Otomotif

Berbeda dari Manual, Inilah 8 Cara Merawat Mobil Matic

Feb 23, 2017 2 Comments

cara merawat mobil matic

Di tengah kondisi jalanan yang semakin padat, mobil matic memang kian menjadi primadona untuk para pengemudi yang tidak ingin lelah menyetir secara manual. Anda tidak harus pegal menahan kopling saat berada dalam kemacetan panjang. Akan tetapi karena berbeda dengan manual, mobil dengan transmisi matic perlu dirawat dengan cara khusus. Bagaimana cara merawat mobil matic yang benar? Lewat artikel ini PasarPolis akan memberikan informasi mengenai cara merawat mobil matic. Berikut 8 tipsnya untuk Anda:

Cara Merawat Mobil Matic dengan Baik dan Benar

1. Teratur Ganti Oli

Cara merawat mobil matic yang pertama yakni mengganti oli dengan teratur. Apalagi jika mobil matic Anda sering dibawa keluar kota sudah seharusnya Anda mengecek kondisi oli mobil Anda. Mengabaikan penggantian oli akan menyebabkan kerusakan di bagian sistem transmisi mobil. Gunakan oli yang khusus untuk mobil matic yang disebut juga automatic transmision fluid. Adapun rekomendasi dalam pergantian oli adalah setiap jarak tempuh 80.000 KM hingga 100.000 km.

2. Deteksi Valve dan Oli Transmisi

Masalah yang paling sering dialami adalah kebocoran atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karenanya, valve dan oli transmisi perlu dideteksi secara dini. Terkadang, kebiasaan mengemudi kendaraan manual masih sering terbawa saat berada di belakang kemudi mobil matic. Pemindahan tuas yang kasar dan sentakan gas dapat menyebabkan valve rusak serta kebocoran.

 3. Lakukan Uji Jalan

Ada baiknya Anda melakukan uji jalan mobil matic Anda sebagai cara merawat mobil matic setiap beberapa bulan sekali. Caranya yaitu jalankan mobil Anda seperti biasa dan kemudian coba pindahkan perseneling. Langkah tersebut harus Anda rasakan dan cermati dengan seksama, jika dalam perpindahan perseneling mengeluarkan suara bising serta mobil matic Anda sedikit agak terguncang, maka kemungkinan mobil Anda sedang ada masalah dibagian transmisi. Nah, jika hal ini terjadi, maka segera bawalah mobil matic Anda ke bengkel untuk diperbaiki. Sebab perbaikan karena transmisi pada mobil matic adalah bagian yang sangat vital.

4. Rutin Memanaskan Mobil

Kedengarannya memang sepele, namun jika cara merawat mobil matic Anda abaikan, lama kelamaan akan menjadikan mesin mobil matic Anda sedikit terganggu. Panaskan mobil setiap pagi sebelum Anda berangkat. Pastikan tuas transmisi mobil matic Anda berada di posisi ‘N’ saat mesin mobil dipanasi.

5. Teliti Gunakan Perseneling

Cara merawat mobil matic selanjutnya adalah Anda harus teliti ketika menggunakan perseneling. Hindari penggunaan perseneling ‘P’ di saat keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti, karena hal tersebut akan merusak perseneling mobil Anda. Kemudian, pastikan tuas transmisi berada di posisi ‘P’ ketika Anda memarkirkan mobil matic.

6. Servis Berkala

Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, perawatan secara berkala juga diharuskan untuk kendaraan jenis matic. Penting untuk mengikuti instruksi servis berkala yang direkomendasikan oleh produsen. Selain untuk up date kondisi kendaraan, juga diwajibkan oleh setiap aturan garansi mesin yang diberikan oleh produsen.

7. Hati-Hati Berkendara

Semua masalah pada kendaraan matic dapat dicegah. Membiasakan diri untuk mengendarainya secara baik dan benar adalah cara merawat mobil matic yang tidak tergantikan. Perhatikan kondisi jalan dan sesuaikan tingkat persnelingnya. Sebelum mengemudi, diusahakan agar selalu menyamankan diri sehingga konsentrasi tetap terjaga sampai tempat tujuan.

8. Mengganti Oli Transmisi setelah Mengemudi dalam Keadaan Banjir

Di musim hujan yang rentan akan banjir, sering pula menjadi kendala bagi para pengemudi mobil matic. Kadang kala, mau tak mau Anda harus melewati genangan air bahkan banjir agar tetap bisa beraktivitas. Jika hal ini terjadi, segeralah mengganti oli transmisi sebelum air merembes ke dalam gearbox. Kemacetan pada gearbox atau transmisi bisa saja terjadi dan berdampak fatal bila diabaikan begitu saja.

Demikian artikel PasarPolis yang membahas 7 cara merawat mobil matic yang baik dan benar. Semoga berguna bagi Anda yang memiliki mobil matic sebagai teman berkendara Anda sehari-hari!

You Might Also Like

5 Persiapan Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

5 Cara Merawat Motor Kopling yang Benar

Seperti Ini Cara Membandingkan Asuransi Kendaraan Terbaik

Tips Merawat Motor Baru Agar Awet dan Mulus

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Motor Terendam Banjir

Begini Cara Cepat Deteksi Mobil Bekas Banjir

Leave a Reply