Berita Investasi & Keuangan

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Nov 23, 2016 2 Comments

trik-cara-mengerjakan-psikotes-mudah-dan-lancar

Stres saat menghadapi ujian psikotes untuk calon pegawai? Wajar saja, beberapa dari Anda mungkin merasa tertekan karena khawatir tidak lulus uji seleksi kerja. Apalagi jika posisi yang diincar akan menunjang jenjang karir Anda. Segala upaya dilakukan demi  lulus ujian psikotes. Beberapa ada yang membeli buku panduan menghadapi psikotes, buku berisi kunci jawaban soal psikotes, hingga kursus singkat cara mengerjakan psikotes.

Apakah Anda membutuhkan semua persiapan tersebut? Anjuran belajar sebelum ujian memang patut dijalankan. Apalagi demi mendapatkan pekerjaan yang impian.  Tapi apakah kunci jawaban perlu ‘menghafalkan’ sebagai cara mengerjakan psikotes?  Apakah Anda sudah lebih dari satu kali menjalankan ujian psikotes, coba ingat kembali masih ingatkah Anda apa saja soal psikotes yang ditanyakan saat ujian pertama? Jika saat itu Anda lulus dari ujian psikotes, apakah pihak personalia memberikan nilai dari hasil ujian psikotes Anda? Simak artikel dari PasarPolis ini untuk tahu jawabannya.

Mengenal Kepribadian Melalui Ujian Psikotes

Mengapa perusahaan perlu melakukan ujian psikotes? Kepribadian Anda akan sulit ‘dinilai’ saat wawancara. Dengan psikotes, perusahaan akan mengetahui kondisi psikolog dan mengenali karakter kepribadian calon pegawai lebih jauh. Kondisi kejiwaan seseorang juga bisa diketahui dari ujian psikotes. Maka dari itu, sebagai cara mengerjakan psikotes ada baiknya bagi Anda untuk jujur terhadap diri Anda sendiri, karena hasil dari psikotes akan merepresentasikan kepribadian pada diri Anda.

Hasil dari ujian psikotes akan digunakan sebagai dasar untuk menerima atau menolak calon pegawai. Jika hasil ujian psikotes Anda sesuai dengan standar perusahaan dan posisi yang hendak ditempati, maka Anda akan diterima.

Persiapan Ujian Psikotes

Menghafal apalagi mencari kunci jawaban dari soal ujian psikotes bukan hal yang sebaiknya Anda lakukan. Persiapan cara mengerjakan psikotes ini pasti terkesan santai, tidak masuk akal, dan seringkali dilupakan.

1. Tidur yang Cukup

Daripada tidur terlalu larut malam karena sibuk mempelajari soal psikotes, lebih baik tidur pukul 21.00 dan bangun pukul 5.00 pagi. Umumnya, ujian psikotes dilakukan pukul 8.00 pagi. Jadi Anda punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri. Tidur yang cukup merupakan salah satu persiapan esensial sebagai cara mengerjakan psikotes.

2. Sarapan Sehat

Stres menghadapi ujian psikotes seringkali membuat nafsu makan hilang. Hal ini membuat Anda melewatkan sarapan. Padahal saat Anda berpikir mengerjakan psikotes, tubuh dan otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Jika melewatkan sarapan, perut akan ‘memanggil’ dan konsentrasi pun hilang. Hindari sarapan yang terlalu berat karena akan membuat Anda menggantuk. Cukup minum segelas susu, sepotong roti, dan sebutir telur rebus. Asupan ini cukup bertahan hingga jam makan siang.

3. Tiba 30 Menit Lebih Cepat

Macet di ibukota sudah menjadi agenda harian. Antisipasi kondisi ini dengan berangkat dari rumah lebih cepat. Bayangkan jika terburu-buru apalagi datang terlambat. Secara psikologis Anda panik, lelah karena perjalanan, dan merasa tidak enak ke petugas penjaga ujian. Selain membuyarkan konsentrasi, kondisi ini juga akan mengurangi nilai Anda karena tidak memiliki persiapan diri yang terencana.

4. Berdoa

Hilangkan khawatir dan tenangkan diri dengan berdoa. Jika Anda sudah berusaha optimal, langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah berserah diri pada Tuhan. Ingat saja, pepatah “Manusia hanya bisa berusaha namun Tuhan yang menentukan.” Sadar atau tidak disadari doa menjadi hal yang penting dalam cara mengerjakan psikotes.

Cara Mengerjakan Psikotes Anti-Stres

Ketelitian dan konsentrasi tinggi memang dibutuhkan saat menjalani setiap ujian. Termasuk saat mengerjakan ujian psikotes. Ada baiknya Anda mencoba cara mengerjakan psikotes berikut agar lulus ujian psikotes tanpa usaha maksimal.

 1. Berlatih Contoh Soal Psikotes

Jika Anda baru pertama kali ujian psikotes, tidak ada salahnya membaca buku panduan psikotes sebagai gambaran. Tapi ingat, cukup dibaca saja tidak perlu dihafal. Mengapa? Soal psikotes yang diberikan oleh psikolog bisa beragam. Bahkan jumlah soal ujian psikotes bisa ribuan dan bentuk pertanyaannya hampir sama. Hanya dibedakan cara penyelesaiannya. Melatih diri Anda lewat contoh soal merupakan salah satu cara mengerjakan psikotes paling efektif.

2. Gambar dengan Lengkap dan Jelas

Cara mengerjakan psikotes saat dihadapkan pada pertanyaan menggambar manusia, pohon, atau rumah adalah menggambar secara lengkap dan jelas. Misalnya, gambarlah seorang manusia berjenis kelamin pria atau wanita. Jika menggambar wanita, pastikan anggota tubuh yang Anda gambar lengkap. Mulai dari bagian wajah, jemari, tubuh, hingga rambut. Sebaiknya beri gambar bibir yang tersenyum, pakaian, sepatu, dan aksesori yang layak.

Semakin jelas dan ‘normal’  gambar yang Anda buat, semakin baik penilaian psikolog terhadap Anda. Perhatikan juga posisi dan ukuran gambar di kertas. Jika ukuran gambar besar, biasanya psikolog menilai Anda dominan. Hindari menggambar karakter kartun atau sketsa.

3. Konsentrasi dan Teliti

Saat ujian psikotes, lupakan sejenak masalah pribadi dan jauhkan smartphone dari pandangan Anda. Dua hal ini secara langsung akan mempengaruhi kondisi psikologis Anda. Jadi, aktifkan fitur airplane mode, dan tenangkan diri. Dengan demikian, Anda bisa fokus mengerjakan soal.

Beberapa soal seperti logika aritmatika, logika penalaran, dan analog verbal test membutuhkan konsentasi karena akan mengukur kemampuan Anda menganalisa, memahami, dan memprediksi berdasarkan pola. Sebaiknya lebih teliti dalam membaca soal yang serupa.

 

Berbeda dengan ujian saat sekolah di mana nilai yang berupa angka menjadi tolak ukur lulus atau tidaknya Anda dalam suatu ujian. Ujian psikotes bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi seseorang. Tolak ukur Anda lulus atau tidak lulus ada pada kebijakan psikolog dan perusahaan. Cara mengerjakan psikotes dengan baik sangat Anda butuhkan terutama ketika sedang mencari pekerjaan. Pastikan juga bahwa Anda bersikap jujur dan tidak menyontek. Demi hasil yang baik tidak ada salahnya mencoba cara mengerjakan psikotes di atas.

You Might Also Like

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Sejarah Tahun Baru Imlek

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Leave a Reply