Investasi & Keuangan

Cara Mengatur Uang Dalam Waktu Satu Bulan

Oct 13, 2016 No Comment

cara mengatur uang bulanan

Cara mengatur uang bulanan merupakan hal yang sebenarnya mudah, namun banyak orang yang terlalu malas untuk mengatur keuangan mereka terutama untuk urusan gaji bulanan. Tidak banyak orang yang merasa uang yang dengan susah payah mereka peroleh untuk waktu satu bulan habis sebelum waktunya.

Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi orang-orang yang baru pertama kali bekerja, atau karyawan-karyawan yang masih belum banyak pengeluaran dalam satu bulan, namun hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi untuk jangka waktu yang panjang karena cepat atau lambat pengeluaran akan bertambah banyak apabila tidak diatur dengan baik maka tidak mungkin banyak orang akan merasa kesulitan dan bahkan mengalami krisis. Oleh karena itu, PasarPolis lewat artikel ini akan berbagi cara mengatur uang dalam waktu satu bulan.

Cara Mengatur Uang, Membagi Pendapatan di Dua Bank Berbeda

Cara mengatur uang sebenarnya adalah hal yang mudah namun apabila Anda merupakan orang yang malas terutama untuk membagi uang Anda ke dalam dua rekening yang berbeda percayalah bahwa keuangan Anda tidak akan terkontrol secara efektif. Lewat langkah ini Anda direkomendasikan untuk memiliki dua rekening bank yang berbeda. Melalui rekening yang pertama Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua transaksi bulanan, seperti membayar cicilan mobil atau rumah, membayar asuransi atau bahkan untuk pengeluaran tak terduga.

Sementara rekening bank yang kedua digunakan sepenuhnya untuk menabung, Anda dapat menyisihkan uang yang tersisa dari transaksi-transaksi yang dilakukan dalam sebulan, atau Anda bisa menyisihkan beberapa persen uang gaji bulanan Anda ketika menerima gaji tersebut untuk langsung ditabung. Dalam melakukan langkah ini, pilihlah bank yang menerapkan biaya administrasi bulanan rendah dan memiliki akses ATM yang terbatas.

Memperhatikan Pengeluaran untuk Belanja dalam Sebulan

Cara mengatur uang bulanan yang paling umum dilakukan adalah mengatur keuangan ketika telah menerima gaji bulanan. Akan sangat baik apabila sebelum melakukan hal ini Anda melakukan pengecekan terhadap pengeluaran pada bulan-bulan sebelumnya, biasanya 2-3 bulan terakhir. Dengan cara tersebut, Anda dapat mengetahui uang yang dikeluarkan digunakan untuk apa.

Cara mengatur uang seperti ini yang sebenarnya mudah dilakukan oleh banyak orang. Setelah melakukan pengecekan terhadap pengeluaran dalam beberapa bulan terakhir, ada baiknya untuk mencatat seluruh pengeluaran yang rutin dilakukan dalam sebulan. Mulai dari makanan yang biasa dibeli, pakaian, kegiatan nonton di bioskop, sampai ke hobi yang sering kali menjadi penyebab utama adanya pengeluaran yang tidak terduga.

Setelah kita mengetahui tipe pengeluaran uang yang biasa dilakukan dalam sebulan, langkah selanjutnya Anda bisa membuat anggaran belanja untuk setiap bulannya. Lewat cara mengatur uang yang satu ini, saat anda menerima gaji bulanan, Anda bisa langsung mengatur uang tersebut untuk dialokasikan pada anggaran belanja yang sudah dibuat sebelumnya agar keuangan Anda bisa lebih terkontrol.

Hindari Cicilan dan Hutang, Segerakan Pembayarannya

Dalam mengatur uang, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghindari banyaknya cicilan dan apalagi hutang. Namun, apabila Anda sudah terlanjur memiliki cicilan, ada baiknya dalam setiap bulannya Anda ketika baru menerima gaji bulanan untuk membayar cicilan-cicilan yang Anda lakukan.

Langkah tersebut juga berlaku untuk hutang yang Anda miliki, memang, sebisa mungkin Anda tidak memiliki hutang terutama hutang yang nilainya besar dan Anda sendiri pun kesulitan untuk membayarnya. Namun, apabila memang sudah terlanjur memiliki hutang, ada baiknya untuk melakukan analisis terhadap hutang tersebut, membuat strategi pembayaran bertahap untuk pelunasan hutang tersebut apabila hutangnya memang dalam jumlah yang besar. Selanjutnya, apabila cicilan dan hutang Anda sudah lunas, akan sangat baik apabila sebelum mengambil cicilan atau berhutang Anda berpikir panjang terlebih dahulu agar uang bulanan yang Anda miliki bisa lebih terkontrol.

Mencatat Seluruh Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Cara mengatur uang selanjutnya adalah mencatat seluruh pengeluaran dan juga pemasukan yang dalam 1 bulan. Anda dapat mencatat seluruh barang atau jasa yang dibeli pada bulan tersebut, jumlah barang atau jasanya, nominalnya, waktu beserta tempat pembeliannya. Langkah mengatur uang yang satu ini memang mudah dilakukan, tapi tentu saja membutuhkan ketekunan tinggi. Namun, Anda bisa mengharapkan hasil yang signifikan dari cara mengatur keuangan yang satu ini.

Melakukan Perbandingan Antara Rencana dan Kenyataan

Cara mengatur uang terakhir yang dapat Anda lakukan terhadap uang bulanan Anda adalah melakukan perbandingan antara rencana pengeluaran bulanan dengan catatan pengeluaran yang sudah Anda buat sebelumnya. Apabila terdapat perbedaan yang signifikan dari rencana dengan kenyataan, maka Anda diharuskan untuk melakukan perencanaan ulang untuk anggaran pengeluaran bulanan Anda agar Anda dapat mengetahui apakah pengeluaran terbesar Anda dialokasikan untuk kebutuhan yang tepat atau untuk pengeluaran tidak terduga.

Lewat langkah-langkah di atas, Anda seharusnya sudah bisa untuk mengatur uang dalam waktu 1 bulan dengan baik. Hal ini dapat Anda terapkan untuk bulan-bulan berikutnya, tidak hanya untuk waktu 1 bulan saja.

You Might Also Like

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tidak Hanya di Rumah

Peluncuran Kerja Sama dengan 3 Unicorn Terbesar

Gaji 2 Juta Sampai 3 Juta Ingin Beli Mobil? Wujudkan dengan Tips Ini!

Ide Kado Natal yang Unik Ini Harus Anda Coba!

Sedia Payung Sebelum Hujan. Rencanakan dengan Asuransi, Sebelum Berantakan!

Syarat-Syarat Kredit Rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Fintech Indonesia, Mudahkan Anda Miliki Asuransi dalam Sekejap

Trik Jitu Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Topik Menarik Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Inilah 3 Jenis Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Dicari Tahun 2017

Berencana Menikah? Lakukan 5 Perencanaan Keuangan Ini

Mengenal Insurtech Secara Mudah dan Kelebihannya

Hari Guru Nasional, Mari Ikut Menyemarakkan Peringatannya

Mengenal Fintech dan E-Commerce Asuransi Pertama di Indonesia

5 Ide Bisnis Kreatif 2017 yang Bisa Bikin Anda Sukses!

BPJS Kesehatan: Hal Positif & Negatif yang Perlu Kamu Ketahui

Mau Sukses Di Usia Muda? Intip 5 Tips Sukses dari Pendiri Snapchat!

Simak Keberuntungan Anda dengan Ramalan Shio 2017

Trik Cara Mengerjakan Psikotes Mudah dan Lancar

6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Masa Depan Anda

Harbolnas, Hari Terbaik Untuk Belanja Online

Harbolnas: Belanja Diskon Tanpa Bikin Dompet Jebol

Memaknai Sejarah Hari Ibu dengan Ide Seru Ini

Investasi yang Menjanjikan 2017 ini Wajib Anda Pelajari

Jangan Bangkrut Sebelum Waktunya. Penting Untuk Anda Terapkan!

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Dua Anak