Investasi & Keuangan

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Mar 01, 2017 2 Comments

cara menjadi pengusaha sukses

Siapa bilang jadi pengusaha harus selalu dengan modal besar? Banyak sekali orang yang ingin memiliki usaha sendiri untuk memperoleh keuntungan lebih dari yang didapat biasanya. Namun, sering kali mereka kepalang takut dalam memulai usahanya tersebut karena satu dan lain hal. Ya, salah satu faktor ketakutan mereka seperti modal yang dikeluarkan tidak sedikit. Pemikiran seperti ini yang seharusnya bukan menjadi penghalang ketika hendak menjadi seorang entrepreneur.

Tangkis ketakutan di atas dengan menyimak artikel dari PasarPolis yang akan membahas tentang cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil berikut:

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

1. Realistis

Cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang pertama adalah berpikir realistis. Saat memilih bisnis apa yang kiranya cocok untuk Anda, sesuaikan selalu dengan modal yang Anda miliki. Hindari angan-angan bisnis yang besar pasak daripada tiang, karena malah akan membuat Anda kesusahan di kemudian hari. Toh, sekarang banyak bisnis yang bisa ditekuni tanpa harus merogoh modal hingga puluhan juta rupiah.

2. Cari Partner Bisnis

Pada dasarnya, semua bisnis memiliki resiko dengan tingkat yang berbeda-beda. Resiko tersebut juga tak mungkin dihindari, hanya saja dapat diminimalisir dengan cara bijak seperti dengan mencari partner bisnis. Bersama partner bisnis, Anda tidak perlu menginvestasikan semua uang Anda. Paling tidak, Anda bisa hanya mengeluarkan 50 persen dana start up, sisanya ditanggung partner bisnis Anda.

3. Pekerjakan Diri Sendiri

Jika modal Anda tak begitu banyak untuk mempekerjakan karyawan, mengandalkan diri sendiri adalah satu-satunya solusi di awal memulai usaha. Siasat lain, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga Anda. Itulah cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda coba, walau modal tak begitu besar.

 4. Jual Kelebihan Produk

Ketika Anda memulai suatu bisnis, promosi sudah sewajarnya menjadi urusan yang cukup merepotkan. Bisa saja Anda memberi harga yang di bawah rata-rata untuk menarik banyak pelanggan, namun hal tersebut tentu akan merugikan Anda. Maka itu cobalah lebih menonjolkan kelebihan produk yang Anda jual. Dengan demikian, sekalipun Anda membanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal, produk tetap laku di pasaran karena kualitasnya.

5. Gunakan Teknologi Terbaru

Cara menjadi pengusaha sukses tentunya tak sesulit yang dibayangkan, apalagi teknologi kini semakin canggih. Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud biayanya lebih terjangkau dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi biaya terjangkau yang bisa menguntungkan laju bisnis Anda.

6. Ukur Pengeluaran

Penting hukumnya untuk selalu mengukur berapa uang yang kira-kira akan Anda keluarkan ketika memulai suatu usaha. Dengan menerapkan cara menjadi pengusaha sukses yang satu ini, Anda dapat mengetahui jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari untuk menutup pengeluaran tersebut.

7. Perlakukan Vendor Sebaik Mungkin

Cara menjadi pengusaha sukses tak luput pula dari memperlakukan vendor dengan baik. Sebisa mungkin perlakukan vendor selayaknya pelanggan Anda. Sebab, hubungan yang terjalin harmonis dengan vendor juga akan menguntungkan masa depan bisnis yang Anda jalani. Contohnya pemberian diskon di suatu pemesanan, atau jika suatu hari ada keterlambatan pembayaran, mereka bisa lebih memahami.

8. Pantang Menyerah

Terakhir adalah bersifat pantang menyerah. Saat memulai suatu usaha, sedikit atau banyak kegagalan bisa jadi Anda hadapi. Namun percayalah, setiap kegagalan membuahkan hasil terbaik jika Anda terus berjuang dan pantang menyerah.

Demikian ulasan artikel dari PasarPolis yang membahas cara menjadi pengusaha sukses dengan modal minim. Semoga sekiranya bermanfaat bagi Anda, para calon entrepreneur kebanggaan Indonesia.

You Might Also Like

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Leave a Reply