5 Cara Merawat Motor Kopling yang Benar
Otomotif

5 Cara Merawat Motor Kopling yang Benar

May 16, 2017 1 Comment

Tren motor kopling (transmisi manual) memang tak pernah ada matinya. Kesan sporty serta desain yang maskulin membuat motor ini selalu digandrungi oleh hampir semua lelaki. Mengendarai motor kopling dengan yang non kopling sebenarnya sama saja. Bedanya hanya selain membutuhkan konsentrasi lebih, motor kopling juga butuh macam-macam perawatan lebih pada kopling agar awet dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Motor Kopling untuk Motor yang Lebih Awet

Untuk Anda yang memiliki motor kopling, lewat artikel berikut ini, PasarPolis akan memberikan informasi mengenai 5 cara merawat motor kopling agar terus layak dikendarai. Temukan juga alasan mengapa Anda perlu menambahkan asuransi kendaraan terbaik pada motor Anda.

1. Rutin Mengganti Oli

Cara merawat motor kopling yang pertama adalah rutin mengganti oli. Penggantian oli dianjurkan maksimal 2.000 km. Ingat, bukan jarak tempuhnya yang menjadi patokan, melainkan lamanya mesin bekerja. Apalagi jika motor kopling tersebut tidak memiliki pendingin cairan. Bila jarang dipakai, pastikan penggantian oli tetap dilakukan secara teratur. Satu lagi, pilih oli yang sesuai spesifikasi motor kopling Anda.

2. Cek Kanvas Kopling

Mengecek kanvas kopling secara berkala bisa menghasilkan kinerja motor yang semakin maksimal. Bukan hanya kanvas yang harus di cek, namun dalam cara merawat motor kopling ini, Anda juga perlu rutin memeriksa kualitas per kopling. Sebab jika per kopling melemah,  kanvas motor kopling Anda tidak akan bekerja dengan baik. Sebagai saran tambahan, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada kanvas kopling, lebih baik ganti saja dengan yang baru.

3. Kualitas Bahan Bakar

Adapun cara merawat motor kopling lainnya adalah dengan memperhatikan kualitas bahan bakar yang dipakai. Misalnya, motor kopling dengan tipe tertentu membutuhkan bahan bakar khusus. Biasanya bahan bakar yang pas untuk kedua motor kopling tersebut adalah Pertamax Plus. Sebab jika sembarang menggunakan bahan bakar, kinerja mesin pun akan terganggu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

4. Membersihkan Kabel Tali Kopling

Salah satu hal juga yang menjadi kendala saat mengendarai motor kopling adalah kasarnya tarikan tali kopling dari mesin yang lewat di dalam kabel. Untuk mengatasi hal ini, cobalah rutin membersihkan tali kopling dan salurannya dengan memberikan pelumas atau memakai cairan pembersih karat lain untuk motor. Gunanya supaya jangan sampai tersumbat akibat kotoran dalam kabel menghambat Anda ketika melakukan transmisi gigi motor.

5. Menambahkan Tul

Untuk membuat tarikan kopling menjadi lebih enteng, Anda bisa menambahkan motor kopling yang Anda miliki dengan sebuah alat, yakni tul. Seperti apa tul tersebut? Alat ini diletakkan di sebelah kanan bawah, di daerah gearboks. Tul membuat tuas di bagian bawah itu menjadi lebih panjang. Hasilnya, saat menarik kopling akan terasa lebih ringan.

Asuransikan Sepeda Motor Anda, Kenapa Tidak?

Selain melakukan cara merawat motor kopling di atas, Anda juga bisa memproteksi motor kesayangan dengan memberikan asuransi. Asuransi kendaraan adalah salah satu jenis asuransi yang juga sangat penting jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau pencurian. Dengan asuransi kendaraan, segala kerugian tersebut akan tergantikan 100%. Untuk memilih asuransi kendaraan paling tepat, Anda tak perlu bingung. Konsultasikan saja pada e-commerce asuransi pertama di Indonesia, yakni PasarPolis!

You Might Also Like

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Tips Merawat Motor Baru Agar Awet dan Mulus

Seperti Ini Cara Membandingkan Asuransi Kendaraan Terbaik

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

5 Persiapan Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Begini Cara Cepat Deteksi Mobil Bekas Banjir

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek

Berbeda dari Manual, Inilah 8 Cara Merawat Mobil Matic

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Motor Terendam Banjir

Leave a Reply