ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

gejala penyakit saat puasa

Puasa merupakan salah satu hal yang dilakukan untuk memenuhi kewajiban sebagai umat muslim. Puasa tidak hanya sekedar ibadah tetapi ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi kadar gula darah, membantu menyehatkan sistem pencernaan. Tetapi jika Anda tidak menjalankan puasa dengan baik, bukan manfaat yang Anda dapatkan tapi malah bisa menimbulkan beberapa gejala penyakit saat puasa.

9 Gejala Penyakit Saat Puasa yang Bisa Timbul Saat Berpuasa

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala penyakit yang biasa dan lazim muncul ketika awal menjalankan puasa. Sakit kepala ini disebabkan kurangnya asupan glukosa ke dalam tubuh seperti hari-hari biasanya saat tidak berpuasa.

2. Daya Pikir yang Menurun

Daya pikir menurun atau sulit dalam berkosentrasi saat berpuasa adalah hal yang wajar karena kurangnya asupan yang masuk dan juga kurang waktu tidur. Perbaiki pola makan dan perhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi serta cukup istirahat yaitu minimal 7 jam per hari.

3. Darah Rendah

Saat berpuasa sebagian orang mengalami tekanan darah rendah, karena berkurangnya jumlah asupan air atau cairan dan juga kurangnya kadar garam pada tubuh. Gejala darah rendah biasanya ditandai dengan keringat berlebihan, merasa lelah dan pusing.

4. Mual dan Muntah

Pada hari pertama berpuasa biasanya Anda akan merasakan mual dan muntah. Tidak usah khawatir gejala ini akan hilang jika tubuh sudah terbiasa berpuasa dan juga tidak berbahaya.

5. Kembung

Tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dan tidak bisa cepat menyesuaikan. Kembung pada saat berpuasa menandakan sedang terjadinya proses adaptasi pada tubuh Anda. Kembung akan hilang dengan sendirinya pada saat tubuh sudah terbiasa.

6. Konstipasi/Susah Buang Air Besar

Kondisi ini normal saat kita berpuasa karena tubuh banyak menyaring makanan, kurang minum (cairan) dan kurang konsumsi serat.

7. Sakit Perut

Sakit perut adalah gejala penyakit saat puasa lainnya. Sakit perut pada saat berpuasa biasanya disebabkan karena terlalu banyak makan pada saat berbuka.

8. Perubahan Warna Air Seni

Warna air seni menjadi kuning tua pada saat puasa menandakan tubuh mulai mengalami dehidrasi atau merupakan indikasi bahwa tubuh mulai mengeluarkan banyak toksin. Perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka serta konsumsi daging, sayuran dan buah-buahan.

9. Sakit Pinggang

Sakit pinggang juga termasuk gejala penyakit saat puasa. Mobilitas yang kurang atau kurang bergerak adalah penyebabnya dan cara mengatasinya yaitu tetap aktif dalam beraktivitas seperti biasa dan lakukanlah olahraga ringan disaat pagi dan juga sebelum tidur untuk mencegah terjadinya sakit pada pinggang.

9 gejala penyakit saat puasa di atas bisa menjadi acuan untuk Anda dalam menjaga kesehatan pada saat berpuasa. Perhatikan asupan untuk tubuh yang sesuai kebutuhan selama berpuasa, karena hal terpenting dalam menjalankan  puasa yang baik dan sehat adalah dengan mengatur menu sahur dan juga saat berbuka, karena pada saat itulah tubuh akan mendapatkan asupan untuk mencukupi kebutuhan kalori. Walau terjadi perubahan jadwal makan, bukan berarti kebutuhan kalori juga harus berubah dan apalagi berkurang.

Anda bisa memproteksi diri dari ancaman gangguan kesehatan seperti salah satu dari gejala penyakit saat puasa yang bisa kapan saja menyerang dan menggangu ibadah puasa Anda dengan mendapatkan perlindungan kesehatan dari penyedia jasa asuransi kesehatan terpercaya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bandingkan manfaat dan harga dari berbagai macam asuransi kesehatan di PasarPolis. Jangan sampai ibadah puasa Anda terganggu dengan munculnya gejala-gejala penyakit yang timbul. Segera kunjungi www.pasarpolis.com sekarang juga.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Waspadai Gejala Penyakit Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *