Investasi & Keuangan

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Oct 20, 2016 No Comment

mobil baru dengan gaji 2 juta sampai 3 juta

Cara mengatur keuangan yang baik perlu Anda terapkan apabila Anda ingin membeli barang dengan harga yang cukup mahal seperti mobil. Memiliki mobil bagi beberapa orang sudah menjadi kebutuhan dalam hidup, tidak bisa dipungkiri mobil memang berguna bagi banyak orang seperti untuk Anda yang sudah berkeluarga atau untuk berkendara di kala musim hujan. Namun, tidak semua orang dapat membeli mobil karena kendala finansial. Apakah Anda termasuk orang yang memiliki gaji 2 sampai 3 juta? Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara menabung untuk membeli mobil dengan gaji 2 juta sampai 3 juta? PasarPolis akan memberikan tips dan cara menabung untuk membeli mobil baru.

Butuh ketekunan yang tinggi dalam mengatur gaji agar keinginan Anda untuk memiliki mobil bisa tercapai. Lewat artikel ini, apabila Anda termasuk karyawan yang bekerja dengan gaji pas-pasan tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara mengatur keuangan yang baik agar Anda dapat membeli mobil baru dengan gaji 2 juta sampai 3 juta:

 

Memilih Jenis Mobil

Dalam memilih jenis mobil, pastikan Anda memiliki target mobil yang realistis sebelum mengajukan kredit mobil. Pastikan dalam memilih mobil bahwa mobil yang Anda pilih sesuai dengan kondisi finansial Anda, sudah pasti Anda harus menghapus mobil-mobil mewah dari daftar keinginan mobil Anda.

Alternatif lain dari mobil tersebut adalah mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang sekarang banyak menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia, selain harganya yang murah karena rata-rata mobil jenis LCGC, berkisar antara Rp80 juta sampai Rp130 juta. Biasa operasional mobil tersebut juga lebih murah dibandingkan mobil-mobil mewah yang dari segi level dan harga memang sudah jauh di atas mobil LCGC.

Setelah Anda memilih jenis mobil dan mengetahui harga dari mobil tersebut, Anda dapat mempertimbangkan apakah kondisi finansial yang Anda miliki sekarang cukup untuk mendapatkan mobil baru tersebut. Mobil yang murah tentu saja biaya pengeluaran yang mungkin akan dikeluarkan untuk mobil tersebut juga murah, selanjutnya Anda harus belajar cara mengatur keuangan agar Anda dapat mengangsur mobil tersebut tanpa hambatan yang berarti.

 

Memulai Usaha Sampingan untuk Tambahan

Anda dapat juga memulai usaha sampingan yang dapat menambah pendapatan dan kemudian gunakan penghasilan yang Anda dapatkan dari usaha sampingan tersebut untuk tambahan dalam membeli mobil baru yang Anda inginkan.

Contoh usaha sampingan yang dapat Anda lakukan adalah memulai online shop, Anda dapat menjual berbagai macam produk mulai dari baju sampai ke makanan. Anda juga dapat melakukan pendaftaran untuk menjadi driver ojek online, atau meminjam mobil orang tua untuk menjadi driver online seperti Uber atau Grabcar saat akhir pekan. Usaha tersebut tentu akan menambah tabungan Anda untuk mendapatkan mobil baru dengan gaji 2 juta sampai gaji 3 juta.

 

Manfaatkan Tenor yang Panjang

Dalam mengambil kredit mobil baru, usahakan untuk memilih tenor yang panjang, karena pada umumnya tenor yang panjang berarti angsuran bulanannya pun akan lebih terjangkau. Cari fasilitas kredit dari bank atau lembaga kredit yang menawarkan tenor mulai dari 5 sampai 8 tahun.

Kredit mobil dengan tenor panjang seperti yang sudah diinformasikan di atas biasanya bisa Anda dapatkan pada saat pameran kendaraan tahunan. Tenor jangka panjang tentu saja akan sangat membantu Anda untuk membeli mobil karena biasanya cicilannya kecil dan tidak butuh uang muka yang besar.

 

Sisakan Uang Mulai dari 500 Ribu sampai 1,5 Juta

Dari gaji bulanan Anda yang berkisar antara Rp3 juta, sisihkan setengahnya untuk pengeluaran bulanan Anda. Untuk Anda yang bergaji Rp2 juta, Anda dapat menyisihkan mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta. Cara mengatur keuangan ini mengharuskan Anda untuk mengontrol pengeluaran Anda mulai dari pengeluaran untuk membeli makan sehari-hari, transportasi dan juga untuk pengeluaran yang tidak terduga. Jangan sampai melebihi batas yang sudah ditentukan. Kemudian, Anda dapat menggunakan sisanya untuk menabung untuk membeli mobil baru.

 

Simulasikan Rencana Anda

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat ingin membeli mobil baru adalah simulasikan rencana Anda. Langkah awal yang pertama kali dapat Anda lakukan adalah menabung hingga memiliki uang Rp 10 juta sampai dengan Rp 20 juta yang nantinya akan digunakan sebagai uang muka. Tidak sedikit dealer-dealer penjual mobil yang menawarkan uang muka terjangkau dengan cicilan hingga sampai 8 tahun.

Jika harga mobil yang Anda inginkan berharga Rp 100 jutaan, katakanlah uang muka yang dibutuhkan untuk menebus mobil tersebut 20 persen, maka uang muka yang Anda harus keluarkan berkisar antara Rp 20 jutaan, maka dalam 12-13 bulan Anda dapat membeli mobil baru. Dalam memilih mobil baru, usahakan mencari promo yang menawarkan cashback potongan terhadap uang muka tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan mobil tersebut dengan uang muka yang lebih murah, uang sisa dapat Anda simpan untuk membayar tenor bulanan.

 

Dengan komitmen yang tinggi dalam menerapkan cara mengatur keuangan, Anda dapat membeli mobil dalam waktu 12-13 bulan. Tips ini setidaknya dapat membantu Anda untuk menabung dan berhemat dalam setahun, cara mengatur keuangan di atas juga dapat Anda lakukan untuk hal-hal lainnya yang mungkin sifatnya lebih penting dari membeli mobil.

You Might Also Like

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya