ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

penyakit yang sering muncul saat lebaran

Meriahnya lebaran selalu tak lepas dari hidangan-hidangan khas yang lezat seperti ketupat sayur, rendang, sambal goreng ati, dan opor ayam. Seakan menjadi suatu tradisi, ada yang kurang rasanya jika tidak menikmati keempat jenis makanan tersebut di Hari Raya. Namun Anda perlu berhati-hati, mengingat sebagian besar makanan yang telah disebutkan ini bersantan dan tinggi lemak. Dengan begitu, penyakit pun tak akan segan menghampiri jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Diakui oleh dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, penyakit yang sering muncul saat lebaran memang rata-rata disebabkan oleh konsumsi makanan bersantan dan tinggi lemak sepanjang libur lebaran. Apalagi jika dikonsumsinya dalam jumlah banyak hingga berhari-hari. Salah satu gangguan kesehatan yang kemungkinan besar timbul adalah peningkatan kolesterol serta kadar gula darah.

Penyakit Yang Sering Muncul Saat Lebaran

1. Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang sering muncul saat lebaran karena pola makan yang berlebihan. Bayangkan saja setelah makan ketupat sayur, opor ayam, atau menu makanan berat lainnya, tak menutup kemungkinan Anda juga akan mencicipi kue-kue kering ketika berkunjung ke rumah saudara. Pencernaan yang sebelumnya sudah terbiasa dengan pola makan selama puasa menjadi kaget, sehingga terpaksa untuk bekerja keras dan mengakibatkan diare. Sebagai pertolongan pertamanya, Anda bisa mengonsumsi teh pahit agar intensitas buang air berkurang.

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi tekanan di pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh melampaui batas aman, yakni di atas 140/90 mmHg. Makanan-makanan khas lebaran yang tinggi lemak bisa dengan mudah memicu lonjakan tekanan darah tersebut. Kontrol pola makan Anda saat lebaran, agar risiko yang lebih berbahaya seperti stroke atau serangan jantung tidak muncul.

3. Maag

Ada pun penyakit yang sering muncul saat lebaran yakni maag. Makanan yang sering disajikan ketika lebaranĀ  biasanya juga terasa pedas. Contohnya saja sambal goreng ati atau rendang. Terlebih jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan dan terburu-buru, tak menutup kemungkinan maag yang Anda derita pun kambuh. Rasa perih pada perut bagian tengah biasanya timbul saat maag menimpa Anda. Sebagai penawarnya, segera minum obat maag dan hentikan konsumsi makanan-makanan tersebut.

4. Radang Tenggorokan

Makanan yang terdiri dari berbagai macam bumbu dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Gejala radang tenggorokan umumnya ditandai dengan rasa tertusuk pada tenggorokan dan sakit saat menelan. Tak jarang kedua gejala ini pun disertai pusing kepala yang hebat. Radang tenggorokan bisa disembuhkan secara alami dengan banyak minum air hangat, lalu istirahat yang cukup.

5. Kolesterol dan Kadar Gula Darah Naik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolesterol dan kadar gula yang naik juga bisa menghampiri Anda pasca lebaran. Penyebab utama penyakit yang sering muncul saat lebaran ini sudah jelas dikarenakan konsumsi makanan yang tidak sehat. Dengan kondisi asupan lemak dan gula berlebihan seperti ini, tak heran bila usai lebaran banyak orang yang mengalami peningkatan kolesterol dan kadar gula darah. Jika dibiarkan, risikonya bisa menjalar ke penyakit yang lebih berbahaya seperti stroke atau serangan jantung.

Itulah kelima penyakit yang sering muncul saat lebaran. Tak ingin penyakit yang sering muncul saat lebaran menimpa Anda? Untuk menghindari penyakit yang sering muncul saat lebaran di atas, sebenarnya mudah saja. Cobalah konsumsi makanan tersebut dalam porsi sedikit, dan minum penawar lemak seperti teh hijau tanpa gula sesaat setelah makan.

Bagaimana jika sewaktu-waktu penyakit tersebut muncul? Asuransi kesehatan bisa menjadi pertolongan finansialnya. Disaat biaya pengobatan jalur medis semakin mahal, asuransi akan menanggung biaya yang Anda keluarkan untuk dokter, obat dan lain-lain. Itulah alasan mengapa memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting. Sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan? Untuk memilih asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga, bandingkan manfaat dan harga nya di www.pasarpolis.com sekarang juga. Pembelian pun dapat dilakukan via online dengan cepat dan mudah.

Layanan customer service www.pasarpolis.com pun tersedia dalam berbagai medium: whatsapp ke 0877 0017 8000, telephone ke (021) 3044 8080, online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, dan tentunya email ke [email protected] Tunggu apa lagi? Dapatkan asuransi kesehatan dan nikmatilah hari kemenangan dengan tenang.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Lebaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *