Berita

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Jan 16, 2017 No Comment

tradisi unik hari raya imlek

Berbicara mengenai sejarah, kata “Imlek” sendiri bukanlah nama dari perayaan tahun baru Tiongkok yang sebenarnya. Istilah Imlek diambil dari Bahasa Hokien dan hanya diketahui dan digunakan oleh orang Indonesia. Di luar negeri, perayaan Hari Raya Imlek lebih dikenal dengan nama Chinese New Year untuk orang-orang barat, sedangkan orang Tiongkok menamainya “Guo Nian” atau “Xin Jia” yang berarti lewati bulan atau bulan baru.

Pada tahun ini, Hari Raya Imlek jatuh pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Bila di negeri Tiongkok, Korea dan Jepang, Imlek biasanya ditandai dengan sudah mulainya musim semi. Perayaan Hari Raya Imlek mulai dikenal sejak jaman Dinasti Xia, yang kemudian menyebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia oleh para perantau asal Cina. Tradisi tahunan itu pun di kenal luas sebagai identitas budaya Tionghoa di tanah perantauan hingga saat ini.

Apakah Anda salah satu orang yang akan merayakannya? Bagi masyarakat keturunan Tinghoa, imlek merupakan salah satu perayaan terbesar yang selalu ditunggu-tunggu, tak terkecuali di Indonesia. Tujuannya sudah pasti untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara sembari melakukan berbagai tradisi unik Hari Raya Imlek. Inilah artikel PasarPolis yang akan membahas 7 tradisi unik Hari Raya Imlek di Indonesia yang sayang sekali jika dilewatkan:

 

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek yang Dapat Dilakukan

1. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah merupakan salah satu tradisi unik Hari Raya Imlek yang wajib dilakukan. Tradisi unik Hari Raya Imlek ini dipercaya sebagai upaya menyingkirkan kesialan yang berbentuk kotoran di dalam rumah. Setelah selesai membersihkan rumah, mereka akan menyingkirkan sapu dan sikat dari jangkauan. Mereka juga tidak diperbolehkan menyapu rumah saat hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah.

2. Pernak Pernik Serba Merah

Menurut kepercayaan orang Tionghoa, nian atau sejenis makluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung akan keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek. Kedatangan mereka pun dilanjutkan dengan mengganggu manusia, terutama anak kecil. Namun jangan khawatir. Menghias rumah, pakaian, dan aksesoris berwarna merah dapat mengusir nian karena ia takut dengan warna merah. Jadi, tidak heran kalau nuansa merah begitu jelas terlihat saat Imlek.

3. Angpao

Bagi anak-anak dan orang yang masih lajang, Imlek berarti banjir uang karena orang tua atau mereka yang sudah menikah diwajibkan memberikan angpao (amplop merah). Angpao ini biasanya diisi dengan sejumlah uang di dalamnya. Jumlahnya tidak harus besar kok, yang penting berupa uang kertas baru dan tidak berbentuk uang logam. Bagi-bagi angpao juga dipercaya makin memperlancar rejeki di kemudian hari.

4. Makanan Khas Imlek

Menyajikan kue keranjang dan jeruk juga menjadi tradisi unik Hari Raya Imlek. Tidak hanya itu, saat Imlek mereka juga menyajikan makanan di atas nampan berbentuk, segi 6, segi 8, atau bulat dengan isi yang beragam, seperti buah kering, biji-bijian, kacang-kacangan, dan permen. Beberapa orang juga menyiapkan makanan keberuntungan seperti mie yang tidak dipotong untuk melambangkan umur panjang, serta kue bola berbentuk uang Cina pada jaman dulu yang melambangkan kekayaan. Satu lagi, mereka juga disarankan untuk menghindari makan bubur karena bagi warga Tionghoa, bubur melambangkan kemiskinan.

5. Kembang Api

Kembang api dengan suara gaduhnya dipercaya membuat mahluk jahat nian ketakutan. Namun, ketika merayakannya di rumah pastikan tetangga tidak merasa terganggu dengan suara berisik yang Anda ciptakan.

6. Dilarang Membalik Ikan Saat Memakannya

Ada satu lagi tradisi unik Hari Raya Imlek yang hingga kini masih dilakukan oleh masyarakat Tionghoa ketika merayakannya. Ialah tidak membalik ikan saat memakan hewan laut tersebut. Ikan yang biasa disantap dalam tradisi unik Hari Raya Imlek ini adalah ikan bandeng. Mereka dilarang membalik ikan untuk mengambil daging ikan pada bagian bawah dan menyisakannya agar bisa dinikmati esok hari. Masyarakat Tionghoa percaya kalau tradisi unik Hari Raya Imlek ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

7. Barongsai

Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai Singa. Identik dengan perayaan Imlek, tarian ini memang hanya dipetunjukkan setiap pergantian tahun Cina.

Itulah artikel PasarPolis yang membahas tentang keseruan tujuh tradisi unik Hari Raya Imlek yang juga masih sering dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Jadi semakin tak sabar menunggu imlek tiba, ya?

You Might Also Like

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

Mengapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret?

Behind the Brand: Citilink

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

5 Jajanan Gorengan Hits yang Lagi Ngetrend Saat Ini

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface Terbaik 2018 GO-JEK

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Bagaimana membedakan berita hoax atau yang asli

Sejarah Tahun Baru Imlek

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Simak apa saja asuransi khusus perempuan modern masa kini

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Perbandingan Handphone Oppo F7 dan Vivo V9

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tidak Perlu Ke Jepang Lihat Sakura, 5 Tempat Sakura Ini Ada di Indonesia Loh

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Leave a Reply