ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

penanganan darah tinggi

Tekanan darah yang tidak stabil, baik rendah ataupun tinggi tentu cukup berisiko terhadap kesehatan seseorang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang patut Anda waspadai. Munculnya kondisi ini umumnya dikarenakan oleh tekanan darah pada dinding arteri yang meningkat. Adapun gejala hipertensi yang umum dirasakan pengidapnya yakni sebagai berikut:

  • Sakit kepala yang sering dialami akibat meningkatnya tekanan darah.
  • Wajah terlihat kemerahan.
  • Jantung yang berdebar-debar.
  • Pandangan mata menjadi kabur.
  • Sering buang air kecil dan sulit berkonsentrasi.
  • Merasa cepat lelah saat melakukan berbagai aktivitas.
  • Pendarahan di hidung atau mimisan.
  • Vertigo hampir setiap hari
  • Sensitif dan mudah marah terhadap hal-hal yang tidak disukai.

Dikutip dari healthmeup.com, tekanan darah tinggi yang dibiarkan begitu saja dapat memicu datangnya penyakit berbahaya lain seperti stroke. Sekitar 50% kasus stroke terjadi karena penyumbatan di pembuluh darah yang disebabkan oleh hipertensi. Walau tekanan darah tinggi juga berisiko menimbulkan serangan jantung dan kerusakan organ tubuh lainnya, namun efek yang paling merusak tertuju pada otak, dalam wujud serangan stroke.

Cegah Stroke dengan Penanganan Darah Tinggi yang Tepat

Untuk mencegah terjadinya stroke pada seseorang yang mengidap hipertensi, ada beberapa upaya penanganan darah tinggi yang bisa Anda lakukan. Seperti apa penanganan darah tinggi tersebut?

1. Konsumsi Kentang

Menurut Linda Van Horn, PhD, RD, profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg School of Medical, “Konsumsi buah dan sayuran yang kaya potasium dengan jumlah 2.000 sampai 4.000 mg per hari, merupakan bagian penting dari program penurun tekanan darah apapun.”, Dibalik fungsinya sebagai sumber karbohidrat, ternyata kentang juga menyimpan manfaat sebagai makanan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Maka itu, mengonsumsi kentang sangat dianjurkan sebagai penanganan darah tinggi melalui asupan makanan.

2. Jalan Cepat

Penanganan darah tinggi lainnya bisa dilakukan pula melalui aktivitas fisik seperti jalan sehat. Berjalan dengan langkah yang lebih cepat terbukti mampu menutunkan tekanan darah hampir 8/6mmHg. Olahraga ringan ini juga bermanfaat mengefisiensi suplai oksigen ke jantung, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lakukan latihan seperti ini setidaknya 30 menit dalam seminggu dengan adanya peningkatan jarak dan kecepatan berjalan, maka tekanan darah Anda bisa berangsur normal.

3. Batasi Asupan Garam

Garam memiliki sifat yang mampu mengikat air. Mengkonsumsi makanan yang diasinkan secara berlebihan, dengan sendirinya dapat menaikkan tekanan darah. Maka itu, pengidap darah tinggi sangat disarankan untuk menghindari asupan garam yang terlalu banyak pada makanan yang dikonsumsi. Dengan membatasinya, percayalah tekanan darah Anda akan berangsur normal.

4. Konsumsi Suplemen

Penanganan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Laporan dari 12 studi menunjukkan bahwa koenzim Q10 adalah konsumen yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hingga 17 mm Hg. Suplemen ini mengandung antioksidan yang diperlukan untuk memproduksi energi yang dapat melebarkan pembuluh darah. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter berapa miligram suplemen yang harus dikonsumsi setiap harinya.

5. Coba Dark Chocolate

Ada cara menyenangkan untuk meminimalisir tekanan darah, yakni mengomsumsi dark chocolate. Dark chocolate mengandung flavanol yang dapat merangsang pembuluh darah menjadi lebih elastis. Pada sebuah penelitian, 18 persen dari pasien yang makan dark chocolate setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. Sebaiknya konsumsi setengah ons dark chocolate setiap harinya tapi pastikan dark chocolate itu setidaknya mengandung 70 persen kakao.

Itulah kelima penanganan darah tinggi yang bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya risiko stroke. Rasakan hidup yang lebih sehat dengan tekanan darah yang normal setelahnya! Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dengan menjalani pola hidup sehat. Lengkapi juga perlindungan diri Anda dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih di PasarPolis sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu Anda atau keluarga Anda jatuh sakit.

Sebagai penyedia jasa asuransi online di Indonesia, PasarPolis telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terpercaya diantaranya AXA, Zurich, Chubb, Sinarmas, Jaga Diri, Lippo Insurance, Equity, dan lain sebagainya. Layanan customer service www.pasarpolis.com pun tersedia dalam berbagai medium: whatsapp ke 0877 0017 8000, telephone ke (021) 3044 8080, online chat di website PasarPolis.com yang tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB, dan tentunya email ke [email protected] Dapatkan perlindungan bagi keluarga Anda dengan harga dan manfaat yang paling cocok bagi mereka yang Anda cintai.

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
Cegah Stroke, Inilah Penanganan Darah Tinggi yang Tepat

Leave a Reply