Otomotif

Tips Merawat Motor Baru Agar Awet dan Mulus

Nov 23, 2016 2 Comments

tips-merawat-motor-baru-agar-awet-mulus

Tips merawat motor pasti Anda butuhkan untuk apapun jenis motor Anda yang baru agar selalu terlihat keren. Apa yang sebaiknya dilakukan agar motor baru selalu terlihat baru? Ibarat menjaga kesehatan tubuh dan kulit, Anda perlu melakukan perawatan dari dalam dan luar. Jadi tidak hanya bodi motor saja yang dirawat, mesin motor pun bisa awet jika Anda tidak pernah absen melakukan perawatan intensif.

Penting diingat bahwa lalai merawat motor akan membuat perawatan semakin tinggi di kemudian hari. Untuk itu, selalu luangkan waktu untuk merawatnya.  Beragam tips merawat motor yang murah dan mudah bisa Anda lakukan. Namun jika Anda termasuk pemula dan binggung bagaimana caranya merawat motor, lakukan tips sederhana dari PasarPolis ini.

Inilah Tips Merawat Motor Agar Selalu Terlihat Kinclong Luar Dalam

Motor baru identik dengan bodi dan mesin mulus. Baik warna cat dan suara mesinnya. Tenang saja, impian Anda untuk bisa memiliki motor seperti ini bisa diwujudkan asalkan Anda tidak malas mengecek kondisi motor.

 1. Manfaatkan Servis Gratis

Biasanya Anda akan diberikan tiga kali servis gratis untuk mengganti oli. Pertama pada KM 500, kedua KM 1000, dan ketiga KM 2000. Setelah itu, jadwal servis ganti oli selanjutnya akan tertera pada kartu ganti oli. Pastikan Anda mematuhi tips merawat motor ini agar mesin bisa awet dan tahan lama.  Mesin pada motor baru bukan berarti selalu sempurna, bisa saja terjadi kesalahan saat perakitan. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan setelah 500 KM pertama.

2. Lakukan Tune Up

Servis berkala penting dilakukan setiap dua bulan sekali atau jika motor Anda sudah mencapai 2000 KM. Tips merawat motor ini dilakukan untuk memastikan apakah ada komponen yang aus. Jika ya, setelan mesin bisa berubah akibat keausan tersebut. Jadi harus segera diperbaiki dengan cara tune up. Saat tune up debu dan kotoran yang terhisap dan mengendap juga dibersihkan agar tidak mempengaruhi kinerja mesin.

3. Ganti Oli Berkala

Hindari mengganti oli melebihi batas kilometer karena oli akan mengencer dan bisa merusak mesin. Gantilah oli setiap 2000 KM saat Anda melakukan tune up. Tips merawat motor agar selalu memiliki mesin yang sehat dan prima adalah mengganti oli sesuai batas kilometer pemakaian. Pilih oli asli dan berkonsultasilah dengan montir agar oli yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Periksa Busi Motor dan Aki

Tanpa busi, aki, dan bensin, motor Anda tidak bisa berjalan. Jadi pastikan Anda cek kondisi busi motor dan ganti yang baru jika sudah mecapai 10.000 KM. Untuk aki, motor keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan aki kering yang perawatannya lebih simpel. Namun, jika aki motor sudah tidak bisa di starter artinya aki harus diganti baru. Tips merawat motor yang satu ini sering sekali luput dari para pengendara motor.

5. Hindari Tarikan Gas Spontan

Cara menarik gas secara spontan biasanya disebut geber gas. Entah apa tujuannya, namun aktivitas ini bisa mempercepat keausan pada rantai mesin, bahan bakar, kopling, piston, stang piston. Jika Anda pernah atau sering melakukan hal ini saat sedang memanaskan mesin motor sebaiknya hentikan. Memanaskan mesin motor hanya perlu 2-5 menit agar seluruh mesin bisa terlumasi oli pada saat mesin dijalankan.

6. Periksa Rantai dan Gear

Dalam menerapkan tips merawat motor yang satu ini, pastikan kondisi rantai selalu kencang tidak kendur. Bersihkan rantai dengan pembersih khusus bukan dengan oli bekas yang mengandung serpihan logam yang dapat membuat rantai cepat aus.  Perhatikan juga gear depan dan belakang yang sudah aus. Jika ada lubang sedikit rantai bisa keluar dari gear dan menyebabkan motor terhenti.

7. Rutin Menjaga Kebersihan

Meski simpel namun tips merawat motor ini sering dilupakan. Apalagi saat memasuki musim hujan. Sayang rasanya mencuci motor jika tidak lama lagi hujan turun dan jalanan kotor. Padahal air hujan mengandung asam yang bisa memicu karatan dan keropos bodi motor. Jika malas, sempatkan waktu untuk membilas bodi motor dari air hujan dengan air. Saat akhir pekan, luangkan waktu lebih banyak untuk memanjakan motor Anda.

Coba lakukan tujuh tips merawat motor di atas dan rasakan hasilnya untuk jangka panjang. Telaten merawat motor sekarang aka memperpanjang usia mesin dan bodi motor Anda. Tidak ada salahnya dicoba kan?

You Might Also Like

Berbeda dari Manual, Inilah 8 Cara Merawat Mobil Matic

5 Persiapan Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface Terbaik 2018 GO-JEK

Kebiasaan Buruk Berkendara Harus Anda Tinggalkan!

Seperti Ini Cara Membandingkan Asuransi Kendaraan Terbaik

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol untuk Pemula

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Motor Terendam Banjir

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kendaraan yang Tepat?

5 Cara Merawat Motor Kopling yang Benar

Untung Tidak Jadi Berhenti Go Proteksi – Pengalaman Driver Sindy.M

Perlindungan Goproteksi Untuk Jaminan Perlindungan Mitra Gojek

(Bukan) Cara Keluar Go Proteksi

Pilih Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only?

Begini Cara Cepat Deteksi Mobil Bekas Banjir

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Leave a Reply