ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

asuransi atau bpjs

Datangnya penyakit memang tidak ada yang bisa memprediksi, bahkan bisa saja saat Anda merasa telah menjalankan pola hidup sehat. Satu hal yang sering kali menjadi pikiran adalah soal biaya pengobatan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, adanya asuransi ternyata cukup mengambil peran yang besar dalam menanggulangi masalah tersebut. Terlebih di Indonesia sendiri terdapat dua jenis perlindungan yang bisa digunakan, yakni BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan swasta.

BPJS kesehatan adalah program pemerintah yang dipayungi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sedangkan asuransi kesehatan swasta berdiri sendiri dalam naungan sebuah Perseroan Terbatas (PT). Keduanya sama-sama memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat yang layanannya sekilas tampak serupa, walau sebenarnya ada beberapa hal juga yang membedakan.

Sama- Sama Menjamin Kesehatan, Apa Beda Asuransi Swasta dengan BPJS?

Banyak yang beranggapan bahwa ketika seseorang telah menjadi pemegang BPJS kesehatan, maka asuransi kesehatan swasta tidaklah begitu penting lagi. Namun pada kenyataannya, asuransi dan BPJS mempunyai manfaat yang saling melengkapi jika Anda memegang keduanya. Agar tidak lagi harus memilih asuransi atau BPJS, berikut ini adalah kelebihan masing-masing dari mereka sebagai jaminan kesehatan terbaik untuk Anda:

Asuransi Swasta

  • Banyak Pilihan Rumah Sakit

Saat memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda bisa memilih untuk berobat ke rumah sakit mana pun dan asuransi akan menanggung biayanya, meskipun rumah sakit itu tidak memiliki kerja sama dengan asuransi milik Anda. Sedangkan dengan BPJS, Anda hanya bisa berobat ke Faskes, yakni fasilitas kesehatan berbentuk klinik, pukesmas, atau dokter keluarga yang ditunjuk secara resmi oleh BPJS. Namun, apabila Faskes memiliki keterbatasan untuk menangani penyakit yang sedang Anda idap, pihaknya akan memberi surat rujukan ke rumah sakit lain sebagai rekomendasi perawatan lebih lanjut. Selain itu, Anda pun bisa meminta rujukan ke rumah sakit yang Anda inginkan dengan mengisi form berbeda, lalu tunggu proses pemindahan rumah sakit tersebut selama paling lambat 3 bulan.

  • Wilayah Tak Terbatas

Masalah batas wilayah, kebanyakan asuransi swasta yang dikelola oleh perusahaan asing maupun lokal tetap bisa digunakan sekalipun Anda berada di luar negeri. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu jatuh sakit ketika sedang ada urusan atau berlibur ke negara lain.

  • Menjamin Penyakit Kritis

Banyak dari asuransi swasta juga menjamin penyakit kritis (critical illness). Jaminan ini akan memberi Anda santunan berupa uang tunai sebagai pegangan ketika Anda terdiagnosa suatu penyakit kritis. Jenis penyakit kritis yang termasuk dalam perlindungan ini bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pihak asuransi. Sebagai contoh, beberapa penyakit kritis yang biasanya dijamin adalah kanker, serangan jantung, stroke, atau gagal ginjal.

BPJS Kesehatan

  • Premi Terjangkau

Asuransi atau BPJS? Dari sisi premi, BPJS kesehatan memang memberikan keringanan yang sangat berarti bagi para penggunanya. Besaran premi untuk kelas III, kelas II, dan kelas I berturut-turut adalah Rp 25.500, Rp 51.000, dan Rp 80.000 per individu.

  • Menjamin Perawatan Kesehatan

Saat memiliki BPJS kesehatan, berarti Anda juga berhak atas biaya perawatan kesehatan yang sepenuhnya ditanggung oleh pihak BPJS. Perawatan kesehatan tersebut meliputi gigi, optik, imunisasi, kehamilan, persalinan, hingga keluarga berencana.

  • Berlaku Seumur Hidup

Untuk masalah durasi jaminan, BPJS kesehatan juga berlaku seumur hidup. Jadi jika Anda memiliki keduanya, asuransi atau BPJS bisa Anda gunakan dengan jangka waktu yang sama-sama panjang.

Saat Kehadiran Asuransi Swasta Menyempurnakan BPJS

BPJS kesehatan tentu menjamin setiap pesertanya untuk mendapat pelayanan gratis hingga mereka sembuh. Akan tetapi soal obat, layanan ini hanya akan mengcover obat yang terdaftar pada BPJS kesehatan saja. Belum lagi kalau Anda menginginkan kamar dengan kelas yang lebih baik dari jatah seharusnya. Untuk saat ini, kedua hal tersebut masih menjadi keterbatasan dari BPJS Kesehatan. Itulah mengapa, setiap orang pada dasarnya sangat disarankan memiliki 2 jenis jaminan kesehatan, baik itu asuransi dan BPJS. Sebab keterbatasan BPJS kesehatan di atas bisa mudah diatasi dengan hadirnya asuransi swasta.

Jadi tak perlu lagi harus memilih satu di antara asuransi atau BPJS. Sebab, asuransi dan BPJS jelas sama-sama memiliki banyak kelebihan yang saling melengkapi. Untuk tahu asuransi kesehatan swasta mana yang paling tepat untuk Anda dan keluarga, bandingkan manfaat dan harga dari berbagai asuransi di PasarPolis.

Sebagai penyedia jasa asuransi online di Indonesia, PasarPolis telah menjalin kerjasama dengan sekitar 30 perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia, diantaranya AXA, Zurich, Chubb, Sinarmas, Jaga Diri, Lippo Insurance, Equity, dan lain sebagainya. Layanan customer service www.pasarpolis.com pun tersedia dalam berbagai medium: whatsapp ke 0877 0017 8000, telephone ke (021) 3044 8080, online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, dan tentunya email ke [email protected] Dapatkan perlindungan bagi keluarga Anda dengan harga dan manfaat yang paling cocok bagi mereka yang Anda cintai.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Leave a Reply