ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

asuransi saat mudik

Salah satu tradisi lebaran yang hampir tak pernah terlewatkan adalah mudik. Mudik yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pulang ke kampung halaman, akan hanya terasa lebih besar euforianya di beberapa hari menjelang lebaran. Sebab bagi para perantau, merayakan lebaran kurang lengkap rasanya jika tanpa kehadiran keluarga dan indahnya suasana di kota asal.

Tidak tanggung-tanggung, saat mudik bahkan pemudik rela menggunakan transportasi umum hingga kendaraan pribadi. Bagi Anda yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama dari segi keselamatan mengingat arus mudik yang begitu padat sangat rentan akan kecelakaan. Korlantas Mabes Polri telah merilis data bahwa pada tahun 2015 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 2776, dan pada 2016 berkurang menjadi 2168. Lain ceritanya jika Anda mudik dengan transportasi umum sepeti bus, kereta, atau pesawat. Risiko keterlambatan atau barang hilang di tengah-tengah volume penumpang yang membludak.

Asuransi Saat Mudik Itu Sangat Penting

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, di sinilah asuransi saat mudik berperan melindungi Anda. Asuransi saat mudik sendiri termasuk ke dalam asuransi perjalanan yang menjamin segala risiko selama perjalanan mudik Anda berlangsung. Lantas, seberapa penting memiliki asuransi saat mudik? Simak 5 alasan pentingnya asuransi saat mudik tersebut:

1. Jaminan Risiko Kecelakaan

Bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, asuransi saat mudik berperan menjamin diri Anda apabila dalam perjalanan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian, kelumpuhan, atau kehilangan anggota badan. Jaminan tersebut berupa uang yang diklaim untuk memenuhi kebutuhan medis pemudik.

2. Mengganti Kerugian Penundaan Perjalanan

Asuransi saat mudik juga akan mengganti kerugian apabila terjadi penundaan perjalanan, contohnya pesawat yang delay. Belum lagi, ada beberapa maskapai yang bisa sampai membatalkan keberangkatan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kerugian atas risiko keterlambatan atau pembatalan perjalanan ini akan ditanggung pihak asuransi bila Anda memilih produk asuransi yang memang mencakup manfaat keterlambatan atau pembatalan perjalanan.

3. Perlindungan Harta Benda di Rumah

Banyak para pemudik yang meninggalkan rumah mereka tanpa penjagaan. Akibatnya, musibah seperti kemalingan atau kebakaran yang mengakibatkan kehilangan harta benda mereka bisa saja terjadi. Nah, jika Anda memiliki asuransi saat mudik, tak perlu cemas akan risiko-risiko di atas. Sebab perlindungan harta benda yang ditinggalkan termasuk ke dalam salah satu jaminan dari asuransi tersebut.

4. Menanggung Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Bagasi merupakan permasalahan yang juga sering terjadi saat mudik dengan pesawat. Pasalnya, terkadang ada saja masalah seperti koper yang rusak, bahkan hilang. Hal ini pasti sangat merugikan Anda. Kalau sudah begini, perusahaan asuransi akan mengganti kerusakan dan kehilangan bagasi sesuai dengan aturan yang tertulis di dalam polis asuransi saat Anda mudik atau travel.

5. Santunan Keluarga Korban Kecelakaan

Kemungkinan buruk seperti kecelakaan yang berujung maut mungkin saja terjadi. Jika sewaktu-waktu musibah tersebut menimpa seseorang, maka asuransi saat mudik atau travel yang dimiliki juga akan memberi santunan kepada keluarga korban yang ditinggalkan. Santunan tersebut bahkan bisa mencapai lebih dari 100%, sesuai dengan uang pertanggungan yang disetujui sebelumnya.

Walau pada dasarnya asuransi saat mudik bersifat preventif, jika Anda memilikinya, paling tidak risiko selama perjalanan pulang kampung bisa ditanggulangi secara finansial. Maka dari itu, sebelum mudik pastikan bahwa asuransi sudah menjadi satu diantara to-do-list yang sudah Anda penuhi karena keselamatan Anda dan keluarga adalah prioritas utama.

Untuk membandingkan manfaat dan harga dari berbagai asuransi perjalanan dari perusahaan asuransi yang terpercaya seperti Zurich, Sinarmas, Mega Insurance dan lainnya, kunjungi PasarPolis. Dapatkan asuransi yang sesuai bagi Anda dan juga keluarga dengan cepat dan simple sehingga mudik Anda dan keluarga bisa nyaman dan penuh dengan ketenangan.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Saat Mudik

Leave a Reply