Berita Investasi & Keuangan

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Nov 03, 2016 No Comment

harbolnas-2016

Bagi Anda yang hobi belanja online, ada kabar menarik yang bisa Anda tunggu pada 2 bulan terakhir pada 2016 ini. Pada bulan November dan Desember, akan ada diskon besar-besaran dari berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia. Acara diskon besar-besaran ini mungkin sudah Anda kenal dengan nama Harbolnas yang merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Parade diskon yang sudah diadakan sejak tahun 2012 ini akan kembali hadir bagi pecinta online shopping di seluruh Indonesia pada bulan November dan Desember. Melalui artikel ini, PasarPolis akan membagikan informasi-informasi seputar Harbolnas yang patut untuk diketahui bagi Anda yang pernah maupun belum pernah belanja di Hari Belanja Online Nasional.

 

Harbolnas 2016 – Apa Itu?

Diinspirasi oleh gerakan Cyber Monday yang sudah lama dilakukan oleh peritel-peritel ternama dari negara-negara besar seperti Amerika, Kanada, Inggris dan Jepang. Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang pada saat debutnya di tahun 2012 dipelopori oleh LAZADA ditujukan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan, kenyamanan serta keamanan belanja online yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Pada debutnya di tahun 2012, LAZADA tidak sendirian dalam mengadakan Harbolnas yang bertajuk 12.12.12 itu, bersama pemain-pemain e-commerce Indonesia lainnya seperti ZALORA, BerryBenka, PinkEmma, Blina, Traveloka, Luxola dan lainnya turut serta memeriahkan perayaan Harbolnas tersebut dengan memberikan diskon besar-besaran serta promo spesial. Berkat gebrakan yang dilakukan oleh para pemain e-commerce lewat Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas ini, masyarakat Indonesia telah digiring untuk berbelanja online dibandingkan dengan belanja offline mengingat banyaknya keuntungan yang didapatkan dibandingkan belanja offline contohnya seperti kemudahan berbelanja, fleksibilitas waktu, harga yang lebih kompetitif, serta banyaknya ragam produk yang ditawarkan dan juga keuntungan-keuntungan lainnya. Produk yang ditawarkan pada Hari Belanja Online Nasional sangat beragam, mulai dari pakaian, barang elektronik, perlengkapan olahraga, perlengkapan rumah tangga, sampai ke tiket dan voucher.

 

Harbolnas 2016 Tinggal Menghitung Hari

Berita baik datang bagi Anda yang rajin belanja online karena Harbolnas 2016 akan hadir dua kali dalam setahun, yaitu pada 11 November 2016 (11/11) dan 12 Desember 2016 (12/12). Sama seperti Harbolnas yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya yang diikuti kurang lebih 140 pemain e-commerce di Indonesia, Harbolnas 2016 dapat dipastikan akan lebih marak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemain e-commerce dari berbagai macam kategori siap meramaikan Harbolnas 2016, mulai dari fashion, produk elektronik, produk rumah tangga, produk kecantikan, perlengkapan bayi hingga otomotif jadi pastikan dari sekarang sebelum tanggal 11 November dan 12 Desember bagi Anda yang hobi belanja online untuk mempersiapkan anggaran dan waktu agar dapat berpartisipasi dalam hari belanja online terbesar se-Indonesia ini.

 

Harbolnas 2016 Di Depan Mata, Persiapkan Diri Anda

Menjelang Harbolnas pasti banyak yang harus kita persiapkan mulai dari menentukan barang apa yang akan kita beli sampai menghitung budget yang kita miliki untuk membeli barang tersebut. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan diri untuk Harbolnas:

1. Buat Daftar Barang yang Anda Butuhkan

Buatlah list barang yang akan Anda beli pada event ini, fungsi dari list tersebut adalah agar budget Anda tidak terbuang sia-sia karena membeli barang-barang yang tidak Anda perlukan.

2. Persiapkan Budget Anda untuk Harbolnas 2016

Persiapkan budget Anda untuk menghadapi Harbolnas jangan sampai gaji bulanan Anda habis karena tergiur oleh diskon besar-besaran Harbolnas. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki budget sendiri yang dikhususkan untuk berbelanja pada saat Harbolnas mulai.

3. Pilih Toko Online yang Terpercaya

Pastikan Anda berbelanja di toko online yang sudah terpercaya, dan terbukti kualitasnya. Agar Anda tidak kecewa dengan kualitas barang yang Anda dapatkan. Meskipun Harbolnas sudah pasti berisikan pemain-pemain e-commerce yang aman dan terpercaya, pilih toko yang memang sudah menjadi langganan untuk Anda pada saat berbelanja online.

4. Cari Barang yang Anda Butuhkan Dengan Harga Paling Murah

Jangan malas mencari barang yang Anda butuhkan di toko online yang sudah terpercaya, dan usahakan beli barang yang Anda butuhkan dengan harga serendah-rendahnya, mengingat ketika Harbolnas toko online akan memberikan penawaran atau diskon menarik untuk Anda.

Tips Aman Berbelanja Online Harbolnas 2016

Ketika menghadapi Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2016, dengan diskon dan penawaran-penawaran menarik yang tersebar di sejumlah website e-commerce Indonesia, tidak sedikit orang yang kalap untuk berbelanja online sepuasnya hingga titik darah penghabisan.

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan keamanan berbelanja setiap saat, karena kejahatan terutama cyber-crime sangat berpotensi untuk muncul di saat-saat seperti Harbolnas ini. Berikut adalah tips-tips aman berbelanja online yang dapat Anda terapkan:

1. Perhatikan Reputasi Toko Online

Tips aman berbelanja online yang pertama ini adalah yang paling penting untuk Anda perhatikan. Dalam menentukan toko online yang Anda ingin lakukan transaksi, penting untuk memperhatikan reputasinya, apakah toko online tersebut memiliki brand image yang kuat. Perhatikan juga ulasan-ulasan terhadap toko online tersebut apakah pernah memiliki ulasan yang buruk mengenai penipuan atau kejahatan semacamnya.

2. Hindari Penawaran Besar-Besaran dari E-mail

Banyak spammer yang menggunakan event besar ini untuk melakukan tindak kejahatan. Perlu perhatian yang ekstra terhadap e-mail yang menawarkan produk-produk dengan diskon yang tidak masuk akal, perlu untuk berhati-hati dalam mengunjungi link yang diberikan spammer tersebut. Apabila Anda mengunjungi link yang diberikan oleh spammer, akan sangat besar potensi bagi data penting Anda untuk dapat diakses oleh spammer tersebut.

3. Perhatikan Dengan Baik Deskripsi Produk yang Dijual

Banyak vendor-vendor yang mengambil kesempatan terhadap kelengahan pelanggan yang mengikuti event tahunan ini, terkadang produk yang mereka diskon adalah barang-barang yang sudah dengan kondisi kurang baik. Kelengahan pelanggan juga sering dimanfaatkan oleh vendor yang tidak bertanggung jawab, produk yang dijual seringkali tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

4. Mempertimbangkan Sistem Pembayaran

Penggunaan kartu kredit seringkali digunakan ketika belanja online, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan kartu kredit juga cukup beresiko. Data kartu kredit dapat diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan sistem pembayaran yang lain seperti bank transfer dengan virtual account, atau COD untuk sistem pembayaran yang lebih aman.

5. Menyimpan Bukti Transaksi

Penting bagi Anda untuk selalu menyimpan bukti transaksi belanja online Anda, tidak hanya pada saat Hari Belanja Online Nasional, namun kapanpun Anda berbelanja online. Karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi terhadap pesanan yang sudah Anda pesan, entah pesanan tersebut tidak sesuai pemesanan atau pun pesanan yang diterima rusak pada saat pengiriman. Bila Anda menyimpan bukti transaksi tersebut, Anda dapat klaim pemgembalian atau penggantian pesanan Anda pada toko online tempat Anda berbelanja.

Setalah membaca informasi tentang Harbolnas bagaimana persiapan Anda untuk menghadapi hari belanja online nasional atau Harbolnas? Jika Anda sudah membaca artikel ini pasti Anda sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi Harbolnas. Selamat berbelanja dan selalu lindungi diri Anda dengan perlindungan Asuransi.

You Might Also Like

Tidak Perlu Ke Jepang Lihat Sakura, 5 Tempat Sakura Ini Ada di Indonesia Loh

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Banjir yang Selalu Menghantui Jakarta: Tiga Hal yang Harus Kamu Ketahui

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

5 Jajanan Gorengan Hits yang Lagi Ngetrend Saat Ini

Memperingati Hari Pahlawan, Kenali Makna Dan Sejarahnya

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Diskon Harbolnas 2017 Produk Asuransi di Pasarpolis

Simak apa saja asuransi khusus perempuan modern masa kini

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Mengapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret?

Asal Usul Hari Guru Nasional di Indonesia

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Temukan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya di Sini!

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Perbandingan Handphone Oppo F7 dan Vivo V9

Behind the Brand: Aplikasi dengan User Interface terbaik 2018 GO-JEK

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kenali dan Cegah Penyakitnya

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Apakah eCommerce Tepat Dalam Menjual Asuransi?

PasarPolis.com Gandeng Broker dalam Pengembangan Bisnis Asuransi Digital

7 Tradisi Unik Hari Raya Imlek di Indonesia

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Behind the Brand: Citilink

Sejarah Tahun Baru Imlek

Bagaimana membedakan berita hoax atau yang asli