Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini
Berita Investasi & Keuangan

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

May 08, 2017 2 Comments

Apakah Anda memiliki rencana untuk menikah dengan pasangan Anda saat ini? Jika iya, menyiapkan pernikahan bukan hanya mempersiapkan mental dan fisik saja. Tapi ada hal penting lainnya yakni masalah perencanaan keuangan sebelum menikah. Terkadang saat Anda dan pasangan sama-sama merasa siap untuk menikah tapi tiba-tiba ada kendala yang menghalangi, salah satunya yakni terbatasnya dana untuk menikah.

Perencanaan Keuangan untuk Rencana Menikah

Makanya sebelum menikah, ada baiknya Anda dan pasangan merencanakan keuangan agar tidak keteteran dan kebingungan saat melakukan persiapan, melangsungkan pernikahan, dan sesudah pernikahan berlangsung. Melakukan perencanaan keuangan sebelum menikah merupakan hal yang wajib dilakukan. Anda dan pasangan harus mempunyai waktu khusus untuk melakukan pembicaraan terkait hal ini. Jangan sampai ada hal yang ditutup-tutupi dalam merencanakan keuangan sebelum menikah. Berikut beberapa hal yang harus Anda diskusikan dalam melakukan perencanaan keuangan.

Mengelola Cashflow = Pemasukan – Pengeluaran

Hal pertama yang perlu didiskusikan dalam melakukan perencanaan keuangan antara Anda dan pasangan sebelum menikah adalah cashflow, berapa pemasukan dan pengeluaran. Lakukan hal ini sejujurnya dan hindari menutupi fakta yang ada seandainya ada permasalahan dengan cashflow. Pasangan Anda berhak tahu dan Anda bisa bersama-sama menyelesaikan permasalahan cashflow atau bisa juga memilih untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan.  

Hitung Berapa Besar Aset dan Hutang 

Dalam perencanaan keuangan sebelum menikah, bukan hanya permasalahan cashflow saja yang harus dibahas. Tapi aset dan hutang juga perlu dibahas, seperti apa saja yang sudah dimiliki, rumah, kendaraan, dan investasi. Jangan sampai lupa juga untuk membicarakan berapa utang yang dimiliki, berapa jumlah bunganya, dan kapan jatuh tempo. Hal-hal tersebut harus diberitahukan pada pasangan Anda karena hutang Anda saat ini bisa menjadi tanggungan bersama dengan pasangan (jika tidak memiliki perjanjian pisah harta).

Perjanjian Pranikah

Ketika melakukan perencanaan keuangan sebelum menikah, sebaiknya Anda dan pasangan perlu mendiskusikan perjanjian pranikah. Biasanya perjanjian mengatur tentang pisah harta antar pasangan. Perjanjian pranikah bisa sangat berpengaruh ketika nantinya Anda dan pasangan tersebut berbicara tentang adanya pembagian harta gono-gini (bila terjadi perceraian) dan utang-piutang serta warisan.

Coba Lihat Ini: Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Tempat Tinggal dan Anak

Hal terpenting untuk didiskusikan setelah menikah adalah Anda dan pasangan akan tinggal di mana, kapan akan memulai mempunyai anak, berapa anak yang akan dimiliki, dan lain-lain. Tentunya hal ini akan memiliki pengaruh dalam melakukan perencanaan keuangan sebelum menikah. Anda dan pasangan harus mengingat anak adalah kewajiban orang tua, termasuk kewajiban finansial.

Tujuan Keuangan dan Masa Depan

Anda dan pasangan juga perlu membicarakan tujuan keuangan dan masa depan ketika melakukan perencanaan keuangan sebelum menikah. Contohnya rencana perjalanan liburan, ibadah, membeli rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, rencana untuk pensiun, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa tips perencanaan keuangan yang bisa Anda lakukan bersama pasangan Anda. Jika melakukan ke lima hal di atas, Anda bisa meminimalisir kekurangan finansial ketika berencana menikah, dan Anda bisa menikmati pernikahan dengan aman dan tenteram. Miliki juga asuransi yang penting untuk masa depan Anda agar lebih siap saat menikah. Cek asuransi apa saja yang Anda butuhkan di PasarPolis.com. Situs PasarPolis menyediakan pilihan asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan motor dan mobil, asuransi perjalanan, dan asuransi jiwa. Anda bisa menanyakan apapun terkait asuransi yang ada di PasarPolis dan customer service PasarPolis akan siap sedia membantu untuk memberikan informasi lengkap via telepon, Whatsapp dan online chat dari pukul 08:00 hingga 20:00 WIB.

You Might Also Like

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Sejarah Tahun Baru Imlek

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Leave a Reply