Investasi & Keuangan

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Nov 30, 2016 1 Comment

bangkrut-sebelum-waktunya

Gaji vs Pengeluaran

Gajian kadang bisa menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu terutama untuk karyawan. Apalagi di tanggal-tanggal mendekati tanggal 25 (atau 27) karena biasanya tanggal sebelum tanggal 25 itu lah dompet karyawan sedang tipis-tipisnya dan sudah tidak sabar untuk menerima suntikan dana bernama gaji. Namun seringkali gaji yang sudah lama ditunggu-tunggu hanya singgah sekian menit karena setelahnya Anda harus membayar segala pengeluaran, dari cicilan hingga tagihan-tagihan yang tidak boleh lewat dari tenggat waktunya untuk menghindari denda. Tentu saja itu adalah hal yang biasa asalkan Anda juga cerdas dalam mengatur keuangan dan jangan sampai Anda tidak mempunyai cadangan gaji yang bisa Anda pergunakan untuk masa depan.

Cara Mengatur Keuangan

Setiap keluarga sudah pasti punya rencana-rencana untuk masa depan. Rencana tersebut bisa berupa liburan akhir tahun, rumah baru, mobil baru, hingga biaya pendidikan anak, dan dana pensiun. Tentunya rencana-rencana itu butuh perencanaan dan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan kadang kala gaji bulanan Anda belum tentu cukup untuk semua rencana tersebut. Oleh karena itu Anda perlu merencanakan pengeluaran Anda tiap bulannya agar Anda bisa menabung dan mewujudkan semua rencana-rencana masa depan Anda. Pastikan selalu sisihkan gaji bulanan Anda selain untuk menabung, tapi juga untuk berinvestasi. Investasi ini penting sekali terutama untuk rencana jangka panjang. Jadi di kemudian hari Anda sudah tidak perlu khawatir karena Anda sudah mempunyai dana cadangan dalam bentuk investasi.

Mulailah Berinvestasi

Menabung memang suatu kebiasaan yang bagus namun Anda harus mengerti kalau menabung saja tidak akan cukup untuk rencana masa depan Anda, apalagi dengan adanya inflasi. Cara paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah mulai melakukan investasi dengan mengambil risiko jangka panjang, misalnya lebih dari 10 tahun.

Investasi sendiri ada bermacam-macam. Namun umumnya dibagi ke dalam kategori investasi jangka panjang atau jangka pendek. Investasi jangka pendek adalah jenis investasi ketika Anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati hasilnya. Yang termasuk investasi jangka pendek selain menabung adalah deposito, forex trading, dan juga saham. Sedangkan kebalikan dari investasi jangka pendek, investasi jangka panjang akan membuat Anda menunggu cukup lama untuk dapat menikmati hasilnya. Jenis investasi jangka panjang antara lain emas, investasi properti, reksa dana, dan juga asuransi.

Asuransi Adalah Investasi? Masa?

Memang Asuransi bukan jenis investasi yang akan menggandakan uang Anda berkali-kali lipat. Namun Anda harus ingat bahwa asuransi akan memberikan keuntungan khususnya di masa-masa sulit. Mari kita ambil contoh asuransi kesehatan. Anda tidak akan tahu kapan Anda sakit dan membutuhkan uang untuk membayar biaya pengobatan Anda. Nah maka dari itu ketika Anda sudah memiliki asuransi Anda bisa langsung menikmati manfaatnya tanpa harus mengacak-acak tabungan atau investasi Anda yang lainnya.

Tips dan Saran

Memang berinvestasi itu mempunyai risiko dan kadang risikonya sendiri pun bisa besar. Namun, tidak memulai berinvestasi akan jauh lebih berisiko bagi masa depan Anda. Oleh karena itu, coba cari tahu dulu tentang jenis-jenis investasi yang paling cocok dengan kondisi keuangan Anda sekarang. Pilih investasi dengan risiko yang bisa Anda tolerir. Jangan lupa juga untuk menanyakan teman dan kerabat Anda yang pernah mempunyai pengalaman berinvestasi atau ke financial consultant.

 

Sumber:

http://female.kompas.com/read/2010/08/18/13144440/Menabung.Takkan.Cukup.Mulailah.Berinvestasi-4

http://pontianak.tribunnews.com/2016/10/20/hindari-kerugian-ojk-kenali-jenis-jenis-investasi-terlebih-dahulu

You Might Also Like

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Leave a Reply