ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

kanker karena stres bekerja

Tidak dapat dipungkiri dalam dunia pekerjaan, pasti ada saja masalah yang bermunculan. Baik itu dari diri sendiri, lingkungan pekerjaan, hubungan antara atasan, bawahan maupun sesama rekan kerja. Sebenarnya masalah-masalah tersebut wajar terjadi di dunia kerja dan setiap orang pasti memiliki masalah yang membebani pikiran. Hanya saja tergantung dari seberapa parah masalah yang muncul dan bagaimana reaksi diri sendiri menanggapi masalah tersebut. Sebagian orang bisa melalui setiap masalah dengan baik tetapi banyak juga orang yang tidak bisa menyikapi masalah dengan baik sehingga menyebabkan stres yang berdampak buruk bagi kesehatannya.

Pada dasarnya stres bisa menimpa siapa saja dan tidak tahu kapan stres itu akan terjadi pada Anda. Terlalu sering mengalami stres bisa memicu risiko munculnya penyakit. Maka dari itu, agar Anda terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh stres, maka Anda cobalah untuk mengontrol stres itu sendiri.

5 Jenis Kanker Karena Stres Bekerja

Berdasarkan penelitan dari Université de Montréal yang mengatakan jika penyakit berbahaya seperti kanker memiliki kaitan dengan stres jangka panjang akibat dari tekanan pekerjaan. Salah satu yang menyebabkan stres dalam bekerja adalah ketidakmampuan mengontrol stres terhadap tuntutan pekerjaan itu sendiri. Nah, untuk mengetahui penyakit kanker karena stres bekerja, berikut adalah daftarnya:

1. Kanker Paru-Paru

Kanker karena stres bekerja yang pertama adalah kanker paru-paru. Sebagai informasi, data dari WHO, kanker paru-paru merupakan penyakit yang merenggut nyawa bagi lebih dari 1,69 juta orang di seluruh dunia. Lantas apa hubungnnya kanker paru-paru dengan stres bekerja? Ketika stres, terdapat peningkatan pada denyut jantung dan pernapasan. Bila terjadi secara terus menerus di bawah tekanan kerja, ini bisa menimbukan dampak pada tekanan paru-paru sehingga terjadi komplikasi pernapasan. Bukan hanya itu, stres yang berlarut-larut bisa makin memperparah kondisi penderita asma dan penyakit paru kronis.

2. Kanker Rektum

Bila dalam menghadapi stres pekerjaan, Anda gemar mengalihkannya dengan banyak merokok atau minum alkohol, harap berhati-hati. Salah satu penyakit kanker karena stres bekerja yang bisa muncul adalah kanker rektum. Ada studi yang menunjukkan bahwa angka penderita kanker rektum cukup tinggi. Selain karena stres,  penyebab lain nya yakni usia, riwayat kesehatan keluarga, kondisi fisik, dan indek massa tubuh.

3. Kanker Perut

Penyakit kanker karena stres bekerja selanjutnya adalah kanker perut. Berdasarkan data dari WHO, ada sekitar 754.000 orang yang meninggal akibat kanker perut. Berdasarkan American Cancer Society, diperkirakan ada 28.000 kasus kanker perut yang akan didiagnosis di tahun 2017 ini..

4. Kanker Kolon (Kolorektal)

Kanker kolon merupakan kanker yang berkembang dari sel-sel usus besar. Usus besar sendiri terdiri dari kolon dan rektum. Rektum sendiri merupakan bagian 15 cm terakhir dari usus besar dan posisinya terletak di dalam rongga panggul di tengah tulang pinggul. Kolon bisa juga sensitif terhadap stres. Gejala yang paling bisa dirasakan adalah konstipasi. Di Amerika sendiri ada 95.520 kasus kanker kolon ditahun 2017.

5. Limfoma Non-Hodgkin

Limfoma non-Hodgkin merupakan kanker karena stres bekerja yang tumbuh di sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik sendiri memiliki beberapa bagian yakni pembuluh-pembuluh limfe pembawa cairan bening atau disebut cairan limfe yang mengandung limfosit (salah satu jenis sel darah putih) dan organ limfe (nodus limfe, kelenjar timus, dan organ limpa). Sebenarnya ada beberapa faktor risiko yang bisa memperparah risiko limfoma non-Hodgkin, seperti infeksi tertentu, kontaminasi bahan kimia tertentu, dan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Penyebab stres yang berhubungan dengan pekerjaan bukan hanya disebabkan oleh tekanan tinggi dan beban kerja saja.  Tapi kurangnya keamanan kerja, masalah keuangan, dan konflik di tempat kerja juga menjadi penyebab stres.

Itulah kelima jenis kanker karena stres bekerja yang patut Anda waspadai. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dengan menjalani pola hidup sehat dan lengkapi juga diri Anda dan juga keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih di PasarPolis sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu Anda atau keluarga Anda jatuh sakit.

Sebagai penyedia jasa asuransi online di Indonesia, PasarPolis telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia, diantaranya AXA, Zurich, Chubb, Sinarmas, Jaga Diri, Lippo Insurance, Equity, dan lain sebagainya. Layanan customer service www.pasarpolis.com pun tersedia dalam berbagai medium: whatsapp ke 0877 0017 8000, telephone ke (021) 3044 8080, online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, dan tentunya email ke [email protected] Dapatkan perlindungan bagi Anda dan juga keluarga Anda dengan harga dan manfaat yang paling cocok bagi mereka yang Anda cintai hanya di PasarPolis.com.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Waspadai 5 Jenis Kanker Karena Stres Bekerja Ini!

Leave a Reply