakukan pemesanan tiket di malam hari. Malam hari adalah waktu yang cocok untuk Anda berburu tiket. Sebab, di waktu seperti ini jarang sekali orang yang berburu tiket, itu berarti Anda akan minim sekali pesaing. Anda hanya perlu mengorbankan sedikit waktu tidur di malam hari. Sebagai tambahan info, untuk promo besar, beberapa maskapai LCC (Low Cost Carrier) biasanya memulai penjualan tiket mulai pukul 23.00 WIB.

6. Gunakan Mode Incognito

Sering mengecek harga pesawat yang sama melalui gadget seperti  smartphone atau laptop, bisa membuat harga semakin mahal. Hal ini disebabkan karena website tiket online akan menaikkan harga berdasarkan cookie pada browser sehingga Anda di dorong untuk segera membeli tiket tersebut. Cara untuk mencegah hal tersebut, pakailah mode incognito (private browsing) untuk mencari harga tiket termurah. Sedangkan bila Anda menggunakan browser Google Chrome, Anda bisa menekan Command (atau “Ctrl” jika Anda menggunakan PC), Shift, lalu “N”. Untuk Mozilla Firefox, tekan Command, Shift, lalu “P”. Jika Anda menggunakan Safari, klik Safari pada menu lalu pilih “Private Browsing”. Maka cookie pada browser Anda bisa  ter-reset setiap Anda membuka window mode incognito baru. Agar hasil search Anda sebelumnya terhapus, sebaiknya tutup semua window dengan mode incognito tersebut lalu buka yang baru.

7. Jangan Memborong Tiket Pesawat

Bila Anda berencana untuk melakukan penerbangan dengan orang banyak, sebaiknya Anda jangan sekaligus memesan tiket pesawat sesuai jumlah rombongan. Hal ini karena Anda bisa terkena biaya yang mahal daripada bila Anda memesan satu tiket pesawat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan membuka website dalam jumlah window sesuai dengan jumlah rombongan. Kemudian search secara bersamaan. Semua window yang Anda buka tersebut akan memberikan keterangan harga yang sama dan Anda hanya perlu meng-klik satu persatu untuk membeli.

8. Pilih Bandara Sekunder

Biasanya di kota-kota besar memiliki bandara sekunder yang lebih kecil dari bandara utama. Untuk sebuah maskapai penerbangan, sebenarnya bila mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder akan lebih mahal dibandingkan jika pesawat mendarat di bandara utama. Hal ini berpengaruh pada harga tiket pesawat, sehingga membuat harga tiket pesawat yang mendarat di bandara sekunder relatif lebih rendah dibandingkan harga tiket pesawat yang mendarat di bandara utama.

Travel dan Mudik dengan Aman

Setelah mengetahui trik mencari tiket mudik murah, hal berikutnya yang perlu menjadi concern Anda sebelum berangkat mudik adalah perlindungan ketika Anda travel atau mudik. Caranya adalah dengan mempunyai asuransi perjalanan. Sering kali asuransi perjalanan terabaikan begitu saja dan dianggap tidak begitu penting. Padahal berbagai manfaatnya akan sangat menguntungkan Anda dari segi keselamatan diri hingga jaminan ganti rugi jika pesawat yang Anda tumpangi sewaktu-waktu mengalami delay atau batal terbang, dan juga untuk perlindungan koper Anda bila nyasar atau hilang. Mau travel dan mudik dengan aman ketika naik pesawat? Asuransi perjalanan kuncinya. Pilih, bandingkan, dan beli asuransi perjalanan yang paling tepat untuk Anda secara online melalui www.pasarpolis.com!

 

You Might Also Like

Jangan Lewatkan! 5 Festival Menarik di Bulan Agustus Ini

Jangan Biarkan Zika Merusak Liburanmu!

Bebaskan Diri dari Khawatir ketika Travel ke Luar Negeri

6 Tempat Liburan Murah Yang Dapat Anda Kunjungi Di Tanggal Tua

Meriahnya 5 Perayaan Hari Tahun Baru Islam di Pulau Jawa

Liburan Pintar Menjelang Akhir Tahun

Mau Traveling Tetap Seru di Musim Hujan? Ini Tipsnya

5 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Tanpa Promo

7 Kegiatan Ngabuburit Seru Ini Wajib Anda Coba!

8 Hal yang Perlu Dibawa untuk Liburan Musim Dingin

5 Kiat Jitu Melancong Irit ke Singapura

Inilah Destinasi Wisata yang Cocok dengan Zodiak Anda!

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Setidaknya Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Behind the Brand: Citilink

5 Lokasi Wisata Pulau Jawa Terbaik di Bulan Agustus

5 Rekomendasi Wisata Luar Negeri di Bulan Juli

Inilah 10 Tips Traveling Bersama Anak

5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan

Bosan Makan di Rumah? Yuk, Coba 8 Tempat Makan Enak di Jakarta

Tips Persiapan Naik Haji Agar Aman dan Nyaman

Menjaga Kesehatan Selama Liburan? Ini Rahasianya!

Jepang, Negara Tujuan Wisata di Musim Gugur

“Surga Tersembunyi” di Indonesia yang Wajib Untuk Dijelajahi bagi Pleasure Seekers nih

Nikmati Serunya Libur Lebaran ke 5 Negara Ini

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

7 Destinasi Liburan Untuk Cuti Natal dan Tahun Baru Anda

Tidak Perlu Ke Jepang Lihat Sakura, 5 Tempat Sakura Ini Ada di Indonesia Loh

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Leave a Reply