ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Persiapan kendaraan untuk mudik

Mudik adalah tradisi setiap warga di Indonesia yang memiliki kampung halaman untuk kembali pulang di hari-hari besar tertentu, seperti lebaran. Tak sedikit dari mereka bahkan memilih pulang kampung dengan mengendarai mobil pribadi. Dengan jarak tempuh yang mencapai ribuan kilometer, tentunya kondisi kendaraan haruslah prima. Maka dari itu, minimal beberapa hari sebelum mudik, Anda wajib mengecek segala kelengkapan mobil. Seperti apa persiapan kendaraan untuk mudik lebaran tersebut? Simak langkah-langkah persiapan kendaraan untuk mudik di bawah ini:

5 Persiapan Kendaraan Untuk Mudik

1. Oli dan Suku Cadang

Oli adalah bagian terpenting yang perlu Anda cek saat melakukan persiapan kendaraan untuk mudik. Pastikan sebelum berangkat mudik oli mobil Anda masih dalam kondisi layak pakai dan tidak lewat dari batas pemakaian seharusnya. Jika hampir melewati batas, ada baiknya Anda mengganti oli dengan yang baru. Selain oli, Anda boleh meminta mekanik untuk mengecek spare part lain yang biasanya harus diganti setiap beberapa ribu kilometer. Contohnya: tali kipas, motor kipas, busi, dan filter oli harus dipastikan masih dalam keadaan baik.

2. Ban

Apalah arti mobil tanpa kondisi ban yang sempurna? Jadi, Anda pun wajib memeriksa ban mobil sesering mungkin menjelang hari H mudik. Pastikan ban mobil Anda tidak dalam kondisi kempes, botak, atau ada jendolan di permukaannya. Cek juga tekanan anginnya. Jika mobil mengangkut muatan penuh, tambah tekanan sesuai saran dari mekanik. Mau lebih aman? Mintalah kepada mekanik untuk melakukan spooring dan balancing pada ban mobil Anda. Spooring dilakukan terhadap keempat ban mobil sebagai langkah untuk meluruskan posisi ban depan dan belakang ban mobil, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi bawaan dari mobil. Sedangkan balancing ban mobil berguna untuk menganalisa putaran roda, atau juga getaran pada ban mobil akibat beban yang diterima pada ban mobil. Untuk berjaga-jaga, siapkan pula ban cadangan dalam kondisi yang siap pakai.

3. Rem dan Kaki-Kaki

Persiapan kendaraan untuk mudik selanjutnya adalah mengecek rem dan kaki-kaki. Rem dan kaki-kaki biasanya dua bagian yang sering kali lolos dari pemeriksaan sebelum berangkat mudik. Padahal kedua komponen ini sangat penting bukan saja untuk kenyamanan, tapi juga keamanan dalam berkendara. Untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik lebaran keluar kota bahkan ke pulau yang berbeda, jangan sampai lupa mengecek dua hal ini.

4. Air Radiator

Periksalah air radiator mobil, bila perlu kuras dan ganti dengan yang baru. Upaya persiapan kendaraan untuk mudik ini juga wajib Anda lakukan. Tujuannya agar performa mobil tetap maksimal meskipun dibawa jalan selama berjam-jam tanpa gangguan. Selain air radiator, cek pula wiper mobil Anda. Pastikan wiper sudah terisi dengan air dan karetnya masih bagus, guna menghindari pandangan buruk saat Anda menyetir dalam keadaan hujan deras.

5. Kelengkapan Mobil

Semua kondisi mobil sudah ‘siap tempur’? Sekarang waktunya Anda mengecek kelengkapan mobil, seperti kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban sudah ada di bagasi mobil. Jangan lupa membawa peralatan P3K serta segitiga pengaman. Terakhir, lihat kembali masa berlaku STNK dan SIM Anda, siapa tahu sudah habis dan harus segera diperpanjang.

Segera lakukan kelima persiapan kendaraan untuk mudik di atas, demi keselamatan Anda sekeluarga hingga tiba di kampung halaman nanti. Agar keamanan kendaraan ketika mudik lebaran lebih terjamin, pastikan kendaraan Anda sudah dilindungi oleh perusahaan asuransi terpercaya. Bandingkan harga dan manfaat dari berbagai macam asuransi kendaraan di PasarPolis sehingga Anda bisa mendapatkan asuransi yang sesuai bagi Anda dan keluarga. Yuk kunjungi www.pasarpolis.com sekarang juga!

ShareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone
5 Persiapan Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Leave a Reply