Manfaat dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi

Manfaat dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

May 02, 2017 1 Comment

Tak dapat dipungkiri, dalam hidup ini, saat bekerja maupun ketika di jalan, pasti ada risiko yang selalu membayangi setiap orang. Salah satu risiko yang bisa saja terjadi adalah kecelakaan diri yang datangnya tidak bisa diprediksi. Coba bayangkan, ketika Anda sedang bekerja maupun sedang dalam perjalanan, Anda mengalami musibah kecelakaan yang menyebabkan Anda harus mendapatkan pengobatan dari dokter dan memakan biaya besar. Terkadang Anda tidak memiliki tabungan yang cukup untuk meng-cover segala biaya pengobatan.

Lantas dari mana Anda bisa melunasi segala biayanya? Asuransi kecelakaan diri adalah jawabannya. Dengan memiliki asuransi kecelakaan diri banyak manfaat yang bisa dirasakan, salah satunya adalah bisa memberikan keseluruhan penggantian biaya pengobatan yang terjadi yang disebabkan oleh kecelakaan di mana saja yang menimpa diri Anda. Kecelakaan yang ditanggung biasanya bukan saja yang terjadi saat Anda sedang bekerja, tetapi bisa juga ketika di jalan raya, saat di rumah, tempat Anda sedang rekreasi, dan lain-lain yang mencakup perlindungan selama 24 jam.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri   

1. Bila ada karyawan yang meninggal dunia yang disebabkan karena kejadian kecelakaan di masa pertanggungannya, maka seluruh ahli warisnya bisa menerima santunan yang sebesar kurang lebih dari 100% dari jumlah uang pertanggungannya.

2. Bila Anda menderita kejadian cacat tetap secara total yang dilatarbelakangi oleh kecelakaan dalam masa pertanggungannya, maka ahli warisnya berhak menerima santunan kira-kira sebesar 100% dari jumlah uang pertanggungannya.

3. Jika Anda mengalami kejadian cacat tetap sebagian yang disebabkan karena kecelakaan pada masa pertanggungannya, akan memperoleh santunan sebesar presentasi dari jumlah uang pertanggungannya dan disesuaikan dengan ketentuan yang telah diatur dalam peraturannya.

4. Bila Anda mengalami kejadian rawat inap yang disebabkan karena kejadian kecelakaan, maka di masa pertanggungannya akan memperoleh santunan biaya rumah sakit dengan batas maksimum sebesar 10% dari total uang pertanggungan pada setiap kejadian kecelakaan. Tidak hanya itu, total maksimum sistem pembayarannya yakni 50% dari total uang yang ditanggung dalam setahun polis yang diperuntukkan bagi beberapa kejadian kecelakaan kerja.

Berdasarkan pemaparan tersebut, asuransi kecelakaan diri sangatlah penting untuk kebutuhan keselamatan seluruh karyawan. Hal ini karena segala risiko kecelakaan diri yang bisa menimpa kapan pun dan di mana pun. Asuransi kecelakaan diri bertugas menanggung segala risiko kerugian finansial karyawan di saat mengalami musibah kecelakaan.

Baca Juga: Kecelakaan? Tidak Perlu Khawatir Bila Anda Punya Perlindungan

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

  • Pihak tertanggung harus segera bertindak untuk mendapatkan pertolongan pengobatan serta perawatan yang dibutuhkan terhadap luka yang dideritanya dari dokter.
  • Tertanggung atau wakil keluarga yang sah harus memberitahukan (baik secara tertulis atau lisan) kepada penanggung dalam kurun waktu lima hari kalender terhitung sejak kecelakaan tersebut terjadi.
  • Bila terjadi kematian yang disebabkan karena kecelakaan, maka keluarga atau ahli waris harus melaporkan kepada lurah setempat untuk memperoleh surat keterangan meninggal dunia, meminta surat keterangan pemeriksaan jenazah yang berasal dari dokter atau rumah sakit, memberikan kesempatan kepada penanggung bilamana ingin melakukan pemeriksaan jenazah sebelum dimakamkan.
  • Dokumen Pendukung Klaim

Bila terjadi kecelakaan yang bisa saja akan menimbulkan tuntutan penggantian, maka pihak tertanggung wajib menyampaikan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti formulir laporan pengajuan klaim berikut kronologis kecelakaan yang terjadi, Kartu Karyawan / Surat Keterangan Kerja, dan fotokopi KTP.

Jika dalam kecelakaan kerja ini tertanggung meninggal dunia, maka dokumen yang diperlukan yakni surat keterangan mengenai hasil pemeriksaan jenazah, fotokopi surat keterangan meninggal dunia dari lurah atau kepolisian setempat, serta surat keterangan para saksi atau berita acara kecelakaan.

Sedangkan bila tertanggung hilang akibat kecelakaan kerja, harus menyertakan surat keterangan tentang kecelakaan dan penghentian pencarian dari pihak yang berwenang serta surat pernyataan dari ahli waris akan mengembalikan santunan jika tertanggung diketemukan kembali dalam keadaan hidup.

Bila tertanggung mengalami cacat tetap, memerlukan dokumen seperti surat keterangan pemeriksaan (visum) dari Dokter yang melakukan perawatan atau pengobatan dan surat keterangan para saksi / berita acara kecelakaan.

Kwitansi asli dari dokter, rumah sakit, apotik, laboratorium, dalam hal tertanggung menjalani perawatan maupun pengobatan.

Yang terakhir, dokumen lain yang memiliki hubungan dengan klaim, harus diminta oleh penanggung.

Cari Asuransi Kecelakaan Diri Terbaik

Saat ini penyedia layanan asuransi kecelakaan diri banyak bermunculan. Mereka berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta maupun calon peserta asuransi kecelakaan diri yang baru ingin bergabung. Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih asuransi kecelakaan diri, Anda bisa mencarinya di PasarPolis. Dalam situs PasarPolis, Anda bisa membandingkan asuransi kecelakaan diri mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kecelakaan diri di PasarPolis antara lain Equity Life Indonesia, Zurich, dan Chubb. Yuk pilih asuransi kecelakaan diri sekarang!

You Might Also Like

Asuransi Penyakit Kritis, Seberapa Penting?

Waspada Perampokan Modus Baru dengan Cara Ini

7 Alasan Pentingnya Asuransi untuk Masa Depan

5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

5 Keuntungan Membeli Asuransi Online

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

Begini Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Masa Depan Keluarga Tak Lengkap Tanpa Perlindungan Menyeluruh

Penting! Lakukan Perencanaan Ini Sebelum Membeli Rumah

Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan Untuk Proteksi Diri Sedini Mungkin

Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Saat Mudik

Jangan Biarkan Zika Merusak Liburanmu!

Tata Cara Klaim Asuransi Kesehatan di Indonesia, Pasti Diterima!

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface terbaik 2018 GO-JEK

Untung Tidak Jadi Berhenti Go Proteksi – Pengalaman Driver Sindy.M

Inilah 7 Cara Merawat Apartemen

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

7 Kegiatan Ngabuburit Seru Ini Wajib Anda Coba!

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Pilih yang Mana?

Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga, Ketahui Hal Ini!

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Kecelakaan? Tidak Perlu Khawatir Bila Anda Punya Perlindungan

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Liburan Pintar Menjelang Akhir Tahun

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Ketika Mudik, Lindungi Rumah Anda dengan 4 Cara Ini

Layanan Asuransi Terbaik Secara Online? Simak Penjelasan Berikut

(Bukan) Cara Keluar Go Proteksi

Berikut Adalah Resolusi Penting di 2018 Untuk Perlindungan Keluarga Anda

Apa Itu Insurance Fraud? Pelajari Contoh Kasusnya di Sini

Apakah BPJS Saja Cukup? Inilah Perbandingan Asuransi vs BPJS

Penjelasan dan Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

5 Kiat Jitu Melancong Irit ke Singapura

Leave a Reply